Kaleidoskop Tahun 2020


Ga kerasa sampai juga kita dipenghujung tahun 2020. Semoga teman-teman tetap sehat selalu ya. Berkaca pada tahun ini, rasanya mau juga aku lihat apa yang terjadi di kehidupan ini. Tentu saja banyak cerita yang terjadi sepanjang tahun 2020 ini.

Tanpa banyak berbasa-basi, here we go! Kaleidoskop Tahun 2020

Januari

1. Wisuda

Sungguh ini moment yang sudah lama dinantikan, akhirnya terwujud juga. Padahal awalnya tak mau ikutan wisuda. Tapi ternyata ikut juga akhirnya, wisuda modal minim. Karena aku sadar sudahlah wisuda telat, ga usah banyak gaya hahaa. Kebaya? pakai seragam nikahan Bang Kikin yang dimiliki oleh Firda. Beruntung bahannya jatuh, jadi saat KU kenakan tidak kebesaran juga. Foto wisuda? Disponsori oleh Bang Tian yang baru memulai layanan baru, Foto wisuda on the spot. Alhamdulillaaaah.

2. Pindah Kost

Dari kontrakan yang sudah ditempati selama 3 tahun, akhirnya terpaksa pindah ke kost. Sebenarnya ga mau pindah nih. Tapi yang punya kontrakan mau ngisi rumah tersebut kembali, akhirnya kami pun berpisah dengan Dian dan Lia yang sudah menjadi teman kontrakan.

3. Pertama kali upload Tiktok

Penting? tergantung sih. Bagi saya cukup penting, karena setelah menimbang-nimbang Tiktok tak hanya untuk yang bisa berjoget saja. Konten yang aku upload di Tiktok juga merupakan perpanjangan dan oprekan dari konten blog/instagram. Ga taunya, beberapa bulan setelahnya, akun Tiktok saya kebagian job juga, Alhamdulillah.

Februari 

1. Mendapat Kerjasama Istimewa

Terimakasih google yang telah mempertemukan namaku dengan salah satu produsen furniture kayu. Karenanya, aku mendapat kontrak jangka panjang untuk memiliki furniture berkualitas baik. Eh, tapi tentu saja, walau kerjasama tetap ada yang beli lho. Selain itu juga mengikuti pelrombaan XL Axiata Digirace, perwakilan Pekanbaru. Sungguh ngerasa yang namanya syuting ala-ala di tv itu lho hahaha.

2. Berkumpul kembali bersama Darimuven

Sebenarnya ini sedih sih, memang kami berempat jadi berkumpul. Tapi berkumpulnya berawal dari Dara yang harus merawat papanya stroke. Hingga akhirnya papanya pun berpulang, Al-fatihah. Hingga saat ini dara akhirnya memutuskan untuk kembali ke rumah. 

Maret

1. Liputan konser terakhir

Sungguh tidak disangka, 2 konser yang berlangsung pada bulan Maret merupakan liputan terakhir saya sebagai media partner di kantor. Ada Konser Tulus x Sheila On 7 dan Didi Kempot. Selama bekerja menjadi anak event, memang kesempatan menonton konser secara gratis lebih mudah, tapi tentu saja ditukar dengan tenaga. Tidak duduk nyaman, harus keliling venue, kaki pegal demi mendapatkan konten terbagus.

2. Dirumahkan

Sejalan dengan nomor 1, maka poin nomor 2 ini adalah kelanjutannya. Sebenarnya sungguh aku sedih, padahal sudah menyiapkan plan untuk  perubahan alur pekerjaan selama pandemi ini. Tapi, kita tak bisa memaksa keadaan, maka aku harus menerima dengan lapang dada karena dirumahkan. Kangen! Kangen diledek ama orang-orang "Dimana ada event, pasti ada mutia".

3. Merayakan ultah Firda dengan hadiah berbeda

Kali ini saya memberikan hadiah kepada Firda berupa kursus memasak di Ny Aling. Firda merupakan seorang yang cukup passionate di rumah kami kalau soal memasak. Dia bisa bikin cake dengan baik, oleh karena itu saya beri saja kesempatan kursus aneka cake di Ny Aling hahaha.

