Karang Gigi : Pengertian, Penyebab, Resiko, Dan Cara Membersihkannya

 
Halo teman-teman, selama aku sakit DBD kemarin, salah satu anggota tubuh yang ikut terdampak adalah area mulut. Dimana gusi lebih sensitive, mudah berdarah. Sehingga aku jadi harus lebih hati-hati dalam menyikat gigi. Selain itu, karena masih takut jadinya menyikat gigi juga tidak setelaten biasanya. Tapi, Alhamdulillah sekarang sudah bisa menyikat gigi secara normal, menyika gigi dengan baik bisa meminimalisir timbulnya karang gigi.

Apalagi teman-teman tahun sendiri kan, didalam mulut, tepatnya di sekitar gigi. Biasanya terdapat karang gigi yang membuat tampilan gigi menjadi kusam. Karang gigi yang terletak di sekitar gigi membuat tampilan gigi menjadi tidak bersih dan membuat nafas bau. Sebenarnya apa itu karang gigi dan penyebabnya? Apa resiko yang terjadi jika karang gigi tidak dibersihkan? Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi?

Pengertian Dan Penyebab Karang Gigi

Karang gigi merupakan plak gigi yang tumbuh di sekitar gigi yang sudah tercampur dengan bakteri serta sisa makanan yang ada pada gigi. Plak gigi yang tumbuh dan tidak dibersihkan ini membuat bagian dalam mulut terlebih di sekitar gigi menjadi kotor. Plak yang tidak dibersihkan juga membuat seseorang mengalami karang gigi.

Bentuk karang gigi bisa terlihat dengan mata telanjang. Biasanya karang gigi berwarna kuning atau berwarna kusam dan tidak sesuai dengan warna gigi di sekitarnya. Tentu saja hal ini membuat orang yang melihatnya menjadi risih dan tidak nyaman. Begitu pula pemilik gigi yang penuh karang, pasti merasa sangat tidak nyaman.

Karang gigi yang tidak kunjung dibersihkan bukan hanya membuat nafas seseorang menjadi bau. Akan tetapi karang gigi juga bisa menginfeksi gusi di sekitar gigi tersebut jika tidak kunjung dibersihkan. Bakteri yang berasal dari karang gigi juga bisa membuat gigi menjadi rapuh dan berlubang. Bahkan karang gigi yang tidak kunjung dibersihkan bisa menyebabkan penyakit jantung karena bakteri bisa masuk ke aliran darah.

Cara Membersihkan Karang Gigi

Agar bisa membersihkan karang gigi, Anda bisa menggunakan teknik flossing atau menggesekkan benang gigi pada sela-sela gigi. Teknik yang satu ini dinilai ampuh untuk membersihkan karang gigi. Jika Anda tidak mampu melakukannya, Anda bisa langsung datang ke dokter gigi dan meminta proses pembersihan karang gigi yang membandel.

Untuk bisa mencegah karang gigi, sebaiknya selalu menyikat gigi sebelum tidur. Kurangilah makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula, serta hindari perilaku merokok. Selain itu selalu gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang mampu menghindarkan gigi Anda dari pembentukan karang gigi.

Pengalaman membersihkan karang gigi

Aku sendiri termasuk orang yang belum menerapkan periksa gigi 6 bulan sekali. Inginnya sih bisa begitu, tapi itulah belum disiplin. Masih jadi orang yang periksa gigi kalau sudah ada keluhan. Hal-hal seperti ini harus mulai disiplin, Karene lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ini. Sakit hati kita bisa tidur, makan enak, pergi spa atau liburan. Sakit gigi? Yang ada marah-marah terus.

Sebagaimana diungkapkan diatas, pembersihan karang gigi ada beberapa cara, tapi untuk hasil yang maksimal memang harus ke dokter gigi. Kebetulan aku ada dokter gigi langganan, jadi aku pergi membersihkan karang gigi kepadanya. Wah, setelah pembersihan karang gigi itu mulut jadi segar, gigi terasa ringan dan dingin semriwing gitu. Walau diawal memang kurang nyaman yaaaa.

Mendengar suara alat, menganga dalam jangka waktu yang lama dan belum lagi kalau ga tahan liat karang gigi yang sudah lepas dari gigi. Tapi percayalah, kalau udah tahu enaknya hasil pembersihan karang gigi pasti kamu akan menjadwalkan pembersihan karang gigi.

Demikianlah ulasan yang bisa kami berikan untuk Anda terkait pengertian, penyebab, resiko, dan cara membersihkan karang gigi. Semoga bermanfaat!



No comments