Tips Solo Travelling Untuk Menghilangkan Penat

Banyak orang yang selalu menanti-nanti datangnya hari liburan. Karena saat hari liburan tiba ini anda bisa meluangkan waktu sejenak setelah sekian lama beraktivitas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta, atau bahkan pergi ke suatu tempat untuk berekreasi. Apalagi beberapa tempat objek wisata pun tersebar di seluruh penjuru di Indonesia. Lalu bagaimana kalau berwisata sendirian?

Pergi berwisata sendirian atau yang lebih populer dikenal dengan istilah traveling solo (sendirian) itu memang sangatlah seru dan menyenangkan. Karena anda akan lebih bebas tidak harus berkompromi mengikuti kemauan siapa-siapa, dan bebas untuk menentukan ke tempat mana yang akan dituju. Walaupun anda traveling sendirian tapi gak usah khawatir merasa kesepian. Karena dengan sendirian anda bisa lebih fokus mengenal teman-teman baru yang anda kenal selama dalam perjalanan. 

Namun bagi anda yang belum pernah melakukan traveling solo, pastinya anda akan merasa takut dan khawatir untuk mencobanya. Hal ini normal saja, manusiawi kok namun jangan sampai rasa takut dan khawatir ini membuat anda enggan untuk mencoba traveling sendirian. Oleh karena itu, agar kegiatan traveling solo anda tetap aman dan nyaman, dalam artikel kali ini akan memberikan tips wisata sendiri (traveling solo) sebagai berikut ini :

1.Persiapan Fisik
Sebelum anda melakukan traveling solo, sebaiknya anda harus menjaga kondisi kesehatan tubuh. Karena dengan tubuh yang fit tentunya perjalanan wisata anda akan lancar. Apalagi anda akan berwisata sendirian tanpa teman, sehingga tidak akan ada orang lain yang menjaga anda jika anda sakit. 

2. Lakukan Riset Terlebih Dahulu
Tips berwisata sendirian yang pertama adalah lakukan riset terlebih dahulu. Dalam hal ini lakukanlah riset terlebih dahulu tentang semuanya. Baik itu harga tiket menuju ke tempat tujuan, akomodasi, tarif dan jam operasional transfortasi umum, rute dan harga tiket masuk ke tempat wisata, dan lain sebagainya. Untuk melakukan riset anda bisa memanfaatkan teknologi internet. Dimana anda bisa melakukan browsing dengan mudah. Atau anda juga bisa bertanya kepada teman, saudara yang pernah mengunjungi tempat wisata yang akan anda tuju.

3. Buatlah Perencanaan Anggaran
Tips selanjutnya adalah buatlah perencanaan anggaran. Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan sebelum melakukan traveling solo adalah membuat perencanaan anggaran. Mulai dari harga tiket pesawat jakarta Surabaya, hotel, juga makan. Karena anggaran dan perencanaan ini merupakan panduan anda selama dalam perjalanan. Dalam panduan ini, pastikan bahwa anda sudah melakukan perincian rencana perjalanan dari awal bangun hingga kembali lagi ke tempat penginapan. Selain itu, perhatikan juga masalah transfortasi untuk menuju tempat wisata yang satu ke tempat yang lainnya. Lalu berapa uang yang harus disisihkan untuk jajan, makan, dan lain sebagainya.

4. Belajar Cara Packing Yang Benar
Tips traveling solo berikutnya adalah belajar cara packing yang benar. Pada saat melakukan traveling solo, mau gak mau anda harus membawa semua barang bawaan sendirian, terutama untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karena untuk membawa beban sesering mungkin ini memang tidaklah mudah.

Oleh karena itu, sebelum berangkat belajarlah terlebih untuk melakukan cara packing barang yang benar, sehingga barang-barang bawaan anda bisa tersusun dengan rapi saat dibawa kemana-mana. Dan jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, karena karena kalau terlalu banyak akan lebih berat sehingga bisa mempersulit mobilitas anda. Bawalah barang-barang seperlunya saja.
Ketika saya pulang dari luar negeri, inget kalau bawa travel bag. Jadi bisa bawa keleibhan barang
Mungkin itu saja artikel tentang tips traveling solo kali ini semoga ada guna dan manfaatnya. Khususnya bagi anda yang akan melakukan traveling solo. Selamat mencoba.

23 comments

  1. solo travelling adalah salah satu bucket list aku yang sampai sekarang belum terlaksana. Butuh banget waktu untuk sendiri dan menepi asik. Walau belum kesampaian Blog kakak bakal aku save deh point-pointnya buat jadi bacaan kalau suatu saat terlaksana ahaha. next buat blog tentang Outdoor ya kak . suka explore juga soal nya ✌

    ReplyDelete
  2. Wah tips solo travelling udah ada nih, tinggal gerak aja yang belom. Apa ya kak rasanya solo travelling ??

    semoga tahun ini bisa terealisasikan deh :))

    ReplyDelete
  3. Aku pribadi kayaknya bakal susah untuk solo traveling karena emang traveling itu enaknya sekeluarga. BUt makasih infonya ya kak.

