Pentingnya MCU Secara Berkala untuk Kesehatan Jangka Panjang

MCU atau Medical Check Up adalah salah satu hal yang baik jika dilakukan secara berkala. Sayangnya banyak orang yang hingga saat ini belum sadar seberapa pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara general ini secara berkala.

Pentingnya MCU secara berkala

Seseorang memang wajib mengikuti latihan, diet yang seimbang dan juga gaya hidup keseluruhan yang sehat. Akan tetapi meski sudah melakukannya, melakukan MCU secara teratur juga penting untuk dilakukan. Tujuan dari melakukan MCU ini antara lain adalah :

·         Mengurangi potensi sakit

Salah satu tujuan utama dari MCU adalah untuk mengurangi potensi sakit. Ketika Anda mengurangi kemungkinan sakit di masa depan. Saat Anda melakukan MCU, Anda akan mendapatkan pemeriksaan baik itu pemeriksaan mental maupun fisik.

Dengan adanya pemeriksaan mental dan fisik inilah yang nantinya maka kesehatan akan lebih terjamin. Bahkan pemeriksaan fisik dilakukan dari kepala hingga ke kaki sehingga pemeriksaan ini dapat mendeteksi adanya potensi bahaya kesehatan di masa depan. Adanya deteksi lebih dini, membuat Anda bisa mendapatkan pengobatan yang lebih tepat untuk menjaga kesehatan diri baik di masa kini maupun di masa depan.

·         Mendeteksi penyakit yang disebabkan karena stres

Seperti disebutkan sebelumnya, MCU tidak hanya dilakukan untuk mengecek kesehatan fisik, akan tetapi juga dilakukan untuk mengecek kesehatan mental. Mengapa? Hal ini disebabkan karena stres bisa jadi faktor pemicu utama penyakit seseorang.

Ya, bukan hanya perubahan musim yang bisa menyebabkan seseorang mengalami flu, akan tetapi ada juga faktor lain seperti faktor tekanan atau stres yang umumnya menyebabkan imunitas tubuh menurun. Saat imunitas tubuh menurun, maka penyakit akan lebih mudah terjadi.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan mental saat melakukan MCU dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit yang disebabkan karena faktor stres lebih cepat dan lebih mudah. Hal ini akan membantu pengobatan dan pencegahan penyakit lebih mudah.

·         Mendeteksi kelainan dari darah

Selain pemeriksaan seluruh tubuh, hal lain yang akan dilakukan dalam MCU adalah mendeteksi kelainan dari dalam darah. Selain cek tubuh dan cek mental, saat MCU Anda juga akan mendapatkan test darah. Pengecekan melalui tes darah ini dapat digunakan untuk mendeteksi kelainan atau penyakit potensial yang mungkin terjadi di masa depan.

·         Membuat Anda lebih sadar mengenai kesehatan tubuh

Selain digunakan untuk melakukan pengecekan tubuh  dan mendeteksi penyakit yang mungkin terjadi di masa depan. Manfaat dan tujuan lain dari pengecekan kesehatan secara menyeluruh dan berkala adalah untuk mendorong keinginan untuk hidup lebih sehat.

Ketika Anda melakukan pengecekan MCU dan mendapati ada potensi penyakit yang membahayakan, maka Anda tentu akan lebih peduli dengan kesehatan Anda bukan? Karena Anda lebih peduli dengan kesehatan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pola hidup yang lebih sehat.

Ada banyak masalah kesehatan yang hanya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah pembengkakan jantung. Kenali penyebab pembengkakan jantung yang utama adalah gaya hidup yang tidak sehat yang kemudian menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda bisa lebih peduli dengan gaya hidup lebih sehat.

Masalah kesehatan menjadi lebih penting ketika Anda sudah memiliki orang-orang yang mencintai dan Anda cintai. Oleh karena itu, untuk bisa saling menjaga satu dengan lainnya, MCU sangat penting untuk menghindari penyakit parah yang membahayakan nyawa.

