Tanya Dokter Tentang Jerawat dan Makanan yang Menjadi Penyebabnya

Ketika mengalami masalah kesehatan, satu hal yang sering melatarbelakangi hal tersebut adalah karena pola makan yang salah. Termasuk ketika timbul jerawat di wajah juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Ketika muncul jerawat di wajah bisa untuk mengobatinya menggunakan obat, tanya dokter tentang jerawat di aplikasi Halodoc untuk konsultasi mengenai cara mengatasi hal ini, dan juga bisa dengan menggunakan menghindari makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Adapun untuk beberapa jenis makanan yang menyebabkan suburnya jerawat pada wajah yang sebenarnya dapat untuk dihindari atau dikurangi adalah:


Gandum halus dan gula
Jenis makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari agar tidak muncul banyak jerawat di muka adalah gandum halus dan gula. Jerawat akan lebih sering muncul ketika Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti gula. Oleh karena itulah untuk menghindari munculnya jerawat di muka maka bisa untuk menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula seperti roti, kerupuk, nasi putih, mie, soda, pemanis, dan juga pasta yang berasal dari tepung putih. Karbohidrat olahan tersebut dapat untuk meningkatkan kadar gula darah pada tubuh sehingga juga membuat insulin naik. Kadar insulin tersebut yang berefek dapat membuat wajah berjerawat dengan lebih mudah.



Produk susu
Jenis produk selanjutnya yang bisa dihindari agar tidak tumbuh jerawat di wajah adalah dengan menghindari atau mengurangi mengkonsumsi susu. Anda bisa untuk menghindari produk olahan susu seperti es krim karena dapat untuk meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Sehingga ketika mengkonsumsi produk susu maka akan membuat muncul jerawat dan juga membuat jerawat di wajah menjadi parah. Oleh karena itulah sebaiknya ketika sedang berjerawat bisa terlebih dahulu untuk mengurangi produk olahan susu agar tidak membuat kondisi jerawat di wajah menjadi lebih parah.



Makanan cepat saji

Jenis makanan ketiga yang juga dapat membuat wajah berjerawat menjadi lebih parah adalah makanan cepat saji. Makanan ini mempunyai kandungan yang tidak baik untuk tubuh seperti kalori yang tinggi, lemak, dan juga karbohidrat olahan. Makanan cepat saji seperti hot dog, kentang goreng, burger, ayam goreng, dan lainnya juga dapat membuat jerawat di wajah menjadi lebih parah. Studi mengatakan bahwa apabila mengkonsumsi makanan cepat saji dapat mempunyai resiko untuk meningkatkan munculnya jerawat hingga 17 persen. Oleh karena itulah untuk mencegah jerawat, Anda bisa mengurangi makanan cepat saji dan melakukan diet sehat.



Makanan kaya lemak omega 6
Jenis makanan selanjutnya yang bisa dihindari agar tidak membuat jerawat menjadi parah adalah makanan yang kaya lemak omega 6. Anda bisa melakukan diet makanan lemak omega 6 yang dapat untuk membuat peradangan di wajah dan juga meningkatkan resiko munculnya jerawat di wajah. Bahan makanan yang mengandung lemak omega 6 misalnya minyak kedelai dan juga jagung yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat jerawat menjadi lebih parah.



Coklat
Makanan terakhir yang sebaiknya dihindari untuk menghindari resiko munculnya jerawat pada muka adalah coklat. Bahan ini sudah terkenal sebagai makanan enak yang dapat membuat wajah mudah berjerawat sehingga banyak dihindari untuk wajah yang lebih mudah berjerawat. Terutama untuk coklat yang mempunyai topping kacang sangat dihindari karena lebih mudah jerawat muncul di wajah. 

