Mengenal Timmyness, 10 Nilai Perusahaan yang Menginspirasi dari IDN Media


Hai! Sudah menjelang akhir tahun 2020 dan ga disangka akhirnya kita bisa juga melewatinya ya? Walau harus berurai air mata dan penuh kesabaran tingkat tinggi. Disini saya banyak belajar nilai-nilai kehidupan yang lebih bermakna. Apalagi soal pekerjaan.

Wah, itu kalau difikir-fikir tahun ini saya banyak intropeksi diri. Melihat sejauh mana progress saya dalam memahami alur bekerja. Btw, kadang-kadang sebagian dari kita adalah orang yang memiliki perencanaan cukup detail untuk masa depan. Ada pula seperti saya yang baru saja belajar merencanakan dan baru dimulai dengan rencaja jangka pendek. Tapi tak mengapa, setiap orang memiliki momentnya tersendiri. Seperti saya yang baru dua tahun ini betul-betul serius mendalami pekerjaan di dunia media dan digital. Teringat diawal-awal saya memulai bekerja, saya bekerja di media lokal dan banyak mencari inspirasi ke media-media nasional. 

Kalau dapat disebut, salah satu media yang menginspirasi saya adalah IDN Media. Salah satu media Indonesia yang hadir di tahun 2014. Saat itu, IDN Media menjadi salah satu inspirasi saya dalam mencari konten karena pas dengan apa yang saya kerjakan juga. Membuat konten-konten dengan pasar millennials. Ingat aneka artikel-artikel dengan style liscticle? Banyak terinspirasi dari IDN Media. 

Sekilas ada juga keinginan saya untuk melamar ke IDN Media, tapi waktu itu saya masih kuliah. Jadi yaa belum jadi-jadi melamar kesana hehe. Btw, perusahaan sebesar IDN Media tentu saja memiliki nilai-nilai perusahaan yang dapat menggambarkan situasi dan kondisi bila bekerja di perusahaann tersebut. IDN Media sendiri juga punya dan disebut Timmyness 


Mengenal Timmyness 

Seperangkat nilai milik IDN Media disebut dengan Timmyness, terdiri dari 10 poin utama yang wajib dipahami oleh setiap Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media). Ingin mengetahui dan mencoba mengadaptasi timmyness? Atau punya cita-cita bekerja di IDN Media? Cek 10 poin yang dijabarkan oleh Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo. 

1. Bringing creativity, sincerity, and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja) 

Kreativitas adalah salah satu hal penting disetiap lini pekerjaan. Dengan kretivitas, pasti kita dapat menjalankan pekerjaan dengan baik. 

Orang kreatif adalah orang yang memiliki banyak ide. Ide tersebut bisa didapatkan jika ia memiliki jiwa yang kritis dan pengetahuan yang luas. Namun, hal ini hanya dapat diperoleh melalui semangat ketekunan: mulai dari membaca, berbagi pengalaman, hingga mengikuti pelatihan. Dari sinilah gagasan baru yang kreatif dan inovatif berawal. 

Di sisi lain, kerja tanpa ketulusan adalah tindakan melelahkan yang tak membuahkan hasil. Winston mengatakan, “Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.” 

2. Communicating properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis) 

Berbeda kepala, interaksi antar anggota dalam sebuah tim akan menghasilkan beragam opini. Seiring dengan hal ini, kemungkinan terjadinya konflik internal pun akan meningkat. Tak heran jika komunikasi akhirnya menjadi salah satu hal substansial yang menentukan keberhasilan tim. 

Tak hanya agar dapat bekerja secara kolaboratif antar anggota internal, IDN Media juga menetapkan Timmyness nomor 2 sebagai pedoman bagi para Timmy untuk berkomunikasi dengan orang lain, siapapun itu. “Bukan masalah dengan siapa kita berbicara, tapi lebih ke bagaimana kita menjadi respectful ke semua orang yang kita jumpai. Siapa pun, di mana pun, dan kapan pun,” ujar Winston. 

