Cara Cek Gejala Asam Urat yang Akurat


Asam urat menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok masyarakat modern. Mengingat bukan hanya menyerangan orang berusia lanjut saja, saat ini orang dalam usia muda juga sudah banyak yang terindikasi penyakit ini. apalagi dalam 5 tahun terakhir, keluargaku cuup rentan dengan urusan kesehatan. Papa yang darah tinggi dan sempat stroke serta mama yang baru melewati badai diabetes membuaat mereka jadi khawatir dengan anak-anaknya. potesni diabetes, darah tinggi, hingga asam urat mulai menghantui.

Tapi, dengan akses kesehatan yang saat ini lebih terkini, tentu hal ini bisa dicegah, khususnya untuk asam urat. Jika Anda tidak ingin mengidapnya, kenali dan cek gejala asam urat sejak dini. Berikut ini beberapa langkahnya.

Bagaimana Cara Cek Gejala Asam Urat?
Masih banyak masyarakat yang terlalu mengabaikan penyakit asam urat. Karena mereka berpandangan jika penyakit satu ini hanya akan dialami orang-orang yang kelebihan berat badan dan sudah berusia lanjut. Namun cek gejala asam urat juga dibutuhkan untuk memastikan jika kadar asam urat yang ada didalam darah Anda memang dalam kondisi normal.

Setiap orang memang memiliki kadar asam urat yang berasal dari senyawa alami berupa zat purin dalam kandungan makanan dan minuman yang di konsumsi setiap hari. Jika kadarnya normal sangat aman bagi tubuh, namun jika kadarnya berlebihan tentu saja akan berakibat buruk bagi kesehatan.
Untuk melakukan cek asam urat bisa melalui pengambilan darah dan urine. 

Dimana acuan normalnya kandungan asam urat pada laki-laki 3,4-7,6 mg/dL, sedangkan wanita 2,4-6,0 mg/dL dan untuk anak-anak 2,0-5,5 mg/dL. Jika Anda dalam kisaran kandungan diatas, maka kadar asam urat dalam darah Anda bisa dikatakan normal. Jika melebihi maka harus waspada.
Selama ini kandungan asam urat yang masuk ke tubuh melalui darah akan masuk ke ginjal. Setelah mengalami penguraian maka limbah akan dikeluarkan melalui urine. 

Jika kelebihan, asam urat akan mengkristal dan mengendap di persendian. Inilah yang selama ini disebut dengan sakit asam urat.

Kapan Cek Asam Urat Harus Dilakukan

Untuk mengecek gejala asam urat maka Anda harus mengenali beberapa gejala yang mulai dirasakan oleh tubuh. Beberapa gejalanya antara lain:
•    Terdapat bercak darah didalam kandungan urine.
•    Nyeri saat buang air kecil.
•    Sering mengalami sakit punggung.
•    Nyeri di bagian selangkangan, perut dan pinggang.
•    Urine berbau dan berwarna keruh.
•    Jika sudah parah maka sering mual dan muntah.

Nah itulah beberapa langkah dan cara cek gejala asam urat yang bisa Anda lakukan. Kenali penyakit ini sejak dini agar tidak menggangu kesehatan Anda dikemudian hari.

18 komentar

  1. Wah mantep nih kalau bisa cek asam urat, kadang gak tahu bahkan saat makan sembarangan pasti malah tiba-tiba kambuh aja. Jadi perlu banget cek asam urat kayak gini, mantep emang apalagi mudah.

    BalasHapus
  2. Sekarang yang mengidap asam urat tidak hanya orang lanjut usia, tapi usia produktif juga. Itu penyebab utama apa ya?

    BalasHapus
  3. Nah ini keren, setiap orang bisa melakukan lewat gejala, yang menarik kita bisa cegah dan tak harus mengobati kata pepatah

    BalasHapus
  4. Ini salah satu gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai juga nih, asam urat. Jadinya harus ceki-ceki ya biar cepat diantisipasi

    BalasHapus
  5. Terimakasih artikelnya yang bermanfaat mbak. Suami saya sering banget asam uratnya kambuh. Kadang sampai mikir makan apa saja sebelumnya kok bisa sampe kaki bengkak dan sakit. Ternyata makan makanan yang mengandung purin bila serinh dikonsumsi akibatnya kadar asam urat tinggi. Harus waspada nih dan bener2 ngecek gelaja asam urat supaya tidak kambuh lagi.

    BalasHapus
  6. Saya juga dulu mengira asam urat hanya dialami orang tua saja. ternyata orang muda juga rentan. makanya harus terus menjaga kesehatan ya Mbak. Dan saya baru tau nih, cara cek asam urat. Makanya setelah baca ini, saya akan lebih memperhatikan lagi gejalanya dan terus menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  7. Harus waspada nih, karena ngga cuma orang tua aja. Mungkin gaya hidup juga pengaruh ya. Pokoknya harus hati-hati dan waspada sama gejala asam urat deh. Perbaiki pola hidup sehat juga.

    BalasHapus
  8. Sebenarnya asam urat itubsebabnya apa sih? Kalau gejala linu2 tanpa sebab gitu termasuk ciri asam urat nggak ya?

    BalasHapus
  9. Wah bisa yaakk alhamdulillah, mau juga cek asam urat kapan2 hehe, aku sering sih gejala pegel pas berdiri tapi entah deh asam urat apa bukan

    BalasHapus
  10. wah ini useful banget caranya ya kita jadi tahu kita mengalami asam urat atau tidak, apalagi saya ini sering banget makan seafood salahs atu penyumbang asam urat

    BalasHapus
  11. kalo aku biasanya cek asam urat pake alat buat tesnya sih, sekali cetek darahnya bisa buat cek asam urat, kolesterol sama gula darah, duh aku ngalamin sih usia segini udh berasa kadang kena asam urat kalo makan makanan tertentu

    BalasHapus
  12. Asam urat emang rada mengkhawatirkan. Biasanya kalau di rumah mama yang suka agak khawatir dengan asam urat. Makanya, rutin cek di apotik dekat rumah yang emang menyediakan cek asam urat gitu.

    BalasHapus
  13. Serem juga ya kalo sampe kena bercak darah gitu, yang saya tau kalo kena asam urat itu cuma nyeri sendi dan lutut sakit aja, harus antisipasi juga nih

    BalasHapus
  14. Pas baca ciri-cirinya asam urat di tulisan ini, jujur aku kaget lho. Aku kirain ciri utamanya itu nyeri di bagian tertentu seperti siku atau persendian lainnya. Ternyata bisa ada ciri-ciri lain ya...

    BalasHapus
  15. waaah.. kok ciri-cirinya ada semua dibadanku hehe... asam urat ini kalau dirasain emang 'nikmat' banget ya, huhu.. kudu mulai jaga gaya hidup nih

    BalasHapus
  16. Ibu mertua saya asam urat, tapi gejalanya belum terlalu parah seperti urinenya ada darah. Tapi setelahnya pola makan diperbaiki dan alhamdulillah udah lumayan sehat

    BalasHapus
  17. Mengenali dengan baik gejala asam urat bisa membantu langkah pencegahan yang efisien dan tepat. Gak ingin sakitnya semakin parah, maka penting mengenali gejalanya seperti yang disebutkan di atas.

    BalasHapus
  18. Baru tahu akutuh kalau gejala asam urat juga bisa sampai mual dan muntah. Kukira cuma linu-linu doang. Tapi mirip gejala asam lambung ya kak

    BalasHapus