Cari sumber modal bisnis? ini dia solusinya


Assalamualaikum! Apa kabar teman-teman. Ga kerasa sudah memasuki tahun 2021 ya? Selamat tahun baru, semoga di tahun yang baru ini kita tetap semangat dan optimis dalam menjalani hari ya? Memang tahun 2020 menjadi salah satu tahun yang cukup berat untuk dilalui, tapi ga nyangka terlewati juga. Perasaan setahun lalu itu, aku lagi sibuk-sibuknya mengurus wisuda, mengurus perpindahan kostan dan lagi sibuk-sibuknya kerja juga. Secara, waktu itu aku bekerja di bagian kerjasama yang notabene ketemu orang banyak, hehehe.

Nah, di tahun 2021 ini ritme pekerjaanku berubah drastis. Setelah sempat dirumahkan akhirnya dapat bekerja kembali, Alhamdulillah. Btw Karena ritmenya udah berbeda, maka karena ada waktu agak lowong (aku ga ada kerja malam lagi), maka akhirnya memutuskan untuk kembali membuka bisnis (masih kecil-kecilan sih). Kok kembali mut? 

Iya, sebenarnya masa kuliah dulu udah banyak buka bisnis tapi kurang fokus haha. Mulai dari jualan pulsa, jualan nugget hingga jualan lele. Yup, aku sempat jualan lele organic, namun ga dilanjutin lagi. Pada akhirnya aku sekarang coba berjualan skincare saja. Kebetulan emang skincarenya cocok dan kenapa tidak dilanjutkan untuk berbisnis saja 

Memulai sebuah bisnis 

Berbekal belajar sana-sini, bertanya kepada teman-teman yang sudah lebih duluan terjun. Akupun resmi membuka online shop di penghujung tahun 2020. Alhamdulillahnya, karena sudah terbiasa bikin konten, maka untuk bikin konten jualan pun tidak terlalu bingung. Tinggal memantapkan diri aja untuk lebih sering berpromosi dan belajar mengatur kas keuangan. Supaya tidak tercampur dengan keuangan pribadi tentunya kan? 

Cari sumber modal bisnis? ini dia solusinya 

Memulai sebuah bisnis tidak cukup hanya modal semangat dan doa. Tentu saja diperlukan modal uang juga. Tapi, perlu dijelaskan juga berapa jumlah uang yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis. Selain itu perlu difikirkan juga modal tersebut datang darimana kan ya? 

Jadi ditulisan kali ini, aku akan membagikan beberapa ide sumber modal bisnis yang dapat teman-teman coba, yuk mari. 

1. Tabungan Pribadi 

Oh ini jelas, ini merupakan salah satu yang menjadi sumber dana bisnis yang saya jalankan saat ini. Bermodalkan dana yang aku sisihkan dari gaji bulanan di pekerjaan utama, maka jadilah ini modal bisnis yang paling utama. 

2. Pinjam atau minta kepada orang tua 

Ini bisa dicoba juga tapi dilihat juga kondisi orangtuanya ya. Tapi, walaupun mengajukan kepada orang tua, ajukan secara professional juga ya. Mengajukan modal bisnis kepada orang tua secara professional, membuat nilai kepercayaan mereka kepada kita semakin meningkat. Ketika itu, aku sih tidak mengajukan dana segar-segar banget ya. Cuma waktu itu, ngasih link produk yang mau dibeli untuk meningkatkan kinerja. Sembari menjabarkan kenapa perlu beli produk tersebut dan apa manfaatnya kalau aku gunakan. Jadi ketika uangnya diberi, langsung dipakai untuk pembelian alat. Disertai bukti juga kalau uangnya memang digunakan sesuai kesepakatan. 

3. Meminjam melalui pinjaman online 

Dengan perkembangan teknologi sekarang, kini hadir pula pinjaman online. Untuk melakukan pinjam uang secara online, perlu diingat untuk memilih penyedia layanan pinjam online yang terpercaya, terdaftar resmi di OJK seperti Tunaiku contohnya. Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku sendiri adalah salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. 

Karena dengan jaminan OJK, kita juga dapat jaminan keaman yang tinggi. Sehingga tidak perlu takut, karena dana jelas dan waktu peminjaman juga diatur secara detail. 

Lalu, bagaimana syarat meminjam uang melalui Tunaiku? Begini syaratnya:
  • Usia 21 sampai 55 tahun
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki rekening bank
  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan Tunaiku


Kesimpulan 

Apapun sumber modal bisnis yang kita miliki, usahakan dapat digunakan secara baik. Dengan begitu, kita dapat memperkirakan penggunaan dana tersebut secara maksimal. Semoga teman-teman yang mulai berbisnis dilancarkan dan diberi kemudahan ya.

No comments