Ingin Menjaga Berat Badan Ideal? Lakukan 7 Hal Ini

Tubuh ideal tentunya harapan semua orang, entah cowok maupun cewek. Tubuh ideal dan langsing tentunya menjadi idaman bagi para kaum hawa. Walapun demikian, untuk memiliki tubuh ideal dan langsing tentunya bukanlah proses yang instan, butuh usaha-usaha untuk mewujudkannya. Tak heran, jika tak sedikit dari kaum cowok ataupun cewek melakukan berbagai macam diet, hingga mengikuti kelas-kelas olahraga ataupun membeli obat-obat pelangsing yang harganya tentunya juga tak murah demi bisa menurunkan berat badan. 

Jika kamu adalah bagian dari mereka yang menginginkan tubuh ideal dan langsing, maka kamu sudah tepat berada disini untuk membaca artikel cara menurunkan berat badan dengan cepat. Cara yang akan dipaparkan nantinya merupakan rekomendasi tepat dan pastinya aman dari beberapa ahli tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat. 

Nah, untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan tepat tentunya kalian haruslah mengatur menu diet sehat harian dengan benar ya gaes. Saya sendiri akhir-akhir ini baru saja menerapkan beberapa cara dan ternyata hasilnya lumayan. Belum turun banyak banget tapi bisa dicoba lho.

Mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam hingga cemilan harus kalian perhatikan. apa saja yang boleh masuk dalam perut agar diet kalian bisa berhasil dengan sukses. Nah, berikut akan dipaparkan menu diet sehat sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat, tepat dan sehat. 

1. Menu Sarapan 

Untuk menurunkan berat badanmu, tentunya kamu harus menjaga konsumsi makan pagimu, karena diet bukan berarti tidak sarapan. Kamu harus tetap sarapan dengan makanan-makanan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harianmu. Jadi selain berat badan berkurang, tubuh kamu juga akan sehat dan fit. Menu sarapan sehat untuk diet yang bisa kamu jadikan pilihan antara lain: 

a. Telur omelet/orak-arik dan sayuran untuk sarapan, ditambah minum segelas air putih 
b. Roti gandum dan segelas susu 
c. Buah-buahan yang bisa kamu jadikan salad atau smoothies 
d. Yoghurt rendah lemak. 

2. Makan Siang 
Untuk menu makan siang sehat sebagai cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan tepat, ada beberapa menu alternative yang bisa kamu jadikan pilihan. 
a. Salad sayuran dan buah-buahan, bisa juga kamu tambahkan ikan tuna atau ayam sebagai tambahan protein. 
b. Salad sayur atau buah ditambah dengan minyak zaitun atau lemon agar terasa segar 

Untuk yang tidak suka sayur, bisa menyiasati dengan mencoba berbagai macam sayur supaya bisa mengenai rasanya. Jadi, lebih tahu sayur apa yang cocok juga di lidah. Menu makanan seperti diatas dapat menghindarkanmu dari makanan yang mengandung lemak jahat yang dapat menambah berat badan dengan cepat. Contoh makanan yang mengandung lemak jahat yang harus kamu hindari saat kamu sedang proses diet yaitu keju olahan dan pasta. Jika kamu masih menginginkan ingin makan makanan berlemak, kamu bisa menggantinya dengan alpukat atau ubi. 
3. Makan Malam 
Untuk makan malam, kamu bisa mengkonsumsi salad sayur dan buah-buahan yang dilengkapi dengan buah bit atau alpukat. Jika bosan dengan salad, kamu bisa menggantinya dengan makan sepotong dada ayam atau sekaleng salmon. Kamu juga bisa mencoba menu makan malam hidangan olahan ubi jalar atau sedikit pasta gandum. 

4. Cemilan 
Jika bisa, hindari dulu untuk ngemil jika kamu menginginkan proses dietmu cepat sukses. Namun jika kamu merasa bosan dan ingin sekali ngemil. Kamu bisa ngemil cukup 1 buah saja. Hindari ngemil makan-makanan berminyak dan berlemak jahat seperti gorengan atau snack ringan ataupun roti/kue. 

5. Minuman 
Agar program menurunkan berat badanmu menjadi lebih sukses dan berhasil yaitu kamu juga perlu memerhatikan konsumsi minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kamu cukup mengonsumsi air putih minimal 2 liter tiap harinya. Hindari minum-minuman yang berkafein seperti kopi. Hindari dulu juga minuman-minuman bersoda/beralkohol. Ingat, air putih 2 liter/hari itu sudah cukup memenuhi kebutuhan mineral harianmu. Jika bosan minum dengan air putih, kamu bisa minum kopi atau teh. Namun, kopi atau teh yang kamu konsumsi adalah kopi atau teh herbal yang menyehatkan bagi tubuh dan rendah gula. 

