Merencanakan Tabungan Untuk Mahasiswa


Halo teman-teman! Apakabar? Semoga baik-baik saja ya. Wah ternyata sudah memasuki penghujung tahun 2021, pastinya ada banyak hal yang sudah kita lewati hingga hari ini. Apapun itu semoga kita tetap semangat serta sehat selalu ya. 
 
Btw, gimana nih bagi teman-teman mahasiswa? Semoga perkuliahan juga mulai stabil dan dapat mengikuti ritme perkuliahan yang hybrid ini. Oh ya, ngomongin mahasiswa, baru keinget aku punya adik dua orang yang masih kuliah. Akhir-akhir in ikan mereka tu jadi sering ngobrol serius ama aku mengenai tabungan. Pasalnya ternyata mereka belum menabung yang cukup serius. Jadi cuma sekedar menyisihkan tabungan tapi tak begitu focus apa tujuannya. 
 
Belajar dari pengalaman, ternyata memiliki tabungan yang rinci dan tertata itu menjadi hal penting bagi mahasiswa. Gimana engga, dengan seabrek perkuliahan, belum lagi praktek, penelitian dan ujian. Tentu saja mengurus semuanya memerlukan dana yang ga sedikit. Oleh karena itu, bagi teman-teman mahasiswa, aku ajak untuk mulai merencakanan tabungan sedari awal kuliah yuk!
 
Merencanakan Tabungan Untuk Mahasiswa 
 
Karena kebutuhan yang kian lama kian banyak selama perkuliahan, minimal 4 tahun dan yaa maksimal 7 tahun (walaupun dikasih jatah 7 tahun, ya jangan dihabiskan semua kayak aku ya). Nah dimasa-masa itu perlu banget tuh punya tabungan yang jelas. Jangan sampai dipenghujung bulan bener-bener cuma makan mie aja. Mengundang penyakit Namanya itu, hehehe. Jadi berikut rencana tabungan untuk mahasiswa yang wajib kamu ketahui! 
 
1. Tabungan Belajar Tabungan 
belajar ini digunakan untuk kamu yang perlu beli banyak buku dan bahan bacaan, selain itu kalau kamu harus mengikuti sertifikasi dan seminar pastinya untuk mengikuti itu tak jarang ada uang pendaftaran. Oleh karena itu kamu memerlukan tabungan belajar ini teriisi setiap semesternya
 
2. Tabungan praktek 
Periksa kembali jurusan yang sedang kamu tempuh, apakah dalam masa belajarnya banyak praktek dan membutuhkan alat? Jurusan apalagi konsentrasiku tidak begitu banyak kegiatan praktek yang membutuhkan alat. Namun ada kejadiannya, saat semester 4 ada mata kuliah fotografi. Dimana mau ga mau mesti ada kamera, waktu itu uangku ga cukup untuk beli kamera. Maka aku menyewanya dari kakak kelas. Nah hal-hal yang seperti itu harus disiapkan, memiliki atau menyewa alat praktek.
 
3. Tabungan penelitian dan tugas akhir
 Ayo mulai dipertengahan kuliah mulai difikirkan penelitian dan tugas akhirnya akan mengambil judul apa dan metode penelitiannya seperti apa. Masa-masa penelitian dan tugas akhir juga cukup banyak mengeluarkan modal. Minimal akan banyak ngeprint-ngeprint kertas, nyebar survey atau melakukan wawancara.
 4. Tabungan travelling 
Nah ini nih, libur semester biasanya akan Panjang. Bagi yang mau mengisi dengan travelling, pasti sudah menantikan momen ini. Tapi kalaupun kamu ga merencanakan liburan pun, dana ini bisa dialihkan menjadi simpanan ketika mengikuti lomba, kompetisi, pertukaran mahasiswa dan lain sebagaiknya. 
 
5. Tabungan sehari-hari 
Ini tentu saja untuk kebutuhan harian, dana darurat yang perlu difikirkan sedari awal pula. Apalagi kadang tak selamanya orang tua kita akan membiayai kost-kostan hingga akhir perkuliahan. Untuk itu, dana seperti ini mulai dipersiapkan juga ya. 
 
Memiliki tabungan memang sudah bisa dimulai dari sekarang juga. Jangan lupa untuk memilih tabungan yang terpercaya dan aman digunakan. Seperti tabungan online Senyumku. Namanya memang senyumku, bukan aku yang sedang senyum terhadap pembaca blog ini hehehe. 
 
Senyumku adalah layanan perbankan digital yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman untuk mengatur keuangan dan juga menabung dalam satu aplikasi saja.. buat yang belum tahu,Senyumku ini merupakan produk tabungan online dari PT Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM dan sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK. 
 
Beroperasi sejak tahun 2019 dan menyediakan berbagai layanan, mulai dari buka rekening secara online dan langsung aktif. Selain itu, bisa menjadi aplikasi manajemen keuangan yang terkini, sehingga memungkinkan kita sebagai nasabah merekapitulasi catatan keuangan in out dari kas kita secara sederhana. Jadi bagaimana, sudah siap merencakana tabunganmu sekarang juga? Langsung install aplikasi senyumku ya!



