Review dan Update The Sims Mobile

Assalamualaikum teman-teman, sudah memasuki hari keberapa nih stay at home? Kalau saya sudah masuk minggu ketiga. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dapat bertahan di situasi yang memang cukup berat bagi kita semua ini. 

Selama di rumah (kost lebih tepatnya) sudah cukup banyak hal yang saya kerjakan, seperti work from home. Memang pekerjaan saya setengah di lapangan setengahnya lagi bisa dikerjakan online, maka pekerjaan online inilah yang mengisi kegiatan saya. Selain itu beresin kamar kost, masak, tidur, nyetrika dan bermain game. 

Eh, main game juga mut? Main dong. Kebetulan ditulisan kali ini saya pengen bahas game yang sedang saya mainkan, yakni The Sims Mobile. 

Saya bermain game The Sims udah cukup lama, sejak tahun 2003. Main The Sims 1 kala itu, di computer yang dibeli papa karena dia kembali kuliah S1. Jadi walau saya ga punya playstation (idaman kala itu) tapi saya punya computer nebeng yang bisa digunakan untuk bermain game. Cukup menyenangkan bermain The Sims 1 saat itu. Kemudian saya berpisah dengan computer, handphone selama 3 tahun karena masuk pesantren. Lalu 2009 saya melanjutkan SMA di sekolah negeri, kembali menyentuh game dan dapat bermain The Sims 3, The Sims Facebook, The Sims di hp Symbian sampe tahun lalu main The Sims 4 dan The Sims Mobile 

The Sims Mobile 
Berhubung laptop saya ga kuat, saya beralih ke smartphone. Ternyata ya, di smartphone ios atau android ini ada The Sims Mobile, The Sims Freeplay dan The Sims City. Tapi setelah dicoba saya itu sukanya main The Sims Mobile, main dari awal peluncurannya di tahun 2018. Asli di minggu pertama peluncuran itu saya langsung install dan coba bermain hingga hari ini sudah di level 40. The Sims Mobile punya jalan cerita yang lebih sederhana, kawasan yang bisa dikunjungi aja cuma ada 4, bertahap unlock setelah mencapai level tertentu. 

Bagaimana dengan kekayaan? duit ada simoleon dan simcash. Karena ini game freemium maka beberapa item tentu saja bisa dibeli dengan uang benaran (credit card, gopay dan pulsa) Untuk punya simcash dan simoleon didapatkan dari bekerja, melakukan hobby, mengikuti event, hadiah dan beli. Untuk beli furniture bisa menggunakan uang ataupun menyelesaikan tugas-tugas. Setelah 2 tahun bermain saya mau bagi-bagi info update yang ada di The Sims Mobile 2020, berikut updatenya. 

Update The Sims Mobile: 

1. Cuaca yang real
Sekarang cuacanya benar-benar real mengikut jam dari smartphone pemain. Bahkan sinar mataharinya juga dari timur ke barat (dibuktikan dengan orang berada di luar ruangan) serta kalau musim salju ya bersalju juga tuh dunianya. 

2. Lampu bisa diatur
Kalau dulu lampunya nyala terus, sekarang juga mengikuti jam pemain dan ada 3 settingan. Nyala terus, nyala otomatis atau ya mati aja (siapa pula yang mau main gelap-gelapan ya?) 

3. Profesi dan hobby yang terus bertambah 
Semakin kekinian saya semakin amazing dengan profesi dan hobby yang terus bertambah, sampai ada hobby internet icon segala. Untuk profesi juga ada detektif, tapi saya belum sampai untuk buka profesi tersebut. 

4. Furniture bisa rotasi serong
Tak hanya putar depan-belakang, kanan-kiri, sekarang furniture bisa putar serong. Cocoklah buat yang hobi dekorasi rumah ala-ala. 

5. Bisa pisah rumah 
Wakaka, akhirnya ya setelah 2 tahun ga lagi keluarga numpuk-numpuk dalam satu rumah. Sekarang ada buka lahan baru yang masih satu komplek tentunya. Ada 4 lahan biasa dan 1 lahan mewah ada air mancur segala 

6. Bangunan memiliki bentuk yang unik
Sekarang bangunannya ga cuma kotak dan persegi panjang, tapi ada letter-L, Letter U hingga kosong ditengah. Jadi bisa menyiasati bentuk bangunan lebih kreatif 

7. Ada Fashion designer "kejutan"
Saking kejutannya kadang bikin kesal, namanya Izzy Fashion Designer. Kita bisa minta desainkan baju yang tak bisa dibeli. Di desain khusus untuk user, tapi karena kejutan, jadi kadang bajunya aneh aja hahaha.

