Jenis Hair Mask Berdasarkan Jenis Rambut serta Cara Penggunaannya

Untuk Anda sedang berusaha merawat rambut agar tetap indah dan sehat, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut dapat membantu memberikan kelembaban pada rambut dan memberikan manfaat sesuai dengan jenis bahan utama dalam masker tersebut. Nah di sini kami akan membahas mengenai apa saja jenis masker rambut dan cara menggunakan masker rambut sehingga Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Hair mask untuk rambut diwarnai

Masker rambut tentu digunakan untuk merawat rambut, akan tetapi beda jenis rambut beda juga jenis masker yang dibutuhkan. Salah satu jenis masker yang sangat dibutuhkan saat ini adalah masker rambut untuk rambut yang diwarnai.

Rambut yang diwarnai cenderung membutuhkan perawatan yang lebih seksama. Hal ini disebabkan karena rambut yang diwarnai umumnya akan lebih sensitif. Rambut yang sudah diwarnai biasanya akan lebih kering dan lebih murah rusak. Hal inilah yang membuat rambut yang diwarnai membutuhkan perhatian yang lebih serius.

Untuk perawatan rambut yang diwarnai, biasanya lebih banyak dilakukan dengan menggunakan produk yang dibuat khusus secara kimia untuk merawat kondisi rambut yang rusak dan kering ini. Biasanya rambut yang diwarnai akan membutuhkan perawatan yang lebih besar untuk mengembalikan kelembaban, tampilan yang lebih berkilau hingga untuk mengembalikan kekuatannya.

Selain untuk mengembalikan keindahan rambut, manfaat dari masker rambut ini adalah untuk mempertahankan warna rambut yang sudah diwarnai agar lebih tahan lama. Mengapa? Karena jika Anda menggunakan perawatan rambut yang umum dan seperti biasanya, warna rambut yang sudah Anda miliki akan lebih murah hilang saat menggunakan shampo dan perawatan rambut yang biasa.

Hair mask untuk rambut natural gelap

Nah, jika Anda memiliki rambut normal yang belum pernah di warnai, Anda bisa menggunakan perawatan rambut berupa hari mask yang diperuntukkan bagi rambut natural. Biasanya rambut natural akan membutuhkan hair mask untuk memberikan definisi pada rambutnya. Terlebih untuk rambut dengan warna gelap.

Jika rambut dengan warna gelap dibiarkan tanpa perawatan, rambut ini akan terkesan biasa dan kurang menarik. Akan tetapi dengan menggunakan masker rambut untuk rambut natural, rambut akan lebih terdefinisi, lebih menarik dan lebih berkilau. Kilau rambut inilah yang nantinya akan membuat rambut terkesan lebih cantik.

Hair Mask untuk rambut rusak

Ketika Anda melakukan styling rambut terus menerus tanpa mengimbanginya dengan perawatan, maka rambut rusak sudah pasti akan menjadi milik Anda. Akan tetapi jangan khawatir untuk rambut yang terlanjur rusak, Anda bisa menggunakan produk masker rambut yang bisa digunakan untuk merawat rambut rusak.

Perawatan hair mask untuk rambut rusak ini umumnya dilakukan dengan sistem perawatan yang intensif. Rambut yang rusak ditandai dengan kondisi rambut yang terlalu kering, memiliki ujung bercabang memiliki struktur yang rusak. Biasanya untuk kondisi rambut seperti ini hair mask yang digunakan adalah hair mask yang memiliki kandungan keratin tinggi, fatty acid dan juga vitamin dalam jumlah yang banyak.

Meski memiliki manfaat yang berbeda-beda, akan tetapi hair mask umumnya digunakan dengan cara yang sama, penggunaan hair mask ini dilakukan setelah keramas pada umumnya. Setelah Anda keramas, Anda bisa mengaplikasikan hair mask, setelah itu, tunggu selama 3 hingga 5 menit lalu bilas.

Bersihkan sisa air dengan handuk hingga kering. Pastikan untuk menepuk rambut dan menghindari menggosok rambut karena hal ini akan merusak rambut Anda apapun tipenya.

7 komentar

  1. Nah ini nih yang dibutuhkan rambut kadang ingin mewarnai, tetapi takut salah memang ini jawabannya.

    BalasHapus
  2. Ya ampun, aku tu selama ini baru tau manfaat dari masker rambut untuk mempertahankan warna rambut yang sudah diwarnai, biar lebih tahan lama.

    Selama ini aku rajin mewarnai rambut. karena suka aja rambutnya warna warni hihihi... terus lama kelamaan rambutku jadi kering, dan udah pake vitamin juga tapi malah lembab dan lepek.

    BalasHapus
  3. Aku menjaga kesehatan rambut hanya pakai vitamin rambut nih. Belum pernah mewarnai rambut juga.

    BalasHapus
  4. Aku gak suka mewarnai rambut, tapi suka make hair mask karena wanginya tahan lama dan awet. Jadi kayaknya jenis apapun, tidak masalah kan?

    BalasHapus
  5. Owalah, rambut juga ada maskernya ya ternyata. Dan tipe hair mask-nya berbeda-beda sesuai jenis rambut. Kalau aku memang cuma pakai shampoo-an doang. Btw, keramas sebelum apply hair mask nya itu keramas seperti biasa, atau ada shampoo khususnya?

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah aku rutin menggunakan hair mask, karena buat menjaga rambut kta biar gak rusak dan lebih halus. Dan skrg ni aku berusaha gak menggosok rambut stlh keramas, memang benar menggosok rambut itu malah bikin rambut kita rusak..

    BalasHapus
  7. Wahhh ternyata beda-beda yaa setiap hair mask yang digunakan, memiliki kegunaan dan manfaatnya masing-masing kalau kasusnya juga berbeda-beda. Aku biasa cuma pake satu jenis aja, karena udah nyaman yaudah dehh hhi

    BalasHapus