4. Menjadi Relawan Donasi Covid-19

Aku tahu dan sadar diri kalau jadi relawan Covid suatu hal yang penuh resiko, tapi akan pusing aja kalau berdiam diri di kost. Maka aku pun bantu-bantu monic dealpku untuk jadi relawan antar barang. Ga nyangka donasinya banyak banget, semua puskesmas dan rumah sakit di Pekanbaru cukup terbantu dengan adanya donasi ini

April

1. Pulang ke rumah

Karena PSBB semakin ketat, ga ada kerjaan dan uang menipis terpaksa pulang kerumah. Aku berdoa kondisiku sehat-sehat saja. Alhamdulillah sekali aman sentosa dan karena pandemi uang kost diskon sampai pandemi berakhir (ntah kapan, sampai tulisan ini tayang belum berakhir). Selain itu, kami jadi ramadan di rumah dengan anggota kelaurga yang lengkap. Nasywa pun menjalani sekolah online, buat dia sih udah biasa karena sekolah sudah menerapkan pembelajaran online ya

2. Mendapatkan Kartu Prakerja serta Digitalent Scholarship

Aku mencoba mendaftar Kartu Prakerja yang ramai diperbincangkan itu, karena memang pas dengan status "masyarakat yang terdampak". Syukur mendapatkan kesempatan tersebut dan segera memilih kelas-kelas relevant sesuai kebutuhan. Uang insentifnya juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alhamdulillah

Mei

1. Ulang tahun ke-26

Ulang tahun sehari setelah lebaran,ga ada perayaan fancy. Masih mabok santan dan akhirnnya beli seember es krim walls untuk dimakan bersama. Bersyukur ultah bersama anggota keluarga ya.

2. Mulai mengirim lamaran kerja

Ini akhirnya saya berinisiatif memperbaiki akun linkedin dan mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Selagi lowongan tersebut berjudul "social admin, event coordinator, community partnership" semuanya diapply. Sejauh ini aku memiliki 3 skill di bidang tersebut, rencananya mau meningkatkan skill lagi sih.

Juni

1. Resign

Inilah yang paling aku takutkan, akhirnya dengan berat hati aku resign setelah dua tahun bekerja. Ya Allah, ini nangisnya sampai terbawa-bawa mimpi, nangis di motor, bahkan sampai terbangun tengah malam. Tak pernah aku secinta ini dengan sebuah pekerjaan. Orang bilang "apa ga cape harus pulang malam mut?" atau "Masa weekend kerja sih?". Itu saking sukanya ga ngerti lagi sih, energy selalu ada dan bersemangat. Tapi harus kalah dengan keadaan. 

2. Mulai aktif youtube

Wacana tinggal wacana aja, akhirnya saya memaksakan diri untuk belajar ngedi video yang lebih bagus. apalagi intro channel udah dibuatin bagus ama Fariz, masa kaga digunakan? ya sebagaimana teman-teman lihat channel youtubeku mulai aktif lagi. 2021 akan lebih aktif, insya allah

Juli

1. Mendapatkan pekerjaan kembali

Okey, apapun tawaran yang ada digarap aja. Kali ini aku keterima menjadi admin di bengkel mobil. What? kwkwkwk. Ini bakal ngerjain apa juga belum tahu gimana, sampe akhirnya riset terus menerus sesuai kebutuhan bengkelnya. Awalnya kena ledek nih pas ditanya "kerja dimana sekarang mut?" kujawablah "bengkel". Dibecandain "jadi montir sexy apa gimana nih mut?" kwkwkwk. Banyak orang sanksi karena selama ini menggarap konten dan akun juga mayoritas kuliner. Tapi gapapalah, namanya juga usaha. Sebagai portofolio jugalah ya kan?

Agustus

1. Kembali membuat konten dengan rutin

Ini juga dikarenakan saya membuka endorse free untuk umkm, jadinya saya tetap bisa bikin konten dan membantu para pemilik umkm.

September

1. Menang lomba review

Sebenarnya lomba reviewnya cukup rumit, produk skincare. Tapi karena bantuan sobat yang tak mau disebut namanya, akhinya jadilah video yang bagus banget dan mendulang pemirsa yang rame hahaha.

to be continue, masih mengingat apalagi momentnya



No comments