Sementara ini aja sih update yang saya temukan selama bermain 2 tahun ini, lebih lagi di tahun 2020 ini. Buat yang ingin main dan saling berkunjung bisa add saya ya. Kwkwkw. Ada pendapat lain mengenai game ini, silahkan sharing ya. 

36 comments

  1. Jika menurut aku tampilan di smartphone jaman now lebih keren kak, lebih beragam gitu

    ReplyDelete
  2. Di rumah saja bisa membuat jenuh ya, untung bisa mengisi waktu dengan bermain game kesayangan. Selain menyenangkan, juga melatih kreativitas

    ReplyDelete
  3. Wah butuh imagine tingkat tinggi ini untuk main game ini. Untung bs di mainkan sambil rebahan

    ReplyDelete
  4. Wah seru juga game ini ya tetapi kayaknya lebih ke cewek. Baiklah saya menonton saja.

    ReplyDelete
  5. Wakakakak sama berarti, Mut. Daku juga seneng main the sims. Dan satu2nya gim yang aku mainin setia tanpa bosan.

    ReplyDelete
  6. Latihan ngedekor dulu di game. Ntar kalo punya rumah sendiri di dunia nyata, udah terlatih ngedekor kan :D

    ReplyDelete
  7. ga pernah tahan main the sims ini, unintsall, beberapa tahun kemudian main lagi..wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Aku udah sering dengar dan ngeliat teman main The Sims. Tapi aku belum pernah nyobain, kayaknya seru nih ya buat ngisi kekosongan selama WFH hehehe.

    ReplyDelete
  9. Wah aku bukan pecinta game
    Tapi aku lihat orang-orang yang main game gitu kayaknya seru banget ya
    Lumayanlah buat pengisi waktu selama #dirumahaja

    ReplyDelete
  10. Main game itu bikin candu,bgak mau berhenti kalau lagi main. tapi biasanya kalau sudah satu bulan saya sudah bosan dan uninstall. Yang The Sims ini juga pernah main tapi cuma sebentar karena gak begitu suka

    ReplyDelete
  11. Berasal jadi orang kaya gara-gara main game the sims karena kita dibuatin bajunya dengan fashion designer tersohor. Semoga suatu saat nanti jadi kenyataan

    ReplyDelete
  12. Terus terang, saya gak pernah tertarik main game. Eh, pernah ding, waktu zaman hp monochrome. Game-nya yang ular-ular itu, lho. Hihihi. Tapi baca ulasan di atas, jadi tertarik pengen tahu juga, nih.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah, tapi g ahli banget sih..
    Ya, salah satu akrivitas saat #DiRumahAja adalah ngegame

    ReplyDelete
  14. kalau game The Sims Mobile malah sbnarnya baru denger. Kayaknya asik ya... saya termasuk pecinta game, namun tidak punya waktu luang untuk gaming. Setidaknya bisa buat info ke anak saya.. hihi

    ReplyDelete
  15. Emang WFH ini kadang bikin malas. Main game bisa jadi sarana menyenangkan untuk mengatasi kebosanan. Main game The Sims Mobile ini bisa jadi salah satunya. Ntar ikutan donlot gamenya ah.

    ReplyDelete
  16. Aku malah seumur2 ga pernah main The Sims. Alasannya dulu krn ga pnya komputer. Setelah pny laptop entah knp jg ga tertarik. Sampe skrng pun ga kepikiran buat main meski ada penasaran. Tp ngomongin the Sims baru tahu jg ternyata banyak macamnya. Bedanya apa aja tuh?

    ReplyDelete
  17. Aku pernah denger game ini dari adikku tp q belum pnh coba, sepertinya menarik, jadi penasaran

    ReplyDelete
  18. Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan selama dirumah selain bersih2 rumah dan ikut membimbing anak belajar. Dengan bermain games pun dapat menghilangkan kebosanan Seperti yg saya lakukan.

