Ini Dia ! Barang yang wajib ada di rumah pengantin baru


Ternyata memang benar ya, masa-masa sebulan sebelum atau setelah lebaran adalah waktu yang banyak diambil oleh para pengantin untuk melaksanakan pernikahan. Ga kerasa, 2 tahun terakhir juga adalah masa-masa dimana teman-temanku mulai banyak yang mengadakan pernikahan.

Memang “sudah waktunya” sih kalau menurut banyak orang, tapi kalau aku memang belum ada rencana dalam waktu dekat untuk melangsungkan pernikahan. Soalnya yang mau diajak atauun yang mengajak juga belum ada, hahaha. Tapi tak mengapa, tetap berikhtiar dan berdoa semoga dimudahkan jalannya ya wei.

Nah, singkat cerita beberapa waktu terakhir aku sempat diskusi tuh ama teman-teman yang sudah menikah. Sebaiknya saat sudah menikah tuh beli barang apa sih yang harus diutamakan? Barang yang dimaksud disini adalah barang-barang utama yang memang dipakai dalam sehari-hari. Apalagi, kehidupan setelah menikah itu sudah cukup banyak perbedaan yang signifikan disbanding pas masa-masa lajang kan? Perlu adanya diskusi terlebih dahulu dengan pasangan. Ga bisa main asal beli saja (walau ada duitnya).

Jadi, akhirnya mulailah aku mencatat satu persatu barang yang diperlukan. Paling tidak begini, yang bisa dicicil dibeli dari sekarang ya dibeli. Jadi nanti ketika sudah ada pasangannya, nanti tinggal melengkapi saja. Nah, kira-kira barang apa saja yang diperlukan? Berikut aku jabarkan ya.

1. Kasur

Selama hidup di kostan aku sudah puas tidur beralaskan kasur Palembang. Kasur Palembang untuk sekedar berbaring memang enak, tapi kalau tujuannya untuk tidur, maka memiliki kasur yang cukup empuk sudah bisa ditargetkan. Sembari menunggu memiliki kasur yang bisa awet untuk 10 tahun kedapan, Minimal milikilah kasur yang bisa awet untuk 5 tahun kedepan.

Dengan atau tanpa dipan bisa jadi pertimbangan selanjutnya, menyesuaikan dengan dekorasi dan konsep rumah juga kan?

2. Peralatan masak

Peralatan masak basic seperti kompor dan gasnya, kemudian sutil, wajan, panci, pisau, talenan. Peralatan masak ini berguna banget untuk masak sehari-hari, minimal untuk menu-menu standar harian.

3. Kulkas

Melengkapi peralatan masak, kehadiran kulkas pun patut untuk dipertimbangkan. Aku pun belajar dari pengalaman. Semasa kuliah aku sempat ngontrak dan ngekost, kehadiran kulkas di rumah kontrakanku membantu sekali dalam penghematan budget makan. Karena aku bisa menyimpan makanan basah seperti ungkepan ayam, aneka nugget dan sayur lebih tahan lama.

Jangan nunggu beli kulkas dua pintu dan pintunya bisa diketok-ketok dulu. Beli kulkas 1 pintu untuk diawal. Toh juga awal-awal hidup cuma berdua ya gas sih?

4. Mesin cuci dan setrika

Dua produk ini pun menjadi penting karena hari-hari kita butuh baju bersih dan rapi setiap harinya. Apalagi kalau nanti sudah ada anak, jumlah baju kotor juga akan terus bertambah. Memilih laundry juga boleh, aku juga ada laundry, tapi khusus untuk yang berat-berat aja.

5. Rice cooker

Rice cooker ini merupakan salah satu peralatan masak yang multifungsi. Tentu saja dengan kehadiran rice cooker membantu mempercepat mengolah makanan. Fungsi utama, memasak nasi, fungsi tambahan untuk menghangatkan makanan.

6. Peralatan kebersihan

Sapu, tongkat pel dan sikat kamar mandi untuk rumah yang lebih bersih. Jangan lupa lengkapi juga dengan sabunnya juga ya.

Jadi, yuk perlahan lengkapi peralatan dan barang-barang di rumah ya. Selain itu coba juga untuk belajar memaksimalkan penggunaan barang tersebut. Banyak membaca sumber-sumber informasi seperti cleanipedia agar rumah senantiasa bersih

Tidak ada komentar