5 Permainan Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah





5 Permainan Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah- Masa pandemi tak hanya menyiksa mental orang dewasa saja tetapi juga anak-anak yang sewajarnya bisa bermain dengan teman-temannya. Untuk itu, sebagai orang tua Anda harus mencari permainan yang bisa dilakukan di rumah agar ia tak bosan dan tentunya merangsang kreativitasnya. Terlebih bila teman-teman memiliki anak di usia 1-10 tahun.

Pada usia tersebut, memang masanya anak-anak untuk bermain aktif kesana kemari, namun dengan kondisi seperti ini tentunya menjadi perhatian khusus. Bagaimana menciptakan aktivitas di rumah yang tetap aman dan nyaman serta dapat diikuti oleh seluruh anggota keluarga.

Untuk itu, bagi teman-teman yang sedang mencari ide untuk permainan anak, dapat memilih beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan dirumah. Contohnya sebagai berikut:

1. Bermain Pasir Kinetik

Permainan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan bermain pasir kinetik. Pasir yang satu ini memiliki warna yang sangat beragam dan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Anda bisa membuat istana, mobil, dan bentuk-bentuk lain sesuai dengan cetakan yang dimiliki. Apalagi pasir kinestetik ini juga dapat digunakan berulang kembali. Jadi menghemat budget bermain.

Tapi, jangan lupa untuk menjaga kebersihan saat bermain. Berikan juga tugas untuk membersihkan sisa bermain kepada anak untuk melatih tanggung jawab.

2. Bermain Menggunakan Plastisin

Selain pasir kinetik, Anda juga bisa bermain bersama anak dengan menggunakan plastisin. Ya, permainan ini sangat asyik dimainkan bersama baik orang tua dan anak-anak. Permainan ini merangsang kreativitas dan juga rangsangan sensorinya. Warnanya beragam dan mudah dibentuk atau pun dipadukan membuat anak-anak senang memainkannya.

3. Bermain Monopoli dan Ular Tangga

Permainan yang selanjutnya bisa dilakukan adalah monopoli dan juga ular tangga. Permainan ini sangat mengasah keterampilan anak dalam melatih kesabaran dan juga sportivitas. Aku sendiri paling suka bermain monopili. Bahkan semasa kecil, rumahku dipenuhi anak-anak tetangga, karena punya monopoli versi yang bagus banget.

Apalagi kalau monopoli. Itu sangat bermanfaat untuk melatih skill berfikir kreatif dan taktis. Terus dapat mempelajari nilai uang dan jual beli juga kan.

4. Bermain Mewarnai Sketsa

Berikutnya adalah bermain untuk mewarnai suatu sketsa. Cukup mudah, Anda tinggal mencari sketsa dari internet, kemudian cetak menggunakan kertas HVS. Berikan anak Anda pewarna yang aman untuk kulit atau jika tertelan.

Ajarkan anak untuk mewarnai sesuai dengan tempatnya atau biarkan mereka mengasah kreativitasnya sendiri. Berikan kebebasan bagi mereka dalam mewarnai objek sesuai dengan selera mereka.

Aku jadi teringat dengan pasangan @pinot dan @ditot yang sangat melakukan kegiatan kesenian sekeluarga. Mulai dari menggambar, menjahit hingga membuat film. Waw banget kan?

5. Membuat Berbagai Barang dari Tanah Liat

Selain plastisin, tanah liat juga bisa Anda berikan kepada anak. Biarkan mereka membuat apa pun objek yang disukai dan nantinya bisa dikeringkan. Setelah kering, anak juga bebas mewarnai sesuai dengan kreativitasnya. Hal ini mengajarkan kesabaran, proses, dan juga melatih kreativitas. Selain itu, kalau sudah terampil bisa dijual dan dikembangkan menjadi berbagai produk yang bermanfaat

6. Permainan beres-beres rumah

Melatih anak untuk membereskan rumah bisa melalui permainan beres-beres rumah. Ajak anak untuk mengenal setiap sudut rumah dan ajarkan untuk merapikan barang, menyapu, menyuci piring dan pilihan kegiatan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan motoriknya.
.
Itu dia beberapa permainan yang bisa Anda lakukan agar anak tidak mudah bosan di masa pandemi ini. Selain menghindarkan rasa bosan, permainan di atas bisa merangsang kreativitas anak di masa perkembangan. Selamat mencoba.

Semoga pandemic ini cepat berlalu dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan menarik diluar ruangan bersama-sama ya.

Tidak ada komentar