17 Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Simple Namun Tulus Dan Bermakna Simpati

 

Berita duka cita datang silih berganti akhir – akhir ini. Bagi kamu yang ingin menghibur keluarga atau teman yang sedang berduka, maka dibawah ini ada beberapa contoh ucapan turut berduka cita.

Ucapan untuk orang yang meninggal itu bisa menjadi cara bagi kamu untuk menghibur mereka yang sedang bersedih lantaran ditinggalkan oleh orang tersayang selama – lamanya. Kamu bisa kirimkan ucapan turut berduka cita melalui WhatsApp atau media sosial, karena di masa pandemi COVID-19 ini, kegiatan takziah dibatasi. Sebagai salah satu orang yang mengalami kedukaan karena kehilangan orang tersayang, yang aku butuhkan sebenarnya hanya dukungan dari orang-orang sekitar. 
 
Dulu, aku tidak tahu harus berkata apa selain "sabar ya" kepada orang-orang yang ditinggalkan, namun ketika saat ini mengalaminya, aku mempelajari juga bagaimana respon orang-orang dalam menyampaikan dukacita. 

Berikut 17 contoh ucapan turut berduka cita yang simple namun tulus dan bermakna simpati :

1. Turut Berduka
“Saya turut sedih mendengar kabar kehilangan yang kamu alami. Turut berduka cita yang sedalam – dalamnya.”

2. Dia Tetap Hidup Dihati
“Orang yang kamu cintai itu tidak pernah pergi, sebab dia akan tetap hidup di hati kamu selamanya.”

3. Tidak Akan Pernah Dilupakan
“(Nama orang yang meninggal) tidak akan pernah dilupakan. Kami sangat menghargai kenangan tentangnya dan turut berbelangsungkawa sedalam - dalamnya.”

4. Senang Bisa Mengenalnya
“Turut berduka cita yang sedalam – dalamnya atas kehilangan yang menimpa kamu. Senang bisa kenal (nama orang yang meninggal) sebagai sosok yang sangat baik.”

5. Semoga Tetap Tegar
“Semoga kamu menerima belasungkawa tulus saya ini. Saya memikirkanmu, semoga kamu tetap tegar.”

6. Berdoa Untuk Kedamaian Dan Kenyamanan
“Saya kehilangan kata – kata di waktu yang menyedihkan ini. Ketahuilah bahwa saya memikirkan kamu dan berdoa untuk kedamaian dan kenyamananmu.”

7. Melalui Kesedihan Bersama – Sama
“Kehilangan orang yang dicintai memang tidak pernah mudah, namun ketahuilah bahwa kami bersama kamu untuk melalui kesedihan yang dialami.”

8. Saya Ada Untukmu Di Masa Sulit
“Ketahuilah bahwa saya ada untukmu disini di masa sulit ini. Turut berbelasungkawa, teman.”

9. Kamu Tidak Sendirian
“Semoga kamu bisa menemukan kenyamanan karena mengetahui bahwa kamu tidak sendirian, kamu dikelilingi orang – orang yang peduli padamu. Hubungi aku kapapun kamu mau dan membutuhkan sesuatu.”

10. Kami Selalu Ada Untukmu
“Kami turut berbelasungkawa. Kami mencintai dan peduli padamu. Kami akan selalu ada untukmu, teman.”

11. Dia Akan Selalu Dirindukan
“Saya turut berduka cita. Sungguh menyenangkan bisa mengenal (nama orang yang meninggal). Dia akan selalu dirindukan.”

12. Semoga Kamu Merasa Dikeliling Cinta Dan Kasih Sayang
“Saya berharap ucapan turut berduka cita ini bisa membuat kamu merasa dikelilingi oleh cinta dan kasih sayang. Maaf sudah mendengar berita duka ini.”

13. Semoga Kamu Bisa Menjalani Hari Penuh Kenyamanan
“Turut berbelasungkawa yang sedalam – dalamnya. Semoga waktu mampu membantu kamu menyembuhkan luka karena kehilangan (nama orang yang meninggal). Saya berharap kamu masih bisa bahagia dan menjalani hari – hari dengan penuh kenyamanan.”