6. Hindari beberapa jenis makanan/cemilan berikut 

Saat kamu sedang proses menurunkan berat badan, hindarilah dulu makan-makanan berikut: 
- Kue kering 
- Roti putih 
- Kue 
- Pasta 
- Kentang 
- Gorengan 
- Makanan berlemak 
- Minuman beralkohol 

Selain makan-makanan yang bergizi seimbang dan bernutrisi, hal wajib yang harus kamu lakukan sebagai cara pola hidup sehat dengan dengan mengimbangi latihan fisik atau olahraga. Olahraga rutin tiap hari selama 30 menit dibarengi dengan makan-makanan bergizi, akan membuat dietmu menjadi sukses selain itu kamu juga akan mendapat nilai positif lainnya lho, yaitu badan menjadi lebih bugar dan sehat. 
Beberapa cara diatas mungkin agak sulit dipraktikkan, memang pada mulanya akan susah dilakukan namun lama-kelamaan kamu akan terbiasa asalkan niatmu untuk menurunkan berat badan tetap kuat maka rintangan apapun akan mudah kamu lalui. Yuk, coba lakukanlah cara-cara diatas dengan senang hati dengan rutin, maka dalam waktu seminggu pun kamu akan melihat perubahan yang jauh lebih baik pada tubuhmu. 

16 comments

  1. cemilan itu yang sungguh susah untuk di hindari, siap akan aku coba biar ideal berat badanku

    ReplyDelete
  2. Ah tipsnya sangat bermanfaat mau aku coba praktekkan ..
    Krn pas stay at home berat badan naik euy

    ReplyDelete
  3. Yang susah ditahan itu cemilan deh
    Aku paling gampang tergoda kalau urusan ngemil. Kue kering dan roti, duh itu enak banget hehe

    Mau coba lebih disiplin lagi deh
    Makasi artikelnya mbak

    ReplyDelete
  4. aku susah nolak kalo sudah menyangkut gorengan ini kak, tapi bakalan aku coba deh, kan buat kesehatan juga ya...

    ReplyDelete
  5. Diriku sedang berusaha menggapai berat badan ideal, seperti menggapai puncak Gunung Jaya Wijaya. Baru dua yang berhasil dilakukan, mengatur pola makan dan olahraga walau tak teratur

    ReplyDelete
  6. Bagus banget nih Tipsnya buat mamaku. Beliau overweight banget sekarang, butuh cara untuk menurunkan berat badan.

    ReplyDelete
  7. Untuk dapetin berat badan yang ideal memang pola makannya harus dijaga banget ya. Sebenarya itu hal yang paling berat sih buat aku, mungkin juga bagi kebanyakan orang. Kita pengennya bisa makan apa aja dan tetep punya badan ideal, wkwkwkwkwk dasar!

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat ikhtiar menurunkan berat badan dua tahun lalu. Tiap pagi cuma makan sayur atau buah aja. Paling tambah protein hewani.Malam juga itu. Berhasil kok. Meski kadang keleyengan hahahaha

    ReplyDelete
  9. Aku udah beberapa kali nyoba diet, tapi gagal terus. Untungnya BBku stabil di 62, nggak naik lagi dan nggak turun. Dari beberapa poin diatas aku cuma bisa jaga bagian minumnya doang haha

    ReplyDelete
  10. Aku sih nggak punya problem berat badan, tapi kasus terberat adalah perut yang nggak bisa langsing seperti kala remaja, haha... pengen sih...balik kaya dulu yanh pakai baju size S atau M lah.. nggak L kaya sekarang karena masalag perut.

    By the way, thanks tips nya mbak

    ReplyDelete
  11. Makanan adalah hal paling sulit untuk dihindari. Tapi saran di atas kayaknya boleh dicoba. Mau angsur dari menu sarapan dulu, haha.

    ReplyDelete
  12. pas banget badan lagi melar melar nya,pengen kurangin BB lg biar biar singset..hehee

    ReplyDelete
  13. Aku yakin semua sarannya mumut bener semua itu. Cumaaa.. ngelakuinnya itu 😭
    Belum maksi salad doang 😭😭😭 . Kalau aku tertib ngikutin mungkin singset beneran, tapi lalu harus terapi ke psikiater 🙈.
    Tapi memang namanya mau hidup sehat butuh perjuangan keras ya mut.. makasiiih banget motivasinya yaa muut!

    ReplyDelete
  14. Jujur aja sebenernya aku gak begitu hobi ngemil, tapi olahraga yang super malas dan jarang, harus lebih rajin sih :)

    ReplyDelete
  15. Yap dimulai dari asupan sarapan yang sehat dan sejujurnya ku sudah mulai memilih sarapan sehat misalnya buah dari beberapa tahun lalu. Tapi yah memang pemilihan makanan setelah itu juga menjadi perhatian. Like if we already have had lunch but then in a few hours we took pizza and sushi as snack so tetep hasilnya berat badan gak turun.

    ReplyDelete
  16. Aku kadang masih kalap pas sarapan, sulit untuk ga nambah porsi hehe. Padahal mestinya udah cukup tapi masih tambah lagi. sama sama karbo kadang. Nah ngemil tuh yang paling sulit dihindari, apalagi kerja sebagai freelancer di rumah. Ada saja momen mentok mikir trus jadi ngemil deh hehe. Makasih ya idenya, buat referensi.

    ReplyDelete