Aplikasi Audiobook Storytel Cara Baru Mendengarkan Buku

Storytel

Kalau semasa kecil, pasti sering banget ditanya “hobinya apa?”, aku akan menjawab tanpa ragu, membaca buku. Jujur saja, hal yang membuat aku memiliki hobi memabca buku adalah kemudahan membelinya. Kalau beli mainan agak susah, mesti dibuktikan dengan nilai bagus saat ujian sekolah, tapi kalau beli buku lebih mudah hahaa.

Setiap pergi ke Pekanbaru, pasti keluargaku mampir ke toko buku, orang tuaku memperbolehkanku untuk membeli buku yang diinginkan (dengan kontrol orang tua juga sih). Sekali beli buku itu bisa 5 buku dan kalau diskonan bisa beli lebih banyak lagi. Alhamdullillah.

Tapi, kadangkala ada juga buku-buku yang aku pinjam di perpustakaan dan penyewaan buku dekat rumah. Selain itu juga pinjam-pinjaman buku dengan teman yang punya hobi sama. Begitulah perjalananku sebagai orang yang cukup suka membaca.

Seiring berkembangnya zaman, kegiatan membaca tidak lagi sekedar membuka buku. Bahkan banyak sekali inovasi yang hadir, seperti membaca buku secara digital bahkan yang terbaru adalah ada aplikasi audiobook. Iya, dimana selain dibaca, teman-teman bisa mendengarkan isi buku tersebut. Aplikasi tersbeut bernama Storytel, nah aku akan membagikan pengalaman menggunakan Storytel.

Aplikasi Audiobook Storytel Cara baru mendengarkan buku

Storytel
Storytel sendiri merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus dapat digunakan untuk mendengar audiobook. Platform ini setidaknya sudah beroperasi di lebih dari 20 negara dengan kantor pusatnya berada di Stockholm, Swedia. Tapi tenang saja, teman-teman di Indonesia sudah dapat menginstal serta menggunakan aplikasi storytel di smartphone masing-masing. Baik os android maupun ios semua bisa install storytel

Di aplikasi storytel ini, teman-teman bisa baca buku online serta mendengarkan buku fiksi serta non fiksi, tergantung dengan selera teman-teman. Kalau aku sih lebih banya membaca fiksi lebih tepatnya novel fiksi. Aku sampai terkagum-kagum karena storytel perlahan mulai melengkapi koleksinya, baik koleksi beberapa tahun yang lalu hingga yang baru-baru rilis.

Aku larut dengan kenangan saat melihat koleksinya, beberapa judul buku-buku yang mengisi masa remajaku seperti Harry Potter, bahkan sudah ada harry Potter Audiobook, kemudian Hunger Games (ini novel ama filmnya seru!),

Fitur Unggulan Aplikasi Storytel yang Patut Dicoba

Mendengarkan Audiobook dari penulis kesukaanku, Ika Natassa

Berdasarkan fakta ini, tentu banyak yang bertanya-tanya apa alasan orang-orang menyukainya. Salah satu faktornya yaitu hadirnya fitur unggulan, yaitu sebagai berikut:

1. Terdapat Mode Khusus Anak

Sebagai platform yang bisa diakses siapapun, Storytel berisi berbagai konten dengan rate rata-rata khusus 18+. Sebagai wujud kehati-hatian, developer memunculkan sebuah fitur khusus berupa mode anak. Di dalamnya terdapat rekomendasi cerita anak-anak seperti Dongen Negeri 1001 Malam, Si Pitung, Bambi: Kehidupan di dalam Hutan, dan Kumpulan Dongeng Jepang.

Seluruhnya dapat diakses dengan mudah sehingga meningkatkan ketertarikan anak dalam mengetahui isi di dalam buku. Aplikasi Storytel sangat disarankan digunakan jika kamu ingin buah hati berpengetahuan luas namun mereka masih malas atau memang belum bisa membaca. Kegiatan mendengarkan juga berdampak positif pada perkembangan motorik.

