Bagaimana Persiapan Kehamilan untuk Pasangan Baru? Ini Dia Langkah-Langkahnya

Meski memiliki tujuan utama untuk bisa selalu bersama, kehadiran anak di dalam rumah tangga tentu sangat diharapkan. Banyak pengantin baru yang ingin segera menimang bayi setelah pernikahan dilangsungkan. Menariknya banyak yang belum tahu bahwa untuk ada banyak persiapan yang dibutuhkan oleh para pengantin baru yang ingin segera hamil.

Persiapan kehamilan pengantin baru

Berhubungan intim memang merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk mendapatkan kehamilan, akan tetapi kehamilan tidak hanya terjadi karena melakukan hubungan intim. Ada banyak persiapan lain yang harus dilakukan supaya pengantin baru bisa mendapatkan kehamilan pertama mereka. Apa saja?

·         Menyeimbangkan diet

Diet atau pola makan adalah hal yang utama dalam menentukan kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh ini sangat dipengaruhi oleh makanan apa saja yang kita makan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan kehamilan lebih cepat, pastikan Anda memasukkan makanan-makanan sehat ke dalam tubuh Anda.

Makanan sehat dengan gizi seimbang sangat dibutuhkan. Mulai dari karbohidrat, protein hingga serat dan juga asam folat. Makanan yang lebih sehat dan lebih bergizi akan membantu Anda mendapatkan kehamilan lebih cepat karena makanan sehat dan seimbang akan membantu tubuh memproses segalanya dengan lebih baik termasuk ovum dan sperma yang sehat. Selain itu dapat dibantu juga dengan susu untuk program hamil wanita

·         Berhenti merokok

Jika Anda atau pasangan Anda adalah seorang perokok aktif, akan lebih baik jika Anda mulai berhenti merokok. Merokok dapat mempengaruhi sistem reproduksi wanita maupun pria.

Pada wanita rokok dapat menyebabkan infertilitas karena dapat membuat rahim kering. Pada pria, rokok dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang dan menyebabkan infertilitas.

·         Hindari konsumsi alkohol

Meski di Indonesia sangat jarang konsumsen alkohol, akan tetapi tidak sedikit peminatnya. Jika Anda ingin hamil dan sedang dalam status sebagai konsumen alkohol, akan lebih baik Anda menghentikan konsumsi alkohol ini. Konsumsi alkohol bisa mengurangi fertilitas sehingga dapat menyebabkan Anda sulit hamil bahkan sebagai pasangan baru.

·         Kurangi kafein

Kopi memang merupakan salah satu produk yang sangat populer belakangan ini. Entah karena rasanya satu karena manfaatnya yang membuat mood lebih baik kopi memang kini banyak digemari. Sayangnya jika Anda sedang menantikan kehamilan, konsumsi kopi ada baiknya sedikit di kurangi terlebih dahulu.

Konsumsi kopi menyebabkan kadar kafein dalam darah naik. Apakah hal ini dapat menyebabkan infertilitas? Pada dasarnya kafein tidak menyebabkan infertilitas, hanya saja ketika Anda mendapatkan kehamilan, kafein akan di teruskan ke uterus sehingga dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

·         Lakukan olah tubuh

Salah satu hal penting yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan adalah olahraga. Olahraga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan metabolisme yang baik, tubuh akan lebih sehat dan hormon akan diproduksi dengan normal. Dengan perbaikan ini maka kehamilan bisa terjadi lebih mudah.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat agar lebih mudah hamil, seseorang tidak perlu berolahraga terlalu keras. Hal ini justru bisa membuat kehamilan sulit terjadi. Setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari untuk bisa mendapatkan kehamilan pertama Anda.

Meskipun Anda dan pasangan aktif dalam hubungan intim, akan tetapi jika tubuh Anda mengalami infertilitas maka kehamilan tidak akan terjadi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mulai memperbaiki tubuh dengan melakukan tip di atas guna meningkatkan kesehatan dan infertilitas tubuh Anda.

Jika Anda sudah melakukan hal-hal di atas dan masih kunjung tidak mendapatkan momongan, akan lebih baik jika Anda segera menghubungi dokter kandungan dan mengikuti program kehamilan untuk mengetahui masalah apa yang terjadi pada tubuh Anda dan memperbaikinya.

10 komentar

  1. Nah ini nih yang harus dipersiapkan untuk pasangan baru yang sudah menginjak masa kehamilan, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Olah tubuh nih ya yang bikin males hihihi, kalo ga rokok n no kafein oke. Untuk olah tubuh ini yang seringnya ntar2 gitu. Tapi emang perlu persiapan untyk hasil optimal nih. Btw aku dulu ga nyiapin apa2, suami aja yang mendadak ga ngerokok...

    BalasHapus
  3. Dari pertama awal nikah, udah ga pernah konsumsi kafein sama sekali. Ngerokok, minum alkohol juga ga pernah dari sebelum nikah juga. Tapi ga hamil2. Sampai berencana mau program. Eh, belum sampai ke dokter, udah hamil puji Tuhan. Mungkin harus rileks juga ga boleh stress pikirannya.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah kehamilan kedua putra kami berjalan dengan lancar. No mitos-mitos segala dan istri nggak pernah mengeluhkan macam-macam. Nggak mengonsumsi kafein, apalagi alkohol dan merokok. Buah hati memang rezeki bagi orang tua, sekaligus amanah dari Allah. Terima kasih atas tipsnya....

    BalasHapus
  5. Noted banget nih, Kak... Buat persiapan akuh nanti saat menikah. Hehehe... Kehamilan memang perlu disiapkan. Apalagi untuk pasangan baru yang belum paham benar bagaimana lika-likunya. Biar nggak asal kan ya...

    BalasHapus
  6. pola dan perilaku hidup sehat harus dijalankan dengan ketat. Persiapan jiwa dan raga untuk jadi orang tua juga kudu dipersiapkan dengan matang banget sih

    BalasHapus
  7. Noted nih, aku ma suami nih suka minum kopi, jadi pr banget nih ngurangin kafein sama olah tubuh.

    BalasHapus
  8. Wah iya yaa kafein ini yang perlu ditiadakan kalo persiapan kehamilan. huhu. buat aku yg suka banget kopi mungkin susahh tapi harusss dipatuhi sih

    BalasHapus
  9. MEnyeimbangakn kondisi tubuh ya kak. Kalau perempuan hamil memang banyak yang harus diperhatikan.
    Btw aku penyuka kopi dan teh. Tapi saat hamiul itu sangat-sangat mengurangi bahkan hampir stop kopi dan teh. Haha

    BalasHapus
  10. Program kehamilan ini membutuhkan banyak faktor, salah satunya sehat dari segi psikologis. Kalau yang ahlinya bilang begini dan begitu, ada baiknya diturutin. Karena untuk progmil ini biayanya juga gak murah yaa..

    BalasHapus