Memang sih pada awalnya teras aberat, akan tetapi untuk mendapatkan wajah yang sehat memang perlu mengontrol pola makan juga. 2 tahun lalu saya ada di masak-masa muka berjerawat parah. Dan mengurangi makanan dan minuman bergula yang paling nampak hasilnya di wajah saya. Selain dengan menghindari makanan tersebut, Anda juga bisa untuk tanya dokter tentang jerawat di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah pencegahan jerawat lainnya.

16 comments

  1. kalo aku tuh paling tokcer gara2 gorengan dan gula, setelah dikurangi bener2, alhamdulilah jerawta minggat cuma yang hormonal aja yang datang.

    ReplyDelete
  2. selain makanan bisa juga pengaruh gaya hidup mbak, letak jerawat ada pertandanya, misalkan di dagu itu berarti sedang stres dan perubahan hormon

    ReplyDelete
  3. Jerawat juga banyak penyebabnya ya. Aku muncul jerawat saat pms aja sih . Pengaruh hormon berarti ya

    ReplyDelete
  4. Kecuali makanan cepat saji, aku suka semuanya. Tapi ini sekarang lgi mencoba mengurangi yg manis-manis. Yang paling susah kayaknya menghindari produk olahan susu nih buatku. Tapi demi kulit mulus bebas jerawat, harus berusaha.

    ReplyDelete
  5. wew, aku belum pernah nyoba aplikasi halodoc. Ada tanya dokternya juga ya? gratis kah mba? lumayan juga bisa konsul-konsul tanpa harus datang ke RS..

    ReplyDelete
  6. aku tak ingin jerawatan tapi akupun tak bisa menghindari hal hal yang diharamkan itu kak hihi apalag dayaku yang tak sanggup menahan nafsu makan hihi

    ReplyDelete
  7. Memang harus teliti dalam urusan makanan ya Mut.Makanan sehat pasti baik.

    ReplyDelete
  8. Akutu nggak pernah jerawtan tapi giliran punya anak, eh dia jerawatan. Bingung dong aku mesti gimana. Kudu tanya dokter nih.

    ReplyDelete
  9. Iya banget, aku jadi inget temen blogger yang perawatan di klinik tempatku, permasalahnnya jerawat. Pemicunya dari makanan, hindari telor, susu, kurangi karbo, seafood, perbanyak sayur dan buah.
    eh nurut, bersih tuh. Klo ga nurut muncul langsung jerwatnya hihihi

    ReplyDelete
  10. Paling mengena dari semuanya adalah makan makanan cepat saji maka jerawat akan muncul banyak banget mbak. Apalagi kalau konsumsi karbo berlebih maka jerawat akan bermunculan.

    ReplyDelete
  11. Wah kalo aku tuh bisa jerawatan banget kalo banyak makan kacang2an, bisa numpuk deh. Makanya harus tetap dijaga porsi konsumsinya

    ReplyDelete
  12. Eh ternyata banyak ya makanan yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Selama ini aku taunya cuma kacang. Makasih sharingnya.

    Kalo aku biasanya jerawatan pas lagi haid aja sih, jadi mungkin karena hormon ya..

    ReplyDelete
  13. Aku tidak begitu bermasalah dengan jerawat tapi anak cowokku nih mba. musti mulai dikasih tau apa yang boleh dan tidak

    ReplyDelete
  14. Kalau aku jarang banget jerawatan mungkin karena kulitku normal cenderung kering ya.. Tapi anak pertama dan keduaku nih kayaknya mereka perlu menghindar makanan di atas..

    ReplyDelete
  15. Baru tau nih kalau susu ternyata juga bisa menjadi pencetus munculnya jerawat ya. Banyak juga ya yang bisa memicu jerawat. Kudu hati-hati nih memilih asupan kala sedang berjerawat.

    ReplyDelete
  16. enak ya Muth ada aplikasi macem ini, jadi nggak perlu kaget dan panik dulu kudu ke dokter bisa konsultasi online dulu.
    Ingat dulu wajahmu emang banyak jerawat wkkwkw

    ReplyDelete