2. Fitur Listening Goal

Membaca buku bagi para pemula memang menjadi hal sangat berat, agar dapat mendorong keinginan para pengguna aplikasi, pada Storytel dilengkapi fitur listening goal. Berbekal fitur ini kamu bisa menargetkan menghabiskan buku selama 30, 90, 180, atau 360 hari. Pilihannya dapat ditentukan sesuai dengan tingkat kesanggupan dan ketebalan halaman.

Manfaat lain dengan hadirnya fitur listening goal adalah kamu bisa menentukan seberapa banyak buku yang akan dibaca sesuai target waktu. Oleh karenanya tidak disarankan terlalu banyak karena bisa membuat banyak judul buku malah tidak bisa didengarkan audionya secara menyeluruh sampai akhir sesuai tenggang waktu. Paling tidak, dicoba membuat terget mendengarkan 3-6 Audiobook Indonesia dan Audiobook mancanegara perbulannya.

3. Fitur Judul Buku

Melalui search dan kategori, kamu bisa mendapatkan judul buku yang diinginkan dengan mudah dan sangat praktis. Tinggal ketikkan judul dengan ejaan sesuai, kemudian nantinya sistem akan memunculkan beberapa rekomendasinya. Jika tidak hafal dengan judul lengkapnya, cukup ketikkan kata kuncinya saja.
Kamu bisa mencari judul-judul audiobook seperti Mariposa, yang pastinya mudah dicari. Selain di menu pencarian, kamu juga bisa menemukan banyak rekomendasi buku pada menu kategori. Pilih salah satu kategori yang ingin dibaca seperti romance, development, best seller, series populer (seperti Game of Thrones), horor. Bagi yang suka buku berbau pendidikan seperti Sapiens pun ada di Storytel. Klik judul sesuai keinginan, lalu lanjutkan mendengarkan audionya untuk mengetahui isi di dalamnya.

4. Fitur Rak Buku

Jika kamu ingin menyimpan buku yang didengarkan audionya, dapat memilih fitur rak buku. Pengguna bisa menemukan daftar buku yang telah tersimpan pada menu ini. Klik salah satunya, kemudian ikuti proses selanjutnya. Pastikan saat mengaksesnya menggunakan internet stabil agar tidak sampai terjeda.

Pilihan audiobook Indonesia
 
Sistem pengurutan buku yang terdapat di rak bisa dipilih berdasarkan abjad dari a-z, penulis a-z, atau berdasarkan waktu pengunduhan. Sistem ini didesain untuk memudahkan pengguna dalam menemukan buku yang diinginkan. Jika ingin menggantinya, silahkan merubahnya di bagian pengaturan. Pilih pengurutan paling memudahkan serta tidak sampai membuat bingung.

Ngabuburit Asyik Bersama Storytel

 Mendengarkan Audiobook di Stoytel sambil melihat koleksi lainnya

Nah, bagi yang ngabuburitnya sambil bersantai, bisa membaca buku sambil ngabuburit bareng storytel. Mengisi kegiatan ramadan dengan mendengarkan audiobook pilihan. Karena konsepnya mendengar, kita bisa sambil mengerjakan hal lain juga kan? Seperti sambil meringkas isi buku atau mempersiapkan perbukaan. Apalagi sebagaimana kita tahu, terdapat banyak buku islami, novel islami yang menginspirasi seperti  Negeri Lima Menara yang sungguh menginspirasi dan bikin kangen suasana pesantren. Serta kalau kamu suka Tere Liye, pastinya Novel Selamat Tinggal bisa jadi pilihan untuk didengarkan. 

Tapi ga menutup kemungkinan juga, bagi yang suka menikmati novel fiksi yang bernuansa santai seperti Dilan pun bisa kamu dengarkan di Storytel. Tapi yang bikin aku senang sampai memperpanjang berlangganan Storytel adalah ada Divortiare, Buku Best Seller Ika Natassa.