    ReplyDelete
  19. Saya gak tau permainan ini Mbak. Kayaknya seru ya, bisa dilanjutin setelah sekian tahun berhenti bermain

    ReplyDelete
  20. Sayangnya aku gak pernah nih
    main The Sims's Mobile ini, takut kalo sudah main gak bisa berhenti ya

    ReplyDelete
  21. Hoho, dulu tuh sims cuma via PC aja ya :D temenku banyak yang suka main ini karena kaya virtual reality yang kadang kocak. Mana bisa via hp sekarang, makin bisa ngisi buat waktu luang karena sudah ada updatean :D

    ReplyDelete
  22. Wah. Udha ada Dims via Hp? Ini baru atau aku aja yang kudet. Dulu beli laptop agak bagusan biar bisa main Sims City. Tapi kayaknya cuma wacana. Heheheh

    ReplyDelete
  23. Bener-bener game favorit mbak mut nih berati maininnya dari 2013 loh. Sampai sekarang masih setia, bahkan kayaknya makin sering main karena banyak di rumah ya :D

    ReplyDelete
  24. Belum pernah main game ini, taunya suami aja yang senang main game ini. Mau belajar juga, kali aja seru selama di rumah aja.

    ReplyDelete
  25. Mainan waktu kuliah nih. Baru tahu ada versi mobilenya. Tapi sekarang udah nggak demen ngegame wkwk, takut anak2 lihat dan ikutan hehe.

    ReplyDelete
  26. Bener Kan dugaan saya..ini game jaman baheula... masih ada rupanya... kalau main game ini suka lupa waktu

    ReplyDelete
  27. Wooow, udah khatam banget nih dunia The Simsnya.
    Saya pernah coba tuh main The Sims 3 yang di FB tapi kemudian saya tinggal karena gak ngerti, hahahah.
    Jadi penisirin nih pengen coba lagi yg versi mobilenya setelah dapat bocoran ini 😁

    ReplyDelete
  28. Bermain game ini sejak 2003. Woww.. Udah lama banget kak. Betah yaa.. Kalau aku pasti udah bosan. Haha

    ReplyDelete
  29. Wow, aku udah lama banget gak main the sims, dulu sering, tp sekarang udah lupa gmna caranya.
    Ternyata ada yg mobile juga ya. Baruuu tauuuu

    ReplyDelete
  30. Update The Simsnya makin mantul, jadi terkesan lebih realistis gamenya. BTW The Sims ini memang game favorite aku banget dari dulu ^_^

    ReplyDelete
  31. Uda lama banget yah mulai mainnya ,mbak. 2003 itu aku masih sibuk sekolah aja dan belum terlalu kenal games begini. Hmm, makin kesini terus berinovasi yah,apalagi seperti merasakan suasana sebenarnya tuh lampu bisa diganti-ganti dan furniturenya juga bisa rotasi. Saya akan coba juga deh nanti tapi perlu belajar sepertinya nih karena newbie.

    ReplyDelete
  32. Sungguh aku baru kali ini mendengar nama game ini. Bagaimana mainnya, seperti apa bentukny, tentu aku g paham. Lagian aku jg bukan pecandu game.

    Gak salah sih kk untuk ngisi waktu, cuma jgn smpe kebablasan ya mainnya sampe hal penting terbengkalai. Happy wiken. :)

    ReplyDelete
  33. wih udah level 44, rutin banget kak mainnya. aku sih karena gameplaynya terlalu strict sama skenario jadi agak males nerusin. aku kalau main sims cendrung bikin skenario macam sinetron soalnya, jadi males banget nunggu 2 hari buat nyelesain quest.

    ReplyDelete
  34. Saya juga penggemar the Sims dr dulu mba, dulu sukanya Sims the Seasons sama Open for business yang versi PC, sekarang pengeng bgt donload yg versi hp tapi banyak yg komentar loadingnya berat dan bikin memori hp full, jadi maju mundur cantik deh mau downloadnya hihihi

    ReplyDelete
  35. Jagoan ngegame kamu ini ya Muth wkwkwk
    aku sama sekali nol kalau soal games, yang suka mas suam
    tapi aslinya sneneg juga tapi sering kalah makanya sebel

    ReplyDelete
  36. Mbak Mut suka game juga ya? Saya sama sekali ngak bisa. Kalau anak lagi pengen, saya cuma lihat dan ngawasin aja nih

    ReplyDelete