    ReplyDelete
  4. wah kalau solo travelling insyaallah sering. Sudah biasa.. yang paling siap itu mental. Karena terkadang keadaan di lapangan berbeda dengan yang sudah direncanakan. Di sanalah kebijakan dan keputusan kita dicobaaaa. Selamat Solo Traveling

    ReplyDelete
  5. Daku waktu masih single aduhai beberapa kali mau solo traveling ni mut, sekarang terkendala sama izin paksu.

    Soalnya kalau daku pergi sendiri dia nda bisa mantau, kalau daku perginya sama temen-temen yang dia kenal dan dakunya juga ada duit, izin bisa mengalir dengan lancar.

    Dan kayanya tips diatas juga berlaku kalau kita travelling sama teman-teman yaaa, seccara kalau udah bareng sama temen-temen nafsu belanja atau jajan bisa suka ga kekontrol gitu ya kan?

    ReplyDelete
  6. Wah, tipsnya bermanfaat banget. Solo Travelling itu impian aku banget, soalnya aku introvert, sukanya sendirian. Kalau rame-rame gimana gitu rasanya, nggak bebas. Terima kasih tipsnya, kak!

    ReplyDelete
  7. Tips yg bagus nih. Kalo pengen solo traveling memang harus direncanakan dengan matang.

    ReplyDelete
  8. Wah pas banget lagi mikir2 mau coba Solo traveling nih. Trims untuk tips2 nya ini ya Kak..

    ReplyDelete
  9. Riset sangat penting ya pun semua poin ya penting. Kebayang kadang pengen travelling sendiri...seru gitu loh

    ReplyDelete
  10. Aku pernah tuh traveling ama temen2ku tapi belum riset harga2 makanan selama perjalanan, eh malah berabe karena harga makanan di tempat wisata ternyata mahongggg bener. Setuju sih mba, kalau apa2 kudu riset. Apalagi kalau solo traveler yak hehe

    ReplyDelete
  11. baca tulisan ini jadi ingat,kalau lihat orang yang suka traveling solo akutuh salut,, karena tampak berani dan mandiri,, apalagi banyak hal yang harus diperhatikan gini

    ReplyDelete
  12. Wuih, vina pernah ini solo travel tapi masih pulau jawa sik. Yang masih jadi PR itu bagian riset sama packing. Packing itu masih sulit banget, huhu. Nanti coba ah tipsnya mumut..

    ReplyDelete
  13. Asik memang travelling sendiri, kita berasa sedang berpetualang dan setiap yang ditemui dalam perjalanan adalah hal baru yang kita pastinya dituntut untuk lebih peka dan kreatif menghadapi berbagai suasana yang mendadak muncul.

    ReplyDelete
  14. Aku nggak pernah solo travelling. Yang ada business travel, jadi meski kerja aku anggap aja jalan2 sekalian

    ReplyDelete
  15. Pengen solo traveling tapi ga tega ninggalin anak😂🤣 klo bawa anak traveling bawaannya numpuk . ahhaa

    ReplyDelete
  16. Seperti nama diri, sering solo traveling dan lebih santai mo napa2in dan itenary juga nyantai

    ReplyDelete
  17. Solo traveling itu biasanya yang dikhawatirkan itu keselamatan diri sih kalo aku, tapi udah pernah nyoba dan asik2 aja hihi, asal barang bawaan gak kebanyakan hehe..

    ReplyDelete
  18. menarik sekaliii travelling solo, cuma mamak kayanya udh kelamaan kemana mana breng suami anak, skrg solo travellingnya paling jauh ke bioskop wkkwwkkw

    ReplyDelete
  19. Tengkiyu tipsnya. Mamak baca sambil mikir, kapan yah terakhir kali traveling. Huhuhu... jadi makin rindu bisa bebas keluar jalan-jalan. O yah, sejak gadis remaja belia hingga mamah muda beranak dua, belom pernah ngerasain solo traveling. Kalau sosis solo, udah :D

    ReplyDelete
  20. Sebenernya tips diatas bukan cuma buat solo traveling aja, Mba. Tapi utk grup atau family traveling juga. Ini belum kesampaian nih saya solo traveling. Soalnya masih ada bocil. Mau deh sesekali solo traveling gini.

    ReplyDelete
  21. Pernah nyobain solo traveling, rupanya sampai destinasi. Ada temen sekolah yang berdomisili di situ. Kagak jadi solo traveling, dong. Malah reunian. 🤣 Benar, ternyata riset dan komitmen itu perlu.

    ReplyDelete
  22. apa bedanya solo traveling dengan solo backpacker?? aku suka neh kaya gini.. tapi nanti setelah wabah ini aku akan jalan2 lagi.. cuss

    ReplyDelete
  23. Mas suamiku yang masih acak kadut kalo packing traveling hahahaah
    aku yang selalu ngerapiin, misal dia udah packing rapi semua masuk tas
    nanti pasti ketemu celah masih muat banyak.

    ReplyDelete