Perawatan Kain Batik Agar Tahan Lama


Kita tahu bahwa kain batik adalah salah satu kain paling berharga di Indonesia. Selain karena merupakan warisan budaya, kain batik yang dibuat dengan sistem tradisional seperti kain batik cap dan kain batik tulis memang memiliki harga yang cukup fantastis. Inilah yang membuat perawatan kain batik harus benar-benar diperhatikan.

Mengapa perawatan kain batik harus benar diperhatikan?

Selain karena merupakan warisan budaya dan memiliki harga yang cukup mahal, perawatan kain batik harus diperhatikan karena kain ini dibuat dengan teknik pembuatan batik yang unik. Teknik tersebut disebut dengan teknik wax resist. Karena menggunakan teknik inilah, perawatan kain batik harus dilakukan dengan serius untuk menjaga kain tersebut tetap dapat digunakan dalam waktu lama.

Baik itu kain batik dalam bentuk kain atau dalam bentuk pakaian, penggunaan teknik perawatan yang tetap akan dibutuhkan. Tujuannya agar kain batik tetap  dalam kondisi yang baik serta memiliki warna yang cerah seperti pada saat di beli. Lalu bagaimana cara merawat kain batik agar tetap dalam kondisi yang prima? Ini dia langkah-langkahnya

·         Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk mencuci

Saat Anda akan mencuci pakaian batik Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahannya. Bahan pencucian kain batik ini ada air dingin dan juga detergen. Saat akan memilih detergen, pilihlah detergen yang ringan atau detergen khusus untuk kain batik.

·         Lakukan pencucian 1 kali saja

Jika kain batik yang Anda miliki adalah kain batik yang sudah pernah digunakan maka Anda bisa mencucinya 1 kali saja. Akan tetapi jika kain batik tersebut baru dibeli dan baru akan di cuci sekali maka Anda bisa menggunakan 1 atau 2 bilasan tambahan untuk memastikan pewarna kain batik yang berlebihan dapat dibersihkan hingga tuntas.

·         Gunakan tangan atau menggunakan mesin?

Ketika Anda akan mencuci kain batik, terlebih batik tulis, akan lebih baik jika Anda mencucinya dengan menggunakan tangan. Akan tetapi jika Anda memiliki mesin cuci yang bisa melakukan pencucian dengan cara yang gentle, Anda juga bisa menggunakannya.

·         Hal yang dihindari saat mencuci kain batik

Saat Anda akan mencuci kain batik, 2 hal yang wajib diperhatikan adalah mengenai cara mencuci kain batik yang lembut dan juga mengenai penggunaan bahan pembersih. Seperti disebutkan sebelumnya, pastikan untuk menggunakan bahan pembersih atau detergen yang lembut guna memastikan kain batik tidak rusak. Hindari juga penggunaan bahan pencuci yang mengandung amonia Anda juga bleach yang keras.

Selain itu, hindari memeras kain batik Anda. Memeras kain batik bisa membuat kain batik cepat rusak. Jadi setelah dicuci dengan menggunakan tangan, Anda bisa mengibaskan kain batik kemudian menjemurnya.

·         Rekomendasi cara merawat kain batik

Selain mengikuti cara di atas, sesungguhnya ada cara lain yang bisa digunakan untuk merawat kain batik Anda adalah dengan menggunakan cara dry clean. Cara merawat kain batik dengan menggunakan teknik dry clean ini lebih memudahkan dan lebih aman untuk pakaian dan kain batik Anda. Hal ini disebabkan karena perawatan dengan cara ini dilakukan dengan cara kering menggunakan temperatur yang hangat sehingga sangat aman.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat kain batik Anda. Anda hanya perlu pilih mana yang lebih sesuai apakah Anda ingin lebih cepat dan ringkas atau ingin kain batik Anda benar-benar bersih dan aman. Semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan jadi pilih dengan bijak.

8 komentar

  1. Nah ini yang penting banget di acara-acara tertentu, tetapi seringnya kependem di lemari selama bertahun-tahun pas perlu udah agak rusak. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Baru tahu nih mencuci batik gak boleh sembarangan. Mesti forward ini ke ayah soalnya di rumah belio yang nyuci baju hehe.. supaya batiknya awet semua.

    BalasHapus
  3. Dengan memerhatikan cara merawat batik, maka baju batik yang dimiliki bisa lebih awet dan salah satu baju andalan karena bisa digunakan di berbagai suasana. Dari mulai acara formal hingga semi-formal.

    BalasHapus
  4. Kalau dicuci dengan baik seperti yg Mbak sampaikan di atas maka batik pun akan tahan sekali ya. Aku sendiri juga seperti itu Mbak, mencuci batik itu memang pake teknik yg baik biar lebih awet hehe. ~Ulfah Aulia

    BalasHapus
  5. Wah iya, kalau punya baju berbahan kain batik, emang harus memperhatikan cara merawatnya ya mbak
    Suamiku punya banyak baju batik, dan emang dia selalu mencuci dengan tangan, katanya biar awet
    Ternyata benar begitu ya

    BalasHapus
  6. kain batik ini memang harus diperhatikan dengan benar ya pencuciannya biar awet dan selalu bagus kainnya. jujur kalau aku kurang telaten dalam hal cuci mencuci ini jadinya beberapa kain batik sasiranganku warnanya kurang bagus lagi setelah beberapa kali cuci

    BalasHapus
  7. Wahhh aku banget nih, keknya karena perawatanku yang salah baju-bajuku jadi pudar semua nih batiknya.. huhu sedih banget, andaikan tau tips-tipsnya ini dari dlu, noted bngt deh..

    BalasHapus
  8. jadi sedih, aku tu orang yang telaten dan ruwet sama perawatan baju pergi. especially aku punya beberapa batik sutra (my mom said : wajib punya batik sutra!)

    Nah suatu ketika dengan pedenya aku memberikan baju kesayangan ( .... -__-") ke ART yang keliatannya cukup senior... bisa ditebak dengan mudah : kedua ketek baju sutraku itu terbakar setrikaan! Oke ..... inhale exhale

    tapi ya sudah abis itu pembelajaran MAHA PENTING buatku : ga usah percayakan baju kesayangan ke orang lain hehehehehhe

    BalasHapus