19 komentar

  1. Baru tahu tentang ini malah, memang perlu banget untuk menjaga kesehatan mental dengan ini. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Selama ini saya mengabaikan hal penting satu ini. Ternyata MCU itu penting banget ya untuk kesehatan jangka panjang. Meski menabung dulu nih untuk bisa MCU secara rutin. Apalagi MCU itu pasti biayanya nggak murah. But anyway, terima kasih atas remindernya. Coba kalo nggak baca artikel keren ini, nggak bakalan ngeuh dengan hal yang dianggap sepele ini.

    BalasHapus
  3. Wah mauu jugaa ikutan periksa MCU ini mba. Aku baru denger sih tapii beberapa orang pernah ngomongin soal ini jg entah keknya aku yg lupa istilahnya

    BalasHapus
  4. Waktu masih kerja rutin MCU wajib setiap tahun.
    Sekarang kelamaan jadi makemak rumahan melupakan MCU ini, padahal ini penting banget untuk mendeteksi awal yg kurang beres di badan ya.
    Makasih sudah diingatkan lagi melalui tulisan ini mba.

    BalasHapus
  5. Pengen banget buat melakukan mcu nih, pastinya bisa diantisipasinya yaa karena kalau ada masalah kesehatan bisa terdeteksi lebh dini

    BalasHapus
  6. Dulu ikut rutin MCU pas masih kerja di kantor. Tapi emang penting juga untuk mendeteksi gejala2 tak diinginkan. Buat lebih aware ke diri sendiri juga.

    BalasHapus
  7. Jujur sih, aku enggak pernah rutin MCU. Kadang ke rumah sakit saja aku takut. Mau MCU malah stress sendiri dan berpikir neko neko kalau aku, padahal MCU kan penting banget.

    BalasHapus
  8. Pastinya ada rasa takut, takut ketahuan ada penyakit apa ya lepas MCU, tapi dengan cepat diketahui bisa cepat juga penanganannya.

    BalasHapus
  9. Penyakit karena stress memang banyak di erita juga oleh kita ini. Butuh MCU berarti ya kak. Aku sebenarnya belum pernah MCU hikss....

    BalasHapus
  10. Menurutku sih, yang belum melakukan medical check up itu bukan semata-mata karena nggak tahu pentingnya. Tapi bisa juga karena nggak ada dananya :(

    BalasHapus
  11. Iyah nih, harus rutin MCU untuk tahu kondisi kesehatan secara berkala. Agar penanganannya lebih tepat jika ada sesutu yang buruk. Karen, lebih baik mencegah daripada mengobati.

    BalasHapus
  12. iya, medical check up memang harus rutin dilakukan ya mbak
    biar kita jadi tahu bagaimana kondisi kesehatan kita setiap oeeiode tertentu

    BalasHapus
  13. Dari dulu udah pingin ikutan medical check up tapi ya itu, gak sempat waktunya. Ada ajaaa. Huhu.. Kudu disempatin emang ya

    BalasHapus
  14. Saya rajin MCU karena ada program dari kantor saya
    Kalau ikut MCU, malah dimarahin karena jadi ketahuan ya klo ada raportnya juga
    Padahal kan klo early pengjuaam sebagai orang tiga

    BalasHapus
  15. Ada yang bilang, semakin di cek, nanti semakin ketahuan sakitnya.
    Tapi justru medical check up ini bisa menjadi jalan untuk mendeteksi dini jika terjadi sesuatu yang janggal dan butuh pertolongan medis.

    BalasHapus
  16. Memang MCU ini sering jadi hal yang terlupa ya. Dulu aku pun begitu, malas untuk melakukan MCU. Tapi seiring bertambahnya usia jadi butuh melakukan MCU.
    Makasih info dan pengingatnya Mbak

    BalasHapus
  17. Sebelum pandemi udah siap-siap mau MCU buat tahu kondisi tubuh keseluruhan. Eh terus pandemi menyerang, belum berani ke rumah sakit nih. Memang penting ya MCU secara rutin buat memantau kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  18. Kebetulan banget saya sedang menari tambahan alasan mengapa harus melakukan MCU yang jujur saja bagi kami termasuk mahal biayanya. Tapi memang, kkata hati menyatakan harus MCU.

    BalasHapus
  19. Kadang pengen Medical Check Up tapi masih mikir mikir biayanya karena biaya sendiri. Kalau pak misua sih tiap tahun dibayarin kantor.

    BalasHapus