Persiapan Pensiun yang Nyaman

Pada tahun 2017, papa memutuskan untuk pensiun dini. Kalau dihitung-hitung sih sebenarnya masih ada 2 tahun lagi untuk mencapai masa pensiun. Namun karena papa merasa sudah tidak fit lagi dalam bekerja di kantor, maka papa memutuskan untuk resign.

Masa pensiun adalah saat-saat di mana kita sama sekali tidak bekerja karena memang sudah purna. Pada awalnya sih, aku melihat papa di masa awal pensiunnya seperti orang liburan saja. Santai. Tapi ternyata, dasar orangnya aktif kesana kemari, maka mulailah nyari-nyari kegiatan yang bisa mengisi waktu kosongnya. Apalagi kita sama-sama tahu juga, dari yang setiap harinya berangkat kerja dan pada saat pensiun di rumah saja rentan membuat orang dilanda stres.

Berkaca dari situasi dan kondisi yang telah di lewati, daripada stress lebih baik Anda persiapkan diri sejak dini yaitu dengan cara berikut:

1. Memiliki Usaha Sendiri yang Tidak Minim Menggunakan Tenaga

Pertama, sebaiknya Anda mulai berpikir usaha apa yang bisa dilakukan saat masa pensiun telah tiba. Nah, usaha ini sebaiknya jangan yang menggunakan tenaga terlalu besar karena cukup untuk mengisi waktu luang saja. Anda bisa menggunakan tabungan pensiun untuk berbisnis jual beli tanah atau properti, membuka les privat, dan lain sebagainya. Ajak pasangan Anda untuk melakukannya sebelum masa pensiun tiba.

Dalam hal, ini, papa sudah mempersiapkan usaha sendiri berupa ternak lele. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang lumayanlah luasnya, sebesar 1 lapangan bulutangkis. Disitulah papa memulai usaha ternak lele dengan metode biofloc. Selain itu juga memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam secara hidroponik

2. Mencoba Memelihara Hewan Khusus Peliharaan atau pun Hewan Ternak

Jika Anda tidak berbakat dalam bidang usaha, maka bisa saja mencoba untuk memelihara hewan baik itu untuk dipelihara atau ternak yang bisa dijual. Tak perlu banyak, yang penting Anda merasa sibuk dengan mereka. Anda bisa memelihara kucing, anjing, ikan, 1 ekor kambing, 2 ekor ayam, dan lain sebagainya. Mereka adalah makhluk hidup yang bisa diajak komunikasi sehingga lebih membahagiakan.

Nah, di rumah sendiri sering dihampiri kucing. Mulai dari kucingnya sendirian hingga beranak, papa cukup rajin memberi makan kucing-kucing tersebut dan mengajak main mereka, hahaha

3. Buat Daftar Pola Hidup Sehat dan Bahagia dengan Pasangan atau Anak Cucu

Karena semakin tua semakin rentan dengan penyakit coba buatlah daftar untuk melakukan pola hidup sehat dan bahagia. Ya, makan harus yang bergizi, tidur harus teratur, dan lainnya.

Anda juga bisa melakukan olahraga pagi, cukup dengan jalan kaki bersama pasangan atau anak cucu menyapa tetangga itu akan membahagiakan.

4. Meningkatkan Tingkat Spiritual

Semakin tua tentunya waktu di dunia menjadi semakin terbatas, untuk itu ada baiknya jika Anda meningkatkan spiritual Anda. Tingkatkan ikatan Anda dengan Tuhan agar hidup menjadi lebih tenang. Karena jarak mesjid yang cukup dekat, pas ramadan papa lebih lama itikafnya dan pergi ke mesjid di awal waktu juga.

5.Belajar keterampilan baru

Dengan mudahnya akses informasi, maka semakin mudah pula untuk mencoba belajar hal-hal baru. Bisa melalui youtube ataupun platform belajar yang diminati.

Mendampingi orang yang pensiun akan banyak pr yang didapat, pastikan kita juga dapat beradaptasi dengan mereka. Mungkin akan agak sedikit menantang apabila diajak diskusi, pasalnya karena mereka terbiasa bertemu banyak orang jadi maunya ngobrol terus.

Itulah beberapa persiapan agar pensiun Anda menjadi lebih bermakna dan tidak membuat Anda terkejut saat telah tiba. Buat masa pensiun Anda berkualitas dan menikmati hidup secara maksimal. Selamat memulainya, semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.

8 komentar

  1. Punya usaha pas masa pensiun juga bisa nenangin diri ya. Setidaknya kita jadi ga ngerepotin anak cucu untuk biaya hidup.
    Suami saya pun maunya gitu. Tetep produktif meskipun usia masuk pensiun. Biar hidup juga tetep bermaknalah ya.

    BalasHapus
  2. Urusan pensiun baiknya disiapkan sejak jauh-jauh hari dan ketika pensiun pun sebisa mungkin tetap melakukan aktivitas biar tetap produktif dan tidak stress ya...

    BalasHapus
  3. bapakku baru pensiun nih mba tahun ini dan sekarang tengah mengisi kegiatan sehari-harinya dengan bercocok tanam dan kembali mengurus ikan-ikannya yang dulu sempat dilakukan juga tapi krn sibuk bekerja jadi terlupakan

    BalasHapus
  4. Yes, pas banget sama yang aku pikirkan. Aku nanti kalau pensiun mau ngapain ya, secara udah terbiasa bekerja dan bertemu banyak orang. Sepertinya aku pengen membibitkan tanaman hias, syukur-syukur bisa dijual 😍 atau kegiatan apa lah yang tidak bikin melamun 😀

    BalasHapus
  5. Masa pensiun bagi orang yang memiliki usaha sendiri seperti suamiku, malah pengen punya lahan luas. Rencananya untuk ternak kambing atau sapi. Sementara aku tetap dengan hobiku berkebun. Siapa tahu bisa jualan tanaman seperti beberapa tahun yang lalu. Dari hobi jadi dapat cuan, sayang karena nggak ada waktu jadi aku berhenti. Karena saat itu aku masih kerja kantoran

    BalasHapus
  6. aku juga pengennya pas pensiun punya usaha gitu biar nggak bergantung sama uang pensiun aja nantinya. intinya sih memang perlu persiapan banget ya pensiun ini

    BalasHapus
  7. Beberapa bulan lalu aku juga batu kepikiran tentang pensiunku nanti gimana mbak.

    Aku mikir masalah finansial nya sih. Hihi selain siapin dana pensiun. Mikir juga besok mau ngapain biar bisa hidup ayem tenang .

    Hahaha. Masih menyusun banyak hal ini ..

    BalasHapus
  8. Kalau pensiun dalam kondisi keuangan lumayan oke, sepertinya banyak kegiatan yang mudah dilakukan sih. Dan ternak lele adalah salah satunya.
    Belum lama ini aku nemenin kakakku cari kosan. Ketemulah satu kosan yang terdiri dari puluhan kamar dan 2 lantai, dan di rooftop nya disiapin banyak kolam buat ternak lele.

    Batinku "duh mantap nian ya ni orang kayaknya bisa menikmati masa senja nya"

    BalasHapus