14. Berharap Bisa Memberi Kenyamanan Dan Kekuatan
“Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari kehidupanmu. Saya berharap bisa memberikan kenyaman dan kekuatan ditengah cobaan ini selama kamu membutuhkan.”

15. Bersandarlah Padaku Untuk Apapun Yang Kamu Butuhkan

16. “Turut berbelasungkawa. Peluk erat untuk dirimu ! Bersandarlah padaku untuk apapun yang kamu butuhkan !”.

17. Kamu Orang Baik Dan Selalu Aku Rindukan
“Aku sangat terkejut sekaligus sedih mendengar berita duka ini. (Nama orang yang meninggal dunia) adalah sosok yang baik dan akan selalu aku rindukan.”

Itulah contoh ucapan turut berduka cita yang simple namun tulus dan bermakna simpati.





9 komentar

  1. Kata-katanya bagus banget. Tinggal dimodifikasi dan disesuaikan dengan gaya berkomunikasi dengan orang yang akan dikirimi ucapan itu. Atau bisa diubah menggunakan bahasa/dialek daerah biar lebih mengena.

    Yang kadang jadi membatasi itu, kalau yang meninggal itu berbeda agamanya. Kadang merasa takut apa yang diucapkan menjadi tidak tepat. Dan ujung-ujungnya paling aman sih pakai kiasan-kiasan umum sebagaimana yang ditulis di atas.

    BalasHapus
  2. Awalnya pasti bingung ya mengucapkan belasungkawa ke orang lain saat mengalami musibah. Bingung harus bilang apa, gimana menghiburnya. Saya lebih sering speechless kalo ketemu orang uang lagi berduka.

    Tapi setelah mengalami sendiri, waktu saya berduka ucapan-ucapan orang lain yang bahkan singkat aja tuh menghibur banget loh..

    BalasHapus
  3. Nganu.. :))
    Kalo saya sih menghindari banget kata "sedalam-dalamnya". Karena terdengar klise. Hanya Tuhan yang tahu dalamnya hati orang, termasuk hati yang berduka cita.

    Terus, orang yang sedang berduka cita itu tidak bisa dinasehati. Dia sedang marah, sedih, jadi sebaiknya dihindari untuk dinasehati. Dan salah satu unsur yang terdengar menasehati itu adalah penggunaann imbuhan "lah". Padahal orang yang mengucapkannya tidak bermaksud menasehati, tapi salah ngomong bisa berakibat salah paham.

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk panduan kata2 yg bisa kita ucapkan/kirimkan utk mereka yg sedang berduka. bisa nih jadi masukan untukku agar tidak selalu mengirim kata2 klise yg itu2 saja.. sekali lagi terima kasih ya..

    BalasHapus
  5. Mengungkapkan bahasa yang sesuai itu betul² harus ditata ya apalagi bahasa duka cita. Dsri semua ungkapan yang ditulis sangat bagus dan bijak sekali. Makasih udah ngerangkum ya mbak.

    BalasHapus
  6. wah ini nih,,.. aku nih orang yang sering bingung saat memberi ucapakn pada orang yang sedang berduka. kadang takut menghakimi atau menasehati, padahal mereka jelas sedang tidak membutuhkan hal itu ya.. Jadi pada orang yg sedang berduka kita memang harus memberikan ucapan belasungkawa ya

    BalasHapus
  7. 17 kata-katanya indah dan serba positif. Tapi, di banyak circle pertemanan saya, lebih sering menggunakan doa seperti anjuran di agama. Terus lagi, kalau sedihnya masih menyesakkan, biasanya baru ditambahkan dengan kalimat seperti sebagian contoh di atas. Hiks, koq malah jadi ingat momen-momen ditinggalkan yang tersayang :(

    BalasHapus
  8. Wahhh membantu banget, kadang suka bingung mau ngucapin apa kalau ada yang berduka cita seperti itu..

    BalasHapus
  9. Kata-kata yang ada bagus-bagus sekali, aku juga kadang suka bingung mau ngucapin apa sebagai tanda berduka cita. Rasanya pengen menunjukkan bahwa kita juga ikut berduka tapi di lain sisi ingin menguatkan, kata-kata di atas beberapa akan kuterapkan suatu saat nanti

    BalasHapus