Yuk segera download storytel di smartphone kamu, karena Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android sudah hadir dan bisa segera digunakan. Apalagi dengan harga berlangganan Rp39.000 pastinya mendapatkan hiburan yang berkualitas.


36 komentar

  1. Belakangan ini aplikasi audiobook poppuler dan menjadi pilihan karena memudahkan banget buat yang suka baca cerita tapi tidak sempat, bisa dengerin dan lebih seru gitu. Apalagi bagus-bagus ceritanya, mantep.

    BalasHapus
  2. Asyik nih denger buku di storytel. Fiturnya juga banyak dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget buat yang doyan baca, ya. Yang ga suka baca pun bisa tertarik, nih

      Hapus
  3. Hobiku waktu kecil baca buku, sepedaan, nangkep capung dan ikan, manjat pohon... Hihi... ngayal jadi Lima Sekawan. Eh, Lima Sekawan mahb nggak nangkep capung yak. Btw, di Storytel ada Lima Sekawan nggak ya? Aku belum eksplor yang buku anak-anak.

    BalasHapus
  4. Adanya mode anak ini sangat membantu, ya. Anak-anak jadi terlindung dari bacaan 18+.

    BalasHapus
  5. Baca buku dengan Storytel itu, asiknya gak bakal bingung nyari udah sampai mana ya tadi nyimak bukunya hehe, karena ada fitur kerennya

    BalasHapus
  6. Storytel ini kayak perpustakaan pribadi deh. Mau baca novel kapan aja bisa. Dan ga bikin mata lelah

    BalasHapus
  7. Sebagai ibu rumah tangga yang jarang punya waktu untuk membaca buku, aplikasi Storytel ini sangat membantu
    Bisa tahu isi buku dgn mendengarkan ceritanya

    BalasHapus
  8. Pokoknya Storytel ini 1 untuk semua. Beragam buku tersedia, untuk anak-anak sampai orang dewasa. Pastinya banyak buku best seller. Apalagi sebentar lagi mau mudik. Pastinya Storytel membuat perjalanan jadi menyenangkan.

    BalasHapus
  9. Sejak pakai Storytel, aku jadi makin rajin sekarang dengerin buku. Apalagi paling seneng kalau sambil traveling, perjalanan biar ngga mabuk baca buku, pasang aja Storytel, brasa didongengin

    BalasHapus
  10. Rasanya tidak bisa berpindah ke lain hati semenjak kenal Storytel ini mbak. Tadinya mau ke toko buku kok mager apalagi lihat buku yang tebal banget, kapan habisnya? Nah kalau baca novel sambil didengarkan gini rasanya bahagianya. Saya pun merasa seolah menjadk salah satu peran dari tokoh di novel yang sedang saya baca.

    BalasHapus
  11. Sejak kenal Storytel saya juga ketagihan buat dengerin cerita bukunya. Gak perlu baca tapi bisa tau ceritanya

    BalasHapus
  12. Kalau ada mode anak, ini bisa ngebantu anak juga dapat banyak informasi menarik dan bermutu dengan mendengarkan buku pilihan ya

    BalasHapus
  13. banyaaak ya mba judul buku yang bisa kita nikmati. Aku jadi penasaran nih,, soalnya aku juga menikmati banget audiobook nih

    BalasHapus
  14. Paling asyik itu kalau mendengarkan aduiobook di kendaraan. Berasa me time maksimal aja gitu. Apalagi suami yang nyetir dan saya belum bisa karena masih punya anak kecil. Next time ya Paksu. Puk puk

    BalasHapus
  15. saya merasa storytel membuat hobi saya membaca buku fiksi kembali. Soalnya saya suka banget baca fiksi, tapi sejak jadi ibu, agak sulit memunculkan imajinasi dalam waktu singkat. untung ada storytel, lebih bisa meningkatkan daya imajinasi, soalnya dibacakan ceritanya

    BalasHapus
  16. Numpang promo yaa, yuk dengerin 2 novelku di storytel : a cup of tarapuccino dan the secret of room 403, trimakasih, hehe

