Ini Cara Saya Membuat Ruang Kerja Nyaman Di Kos

Hai teman-teman, ga kerasa sudah memasuki pertengahan tahun 2020 ya? Ga kerasa juga. Semoga teman-teman sehat selalu ya. Btw, ga kerasa waktu berlalu begitu cepat sejak saya di wisuda Januari 2020 lalu. Jadi sekarang kerja dimana mut? Alhamdulillah sebelum lulus saya sudah bekerja dan pekerjaan tersebut memiliki jam kerja yang cukup fleksibel. Sudah 2 tahun bekerja sepeerti itu,tapi Maret lalu saya resign setelah dua tahun bekerja. Sekarang saya sudah kembali bekerja mulai bulan Juni.

Nah bagaimana dengan waktu-waktu kosong saya yang lainnya? Berhubung saya baru saja pindah ke kost yang baru, saya memiliki kesempatan untuk mendekorasi kamar senyaman mungkin. Jadi, saya membuat ruang kerja nyaman yang dapat membantu saya bekerja di kamar kost saja.Ini adalah hal yang ingin saya wujudkan sejak lama, tapi baru kesampaian sekarang

Membuat ruang kerja nyaman di kost 

Dengan pindahnya saya ke kost, saya memiliki sebuah kamar berukuran 3x4 m dengan kamar mandi di dalam. Untungnya kamar ini tidak terlalu kosong, sudah disediakan 1 lemari baju dan 1 kasur. Dalam rangka decluttering, maka saat berberes pindahan dijadikan ajang buang-buang barang yang tidak berguna.

Setelah barang-barang sudah tersusun kembali, saya masih mendapatkan 1 sisi kamar yang masih kosong. Disinilah saya memulai untuk membuat mini workspace, saya memasukkan 1 meja kerja dari Purnama Carpentry yang dapat digunakan untuk meletakkan 1 unit laptop, speaker dan beberapa printilan yang dapat membangun mood bekerja.

Untuk meja yang saya gunakan adalah meja kerja kayu jati belanda. Sengaja, karena sadar saya adalah orang yang butuh barang yang awet dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dalam pembuatan mini workspace ini saya butuh waktu seminggu mencicil menyusunnya. Maklum, ga ada asisten dan hanya ada firda yang membantu saya.

Tips membuat ruang kerja nyaman di kost
Penting sekali membuat workspace yang nyaman, sudah cukup rasanya bekerja dengan duduk dikasur dan menggunakan meja lipat. Demi kesehatan badan dan mental, maka saya coba wujudkan mini workspace yang nyaman (paling tidak nyaman untuk saya). Berikut tips yang dapat saya bagikan.

1. Pilih meja kerja dengan kualitas bagus 
1 set meja kerja yang nyaman merupakan salah satu aset jangka panjang yang harus teman-teman miliki. Disini saya menggunakan meja kerja berbahan jati belanda karena ingin digunakan dalam waktu yang cukup panjang

2. Gunakan lighting yang cukup 
Pencahayaan merupakan hal penting untuk kesehatan mata. Apalagi saya bekerja banyak menggunakan laptop dan hp. Selain lampu ruangan, saya mendekorasi juga dengan lampu tumblr warna warm white dan lampu baca.

3. Susun alat kerja dengan rapi 
Rapi, adalah sebuah kata yang jauh dari keseharian saya. Tapi ini adalah kesempatan saya untuk berubah, Maka saya mencoba untuk menyusun alat kerja saya dengan rapi. Memanfaatkan kaleng serta kotak bekas hampers, saya menyimpan alat kerja disana. Selain itu, karena kerap kali menerima produk makeup dan beauty, maka saya menggunakan rak makeup jati belanda untuk menyusun produk tersebut

4. Ciptakan suasananya yang nyaman 
Nyaman bagi saya cukup dengan suasana yang bersih, tapi untuk mendukung hal tersebut saya meletakkan air diffuser dengan aromatherapy favorite untuk kenyamanan. Aroma favorite saya adalah mint, biar tak pusing kepala, haha. 


5. Siapkan 1 spot khusus mencatat pekerjaan 
Teman-teman dapat menggunakan papan kecil untuk menambah dekorasi meja dan dapat digunakan juga untuk mencatat pekerjaan. Bisa wire grid,papan tulis atau papan tempel. Pilih produk yang cocok untuk pola kerja kawan-kawan.

Nah, kini saya siap bekerja lebih mantab di tahun 2020. Bagaimana dengan kawan-kawan, workspace seperti apa yang nyaman menurut kalian?
________


Meja kayu jati belanda: @purnamacarpentry
08127103720

6 comments

  1. Workspace yang nyaman itu yang ada temen halal nya kak. Pasti nyaman banget :))

    btw, workspace kak mut bisa jadi referensi tuh

    ReplyDelete
  2. jadi keinget kan untuk beli meja yang ga jadi jadi. Membuat isi kamar minimalis dan lebih adem. Thanks kak mut tips nya

    ReplyDelete
  3. Tulisan ini bikin aku mau belii dan make over kamar jadi nyaman dan bisa menghasilkan ! Makasih tips tipsnyaa kakak

    ReplyDelete
  4. penasaran, jadi pen liat kosan kamu mut...kece euy, jadi pengen rombak kamar juga tapi belum ada uiitt

    ReplyDelete
  5. Setelah membaca ini, saya jadi ingin serius memerhatikan furniture agar kamar lebih enak dijadikan tempat kerja. Selama ini, sudah nyaman dengan meja kantor. Terima kasih, Mbak Mut.

    ReplyDelete
  6. Keren workspace nya deh mut. Setuju nih, aku juga ngerasa pentingnya workspace supaya bisa semangat kerja terus. Aku suka banget liat meja kayunya, cantiik!

    ReplyDelete