Review Bardi Smart Light Bulb dan Smart IR Remote: Solusi Produk Smarthome Praktis

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini banyak sekali produk perangkat pintar yang hadir untuk membantu kehidupan manusia. Kehadiran konsep smart home menjadi topik yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Gimana engga, sekarang semakin mudah orang-orang membuat rumah, kantornya menjadi lebih smart. Dengan automisasi, pengaturan perangkat elektronik bisa dilakukan melalui smartphone. Akupun mulai penasaran dengan teknologi ini.

Sampai akhirnya terdengar satu merk bernama Bardi, Berawal dari lampu, kini bardi merambah berbagai macam produk elektoronik yang tentu saja smart. Untuk menjawab rasa penasaran saya, akhirnya saya pun mencoba dua produk andalan dari Bardi yakni Bardi Smart Lamp dan Bardi IR Remote.

Yuk cek pengalaman saya menggunakan produk ini
 
Pengalaman menggunakan produk Bardi

1. Bardi Smart LED Bulb 
 

Lampu pintar Bardi dengan tipe 9W RGBWW merupakan produk bohlam pintar dari Bardi yang dapat mati dan nyala, diubah warna sesuai dan diatur tingkat kecerahannya melalui aplikasi selama ada koneksi internet (wifi/hotspot). Lampu ini memiliki kecerahan maksimal 900 lumens dan bisa redup di angka 90 lumens.

Kombinasi warna yang mendukung bohlam ini yaitu kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dengan gradasi putih dari 2700k (warm white) sampai 6500k (cool white). Bohlam Bardi Smart Lamp mudah di pasang, dengan memutar ulir E27, fitting lampu yang umum ada di Indonesia.

1.Cara penggunaan
Ketika menggunakan lampu Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW, Anda bisa mengganti warna cahaya lampu sesuai dengan keinginan dan mood. Namun, untuk cara penggunaan bohlam ini bagaimana? Disini akan dijelaskan cara penggunaan lampu Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW sebagai berikut.
a.Mengunduh aplikasi Bardi di Google Playstore
b.Registrasi akun di aplikasi
c.Menambah perangkat
d.Memasang perangkat (Ketika perangkat menyala, kemudian tekan sakelar lampu on dan off sebanyak 5x sampai bohlam pintar berkedip cepat)
e.Mengontrol perangkat

2.Spesifikasi
Untuk spesifikasi lampu Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini adalah sebagai berikut.
a.Model        : tipe 9W-RGBWW
b.WiFi        : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz
c.Voltase    : AC 200-230 Volt
d.Sistem support: IOS dan Android OS
e.Mounting    : e27 Edison Scew
f.Masa pakai    : 50.000 jam
g.Maximum power    : 9W
h.Maximum lumen    : 900
i.Temperatur putih: 2700-6500 K
j.Harga        : Rp115.000

3.Kelebihan dan Kelemahan Lampu Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW

a.Kelebihan Bardi Smart LED Bulb
•Memiliki Harga yang Terjangkau
Lampu pintar dari Bardi ini memiliki harga yang terjangkau dan cocok untuk Anda yang menyukai barang-barang elektronik yang canggih dan irit. Harga lampu ini sendiri yaitu Rp115.000. Anda bisa membelinya di onlineshop ataupun di marketplace online.
•Terhubung dengan Koneksi Internet
Anda dapat mengatur melalui gawai dan praktis jika mempunyai lebih dari 1 lampu. Semua lampu yang ada di rumah bisa dikontrol oleh 1 aplikasi di gawai Anda.

•Cahaya Putih Terang dan Aman untuk Mata
Walaupun memiliki harga yang relatif murah, Bardi smart lamp LED Bulb ini cahaya putihnya masih aman dan nyaman. Tidak begitu silau dan tajam seperti warna lampu lainnya.

•Terdapat Berbagai Macam Warna
Bardi Smart LED Bulb juga memiliki berbagai macam warna yang dapat diganti sesuai dengan selera dan keinginan Anda.


•Bergaransi
Garansi yang diberikan untuk lampu pintar ini berlaku selama 12 bulan atau 1 tahun. Jika ada masalah pada produk yang telah dibeli, Anda bisa menghubungi tim customer service Bardi. Mereka akan membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami.

•Penginstalan yang Mudah
Anda cukup memasang lampu ke fitting, kemudian download aplikasi di gawai. Kemudian menyambung antara lampu dengan aplikasi guna membuat otomatisasi lampu berjalan di seluruh rumah.