    BalasHapus
  17. Ikutan happy ada Storytel jadi ngga memble bisa bacain anak buku heheh si ibu juga jadi bisa baca buku juga meski sambil masakk :))

    BalasHapus
  18. sangat tertarik untuk mencoba buku dengan bahasa asing. pengin ngasah listeningku yang sudah lama nggak terasah ini

    BalasHapus
  19. Jadi berasa kayak dengerin dongeng kayaknya, ya. Saya pengen cobain juga, deh. Sesekali mengubah dari membaca menjadi mendengarkan buku kayaknya asik juga

    BalasHapus
  20. Sekarang Storytel jadi aplikasi andalan. Pokoknya tiap ahri jadi makin rajin dengerin buku. Rutin sebelum tidur malam. Saya suka dengerin novel di storytel karena jadi makin mudah berimajinasi.

    BalasHapus
  21. asik ya, memang jadi inovasi baru nih menikmati sebuah cerita. Bisa ngisi waktu me time ya, sambil ngapain aja juga bisa sih sambil dengerin hehe

    BalasHapus
  22. aku juga pakai storytel. alternatif banget buat yang udah susah luangin waktu buat baca buku. bisa jadi temen tidur sambil didongengin.

    BalasHapus
  23. Tidak sekadar mendengarkan buku, tapi fitur-fiturnya itu lho yang bikin kita tambah semangat untuk menyelesaikan dengerin buku yang satu untuk bisa memulai mendengarkan judul buku yang lain. Saya lagi proses nih kelarin mendengarkan judul buku yang pertama.

    BalasHapus
  24. Keren ya idenya nih..aku jadi pengen instal juga aplikasi ini jadi bisa baca dengan mendengarkan hehe...

    BalasHapus
  25. Pas banget buat ku yang suka audiobook belakangan ini mba, bisa sambil beberes rumah atau masak hehe.

    BalasHapus
  26. Sukanya tuh di Storytel apa yang di mau kebanyakan bisa ditemukan, selengkap itu lho! Apalagi tampilannya yang user friendly.

    BalasHapus
  27. Suka dengerin buku-buku di Storytel banyak pilihan bukunya, buku best seller juga banyak di Storytel

    BalasHapus
  28. Storytel ini aplikasi yang sangat menarik. Saya juga sudah coba dan suka karena sekarang kalau mau menikmati buku bisa kapan saja dan dimana saja lewat aplikasi ini.

    BalasHapus
  29. Cakep banget, Mut..
    Ulasan storytel menambah semangat untuk terus berdekatan dengan buku. Semoga semakin terpacu bersemangat malahap buku-buku keren di aplikasi audiobook Storytel.

    BalasHapus
  30. Penasaran banget loh pengin dibacakan buku oleh Storytel yang Harry Potter. Ngebayangin suasananya gimanaaa gitu ya kalau dibacakan. Judul2 yang lain juga menarik nih, pengin juga yang Divortiare.

    BalasHapus
  31. kalo penyuka baca, tapi susah cari waktunya emang storytel adalah solusi ya mba, apalagi pemakaian awalnya gratis. mantap nih, bakalan langganan.

    BalasHapus
  32. keren ya mba, harganya juga terjangkau untk fasilitas yang sebagus ini. setahuku belum ada aplikasi yang koleksinya selengkap storytel ya

    BalasHapus
  33. Sekarang lagi banyak banget yang coba audiobook ya. Aku sendiri cuma beberapa kali coba di layanan podcast sebelah.

    Kalo Storytel belum coba. Kebetulan lagi pengen menikmati novel bagus nih. Pengen coba cari di Storytel deh hehe

    BalasHapus
  34. Makin lama makin banyak nih koleksi buku di storytel.. jadi nggak nyesel deh udah langganan storytel. Hehe

    BalasHapus
  35. Mendengarkan buku lewat Storytel buatku sangat mengasyikkan, karena suara para naratornya enak didengar.

    BalasHapus