Proyeksi Masa Depan Green Jobs Untuk Fresh Graduate

Bekerja adalah salah satu hal paling lekat dikeseharian kita, entah itu sebagai pekerja atau pemberi kerja. Aku sendiri mulai belajar bekerja itu sejak SMA, karena pada saat itu rumah dirombak menjadi warung fotocopy dan warnet. Jadi sepulang sekolah, aku belajar bekerja dengan menjaga warung sekaligus menjadi operator warnet tersebut hingga sore hari.

Sebagai remaja kala itu, tentu ketika mulai melihat orang-orang dengan berbagai profesi tentu saja ada hasrat bercita-cita memiliki pekerjaan yang keren. Tapi, dirunut kembali hingga hari ini keren aja ga cukup. Bagiku, selain keren juga harus berdampak positif bagi orang-orang sekitar kita. Betul kan?

Seiring waktu berjalan, akhirnya awal 2020 kemarin aku wisuda. Resmi menjadi fresh graduate yang ga fresh-fresh banget. Kala itu, udah punya pekerjaan jadi santai aja belum ada mengurus dokumen untuk melamar pekerjaan. Eh, ga taunya, mana aku tahu kalau harus di rumahkan dan berujung resign, hehehe.

Nah selama jobless itu, mencoba mencari tahu dan memperbaharui kembali info-info seputar pekerjaan. Baik pekerjaan yang relevan dengan jurusan selama berkuliah maupun yang tidak. Sampai ketika, aku mengenal yang namanya Green Jobs

Mengenal Green Jobs

Menurut ILO (International Labour Organization), Green Jobs adalah pekerjaan layak yang berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, baik sektor tradisional seperti manufaktur dan konstruksi, atau di sektor energi ramah lingkungan seperti energi terbarukan dan efisiensi energi. 

Mengetahui bahwa Green Jobs erat kaitannya dengan lingkungan, aku jadi terlempar ke 7 tahun lalu. Dimana, saat semester 2 berkuliah menjadi titik mula aku mulai bekerja secara professional. Kala itu, aku bekerja sebagai wartawan, tapi ga seperti wartawan pada umumnya. Saat itu, aku bekerja untuk Green Student Journalist Riau Pos. Kolom yang terbit mingguan itu membahas banyak sekali topik terkait lingkungan. Mulai dari pelestarian lingkungan, inovasi terhadap lingkungan maupun trend lifestyle yang tetap sejalan dengan tema kolomnya.

Aku sendiri kala itu menggarap rubrik komunitas, salah satu yang berkesan kala itu adalah ketika harus memuat tema mengenai komunitas sepeda. Tiap minggu aku menemui berbagai komunitas sepeda “yang tidak biasa”. Pernah lihat sepeda tinggi sekali atau sepeda yang part per partnya fleksibel digunakan? Nah disitulah aku mengenal inovasi merombak sepeda bekas jadi sepeda baru. Alih-alih beli baru, mereka menyortir part sepeda untuk disatukan kembali dan jadi sepeda yang lebih unik.

Manfaat Green Jobs

Mengenal lebih jauh seputar Green Jobs membuka fikiranku. Bahwa sebenarnya aku sudah lama berkecimpung dalam ranah Green Jobs ini, tapi tidak dieksplorasi lebih jauh aja.  Berikut fungsi Green Jobs:

  • Melindungi dan memulihkan ekosistem
  • Meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku 
  • Minimalkan limbah dan polusi 
  • Batasi emisi gas dan efek rumah kaca
  • Mendukung adaptasi terhadap efek perubahan iklim

See? Manfaat Green Jobs bagi keseharian kita sangatlah mudah dan praktis. Nah sekarang waktunya untuk mengetahui sektor apa saja yang terkait dengan Green Jobs ini yaitu:

  • Pengelolaan limbah, daur ulang,
  • Energi dari limbah
  • Energi terbarukan
  • Efisiensi Energi Pertanian dan Kehutanan
  • Konstruksi hijau
  • Angkutan Rendah karbon
  • Energi (Jaringan pintar, konsultan, listrik)

Proyeksi Masa Depan Green Jobs Untuk Fresh Graduate

Nah, ada satu hal semasa kuliah yang aku sempat lewatkan untuk dilakukan dan difikirkan. Yaitu merencanakan tujuan karir jangka panjang. Asli, kalau bisa mengulang lagi waktu, rasanya aku ingin merapikan rencana karir yang lebih sistematis. Tapi ya gapapa, perlahan kita coba

Untuk teman-teman yang baca tulisanku kali ini khususnya adik-adik yang masih bersekolah atau kuliah, proyeksi Masa Depan Green jobs itu insyallah cerah. Karena saat ini memang semua industry berlomba-lomba menghadirkan produk atau jasa yang berkelanjutan.

 Yuk dipelajari tahap demi tahap Green Jobs ini dari sekarang yuk, supaya ketika lulus sekolah atau kuliah sudah ada perencanaan matang seputar pekerjaan.

 

 

 

No comments