18 komentar

  1. Tabungan juga harus ada pos2nya ya... Dan mahasiswa sudah harus bisa mengatur keuangan ini supaya tenang dalam menghadapi perkuliahan

    BalasHapus
  2. Biaya kuliah sekarang makin mahal ya mbak, kalau tidak direncanakan dan mulai menabung takutnya tidak bisa mengcover semua kebutuhan. Aplikasi Senyumku ini bagus banget, bisa membantu kita merencanakan keuangan dengan baik, karena masa depan kita dimulai dari niat dan disiplin yang ada dalam diri kita. Dan mengelola keuangan dengan baik menjadi kunci awal kesuksesan.

    BalasHapus
  3. tabungan traveling bikin semangat ya Mut heheheh
    seru kalau udah dipos-pos begini ya Mut.

    BalasHapus
  4. Iya nih ku udah mengajarkan juga sama anakku sooal tabungan2, kalo kelak ada apa2 jadinya ga rempong, butuh biaya2 yang urgent udah ada pos2nya tersendiri. Biasanya mereka suka pintar, hemat apalagi kalo emang ada sesuatu yang ditujuu/dibeli.

    BalasHapus
  5. Wah udah ga inget zaman mahasiswa ya tapi bener banget kebantu kalau punya tabungan macam kayak gini, dan biasanya ngumpulin informasi buat dapat beasiswa. Mudah mudahan lancar jaya adek adeknya mba kuliah yaa. Inget adik saya kembar juga baru masuk kuliah tahun ini

    BalasHapus
  6. Tabungan online memang membantu banget memisahkan dengan kebutuhan utama sehingga tujuan keuangan akan segera bisa terpenuhi yaa.. Syaratnya, tentu pengendalian diri alias gak boleh boros.
    Hhhee..auto pengen senyum melihat saldi di tabungan Senyumku.

    BalasHapus
  7. Kebutuhan setiap level jenjang pendidikan berbeda-beda ya. Semakin tinggi, maka biayanya semakin besar. Apalagi mahasiswa, banyak biaya yang harus dikeluarkan.

    Beruntung sekarang semakin mudah saja urusan menabung. Cukup lewat ponsel saja, sudah punya tabungan. Salah satunya dari Senyumku ini. Makasih ulasannya Mba Mutia.

    BalasHapus
  8. Menjadi mahasiswa memang memiliki pengeluaran yang nggak sedikit. Segala macem praktek, penelitian dan lain-lain. Kalau memiliki tabungan pasti lebih tenang. Nggak bingung lagi deh.

    Apalagi kalau tabungannya bisa online kayak Senyumku.

    BalasHapus
  9. jaman sekarang financial planning emang penting banget yaa termasuk mengatur pos-pos tabungan biar tersedia dananya ketika kegiatan/kebutuhannya tuh dateng, biar ga keteteran, enak juga nih ya aplikasi senyumku ini jadi bisa bikin banyak pos tabungan juga

    BalasHapus
  10. Waktu daku kuliah juga menabung buat pas bagian tugas akhir, karena banyak kebutuhan di momen itu plus wisudanya juga. Maka memang penting menabung dengan menyiapkan pos²nya

    BalasHapus
  11. saya juga pas masih jadi mahasiswa belum mikirin tabungan.. hasilnya pas sudah menikah malah nyesel kenapa ga nabung dari dulu..

    BalasHapus
  12. Mahasiswa pun kudu cerdas finansial ya agar segala urusannya bisa berjalan lancar, cita2 pun tergapai.

    BalasHapus
  13. Memang banyak sekali kebutuhkan, tinggal pinter-pinter saja memisahkan uang dengan membuat pos pos budgeting sesuai kebutuhan yaa. Yang penting utamakan prioritas.

    BalasHapus
  14. Oh, jadi Senyumku ini produk PT. Bank Amar , ya. Baru tahu saya. kalau Bank Amar-nya sendiri saya sudah kenal sejak beberapa waktu yang lalu. Ternyata ada produk tabungan online-nya juga. Makin mudah dan banyak pilihan untuk merencanakan keuangan secara online.

    BalasHapus
  15. Hwaaa dulu pas mahasiswa buta banget soal mengatur keuangan kek gini. Nah sekarang jadii nyesel karena ngga merencanakan keuangan daridulu...
    Apa karena dulu juga belum ada aplikasi macam Senyumku ini ya mba heheh.
    Tapi sekarang alhamdulillah sih udah melekfinansial jadinya dah ada pandangan mau ngatur keuangan seperti apa. Btw aku jg baru pakai Senyumku :D

    BalasHapus
  16. wah iya, mengatur keuangan itu perlu ya.akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin, termasuk saat jadi mahasiswa gini

    BalasHapus
  17. Mempersiapkan dana untuk kuliah itu memang sangat penting ya. Agar proses anak belajar menjadi tenang dan lancar sampi lulus menjadi sarjana

    BalasHapus
  18. Merencanakan hari esok dengan memiliki tabungan memang kebanggaan. Dan sekarang ini banyak sekali platform yang bisa kita gunakan.

    BalasHapus