•Hemat Energi dan Biaya
LED memiliki sifat yang hemat energi dibandingkan dengan lampu biasa. Dalam jangka panjang, lampu LED mampu bertahan sampai lebih dari 20.000 jam.

b.Kelemahan Bardi Smart LED Bulb
Kalau dicopot dari socket lampu dan diganti ke socket yang baru harus setting ulang lagi, hehehe.

 
Bardi IR Remote

Merupakan pemancar infrared pintar yang dapat dikendalikan dengan aplikasi selama ada koneksi internet (wifi/hotspot). Remot pintar ini dapat menggantikan semua remot inframerah yang mayoritas telah ada di dalam daftar. Jika tidak ada, Anda bisa menduplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi.

Sudut pancaran ketika menunjukkan di angka 360 derajat dengan jarak sampai 10m, remot Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat dalam garis pandang yang sama. Sebab signal infrared tidak dapat tembus halangan. Bardi Smart IR Remote termasuk mudah dalam pemasangannya dengan menghubungkan ke listrik dan kepala adaptor sudah termasuk dalam dus IR Remote Bardi.

1.Cara penggunaan
Smart remote ini memudahkan kita dalam mengontrol barang-barang elektronik yang ada di sekitar Anda. Namun, untuk cara penggunaan remot Bardi ini bagaimana? Disini akan dijelaskan cara penggunaan Bardi Smart IR Remote sebagai berikut.
a.Mengunduh Smart Life di Google Playstore
b.Registrasi akun
c.Menambah perangkat smart remote
d.Memasang perangkat (saat perangkat menyala, kemudian menekan tombol reset selama 5 detik. Sehingga lampu indikator berkedip cepat)
e.Menambah remote
f.Verifikasi remote
g.Menekan power, jika perangkat tidak merespon tekan “No (Next)”
h.Jika perangkat merespon maka tekan “Yes

2.Spesifikasi
a.Model            : 10M-BLK
b.Warna         : Hitam
c.WiFi            : 1EEE 802.11 b/g/n 2.4 ghz
d.Voltase        : DC 5V 1A w/220V Adaptor
e.Sistem support    : IOS dan Android OS
f.Frekuensi infrared    : 38-56 Khz
g.Sudut infrared    : 360 derajat
h.Jarak infrared    : 10m
i.Garansi        : 1 tahun
j.Harga            : Rp159.000

3.Kegunaan Bardi IR Remote
Bardi Smart IR Remote merupakan alat yang dapat mengontrol beragam perangkat elektronik seperti AC, heater, televisi dan perangkat elektronik lainnya dengan menggunakan remot inframerah walaupun sedang tidak berada di rumah. Produk Smart IR Remote dari Bardi didukung oleh Google Assistant, Amazon Alexa, Siri.

Sehingga Anda dapat dengan mudah dan leluasa menontrol remote menggunakan aplikasi yang sesuai. Hal ini sangat membantu untuk jenis perangkat yang lokasinya cukup jauh.

4.Kelebihan dan Kelemahan Bardi Smart IR Remote

a.Kelebihan Bardi Smart IR Remote
•Memiliki Bentuk yang Mungil, Ringan dan Mudah Diletakkan Dimanapun
Perangkat ini memiliki bentuk yang mungil dan juga ringan. Hanya memiliki satu tombol dan satu colokan Micro USB di bagian belakangnya.

Anda juga bisa meminimalisir penggunaan remot tradisional tanpa harus mengganti baterainya. Terlebih lagi ukuran baterai sekarang sudah mulai tidak seragam.
•Dapat di-Setting dengan Mudah dan Sederhana
Jika sebelumnya Anda pernah mencoba remote IR dengan menggunakan gawai yang memiliki IR port kurang lebih pengaturannya sama dan mudah.

Untuk Anda yang belum pernah, cukup menghubungkan dengan koneksi internet dan download aplikasi di gawai. Kemudian menyambung antara remot dengan aplikasi guna membuat otomatisasi dengan perangkat elektronik di seluruh rumah.

b.Kelemahan Bardi Smart IR Remote
Kelemahan pada Bardi Smart IR Remote yaitu tidak dapat digunakan jika pemadaman.
 
Kesimpulan
Sejauh ini,  Bardi Smart LED Bulb sangat membantu untuk pekerjaan saya. Tak hanya sebagai lampu pada umumnya. Tapi Lampu bardi ini saya gunakan untuk membantu pekerjaan saya dalam fotografi dan membuat konten. Dengan mudahnya penggantian warna, saya dapat memberikan kesan yang lebih berbeda tentunya.

Sudah coba menggunakan produ Bardi? yuk share pengalamanmu





1 comment