Komunikasi yang seimbang membuat kinerja kita akan semakin mudah karena saling mengetahui dan memahami keinginan rekan kerja.

3. Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis) 

Perubahan adalah suatu hal tak terhindarkan. Untuk dapat bertahan, kita harus terus beradaptasi, mengikuti tiap perubahan yang ada. “Hanya mereka yang mau beradaptasilah yang bisa bertahan. Itu mutlak, tak bisa ditawar,” tegas Winston. Dalam rangka menjadi sustainable, IDN Media berupaya untuk terus melakukan inovasi agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

Melalui Timmyness nomor 3, IDN Media mengajak para Timmy agar tak takut menghadapi perubahan di lingkungan kerja yang begitu dinamis. Sebaliknya, dengan Timmyness nomor 3 ini, Timmy diharapkan berani mengambil segala risiko yang ada agar proses adaptasi di lingkungan kerja pun dapat terlewati dengan sukses. 

4. Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif) 

Aktif dan kolaboratif,mempermudah dan mempercepat setiap pekerjaan yang dikerjakan dalam sebuah tim. Siapa yang tidak senang apabila sebuah proyek selesai dengan cepat kan?

Dengan Timmyness nomor 4, IDN Media mendorong para Timmy agar mau bekerja sama secara aktif dan kolaboratif. “Saya rasa, kompetitif itu sudah out-of-date. Kita malah harus terus berupaya untuk meminimalisasi adanya persaingan tak sehat. Harus diingat bahwa persaingan juga bisa jadi salah satu akar dari perpecahan,” kata Winston. 

5. Embracing diversity (menghargai perbedaan) 

Perbedaan ras, etnis, agama, perspektif, dan daerah asal merupakan hal yang telah menjadi ciri khas Indonesia dan tidak dapat dihindari. Pada kenyataannya, semboyan kebanggaan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, pun lahir dari perbedaan-perbedaan ini. Memiliki arti berbeda tetapi tetap satu jua, semboyan ini menjadi salah satu hal fundamental yang dilestarikan oleh IDN Media. 

“Diversity is beautiful, it always is. IDN Media terus berupaya agar dapat menjadi workplace yang ramah bagi siapa saja, apapun latar belakangnya: dari mana asalmu, apa warna kulitmu, agamamu. Namun, bagaimana pun, diversity saja tak cukup. Ini harus diimbangi dengan keterlibatan, kultur yang inklusif,” Winston menjelaskan. 


6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan) 

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada hal-hal yang terjadi di luar rencana kita. Tetap berpikiran positif dalam menyikapi hal-hal yang tidak sesuai ekspektasi kita tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal, bila menyalahkan keadaan pun, produktivitas kinerja kitalah yang malah akan terancam. 

IDN Media mencoba untuk mengubah pola pikir ini melalui Timmyness nomor 6. “Dengan bersikap positif dalam keadaan apapun, seseorang juga akan memberikan positive vibe ke orang-orang yang ia jumpai. Di sisi lain, bila orang tersebut terlalu banyak mengeluh, mudah menyerah, ia juga akan memberi dampak kurang baik bagi orang-orang di sekitarnya,” ucap Winston. 

7. Assisting others in the group with their work for the benefit of the group (membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok) 

Dalam mencapai tujuan utamanya, suatu tim tentu tidak akan pernah bisa bekerja sendirian. Dalam olahraga sepak bola dan basket, misalnya, setiap anggota harus mampu berkoordinasi dan bekerja sama agar dapat mencetak gol atau poin. Poin ke-7 Timmyness ini mengajak Timmy untuk saling mendukung dan menolong hingga kesuksesan tim tersebut dapat tercapai. 

Saya sendiri sangat senang membantu rekan apabila bantuan saya diperlukan. Hitung-hitung kita menyalurkan kemampuan yang kita miliki kepada orang lain.


8. Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it (memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya) 

Apresiasi merupakan suatu bentuk penghargaan dari seseorang terhadap orang lain. Hal tersebut dapat disampaikan melalui kritik, saran, ataupun pujian. Namun, sayangnya, banyak orang lupa untuk membiasakan diri dengan sikap apresiatif terhadap orang lain. Winston menyatakan, “Padahal, dengan memberikan apresiasi kita pada orang lain, kita juga telah menyampaikan dukungan kita kepada mereka.” 

Isu ini menjadi hal yang ingin IDN Media terapkan melalui Timmyness nomor 8. Budaya apresiatif yang dibangun di IDN Media diharapkan dapat membentuk kebiasaan Timmy untuk menjadi pribadi yang lebih apresiatif dan mau menghargai hasil kerja satu sama lain. Lagi pula, mengucapkan pujian bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, kok. 

9. Doing the right thing even when no one is watching (melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat) 

Integritas merupakan suatu komponen penting dalam kehidupan. Hal tersebut juga sering kali dikaitkan dengan nilai-nilai kejujuran. Karena sikap positif dapat melahirkan kepercayaan, tak heran jika reputasi juga ditentukan dari integritas yang seseorang berikan. “Meski terlihat sepele, kejujuran bisa pengaruhi kredibilitas dan reputasi kita, jadi jangan lupa untuk selalu prioritaskan kejujuran,” kata Winston. 

10. Seeing the company’s success as one’s own success (melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri) 

Sebagai bagian dari IDN Media, Timmy tentu sudah mengenal visi, misi, dan budaya yang diusung oleh perusahaan. Sense of belonging pun menguat seiring dengan berjalannya waktu, natural begitu saja. Hal ini kian meyakinkan Timmy bahwa IDN Media merupakan suatu entitas besar yang memayungi keberadaan mereka. 

“IDN Media ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan一bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhadap perusahaan juga,” ujar Winston menjelaskan Timmyness terakhir itu. 


Dari 10 poin Timmyness diatas, saya paling setuju dengan poin no 6, Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan). Disini saya masih sangat belajar untuk menerapkan dikeseharian saya. Kadangkala kita terlalu berharap tinggi akan sesuatu. Tapi masih kurang dalam persiapan apabila tidak berjalan persis seperti yang kita harapkan. Pada poin ini, melatih saya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih dewasa. Bagaimana dengan kamu? nilai Timmyness mana yang sesuai dengan prinsip hidup kalian? Yuk sharing !





7 comments

  1. wah list Timmynes ini menjadi rujukan atau motivasi buat diri sendiri ya mut untuk ke depan yang lebih baik. Sukses selalu mut

    ReplyDelete
  2. Poin 9 melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat dengan kata lain kejujuran di atas segalanya.

    ReplyDelete
  3. Keren ya Timmyness ini. Salut deh. Aku suka dengan poin no 1. Ketulusan itu penting dan tanpa disadari sekarang itu ketulusan makin jarang ditemui.

    ReplyDelete
  4. Kereeen. Bisa jadi rujukan nih utk memotivasi diri agar terus berbenah dan memperbaiki diri

    ReplyDelete
  5. baru tahu tips - tipa gini dan timmyness (find your ness!) dari mumut. rujukan motivasi yang bagus lah dari omelan motivasi emak dirumah

    ReplyDelete
  6. Keren banget menginspirasi, pastinya IDN Media ini tempat kerja idaman banyak orang, nggak anak muda doang.. Wahh mantap abis!

    ReplyDelete
  7. Noted banget utk bagian : kerja tanpa ketulusan cm bikin capek..tp faktanya banyak di luaran, blm apa2 udh hitung2an trs jdnya g memberikan yg terbaik...smg etos kerja Timmyness ini bisa menginspirasi yah

    ReplyDelete