Bagaimana Investasi Obligasi dengan Gaji 5 Juta?

Bagaimana Investasi Obligasi dengan Gaji 5 Juta?

Hal yang lebih penting untuk Anda lakukan adalah melakukan perencanaan keuangan serta memilih investasi yang tepat, contohnya investasi obligasi. Daripada semua energi dan pikiran Anda habis hanya untuk membanding-bandingkan atau julid melihat kehidupan orang yang lebih mapan. 

Lantas apa tips dan penyelesaian yang tepat sebagai cara untuk mengatur keuangan dengan gaji 5 juta perbulan? Simak dan ikuti caranya berikut ini.

Cara Atur Keuangan dengan Investasi Obligasi 

Investasi obligasi merupakan suatu bentuk investasi di mana investor memberikan pinjaman uang kepada penerbit obligasi, seperti perusahaan atau pemerintah. Investor nantinya akan menerima imbalan berupa bunga secara teratur dan pembayaran kembali pokok pinjaman pada tanggal jatuh tempo obligasi. 

Obligasi atau surat utang dianggap sebagai investasi yang relatif aman. Pasalnya memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan investasi saham. Investasi ini juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga memberikan fleksibilitas bagi investor untuk menjual obligasi sebelum tanggal jatuh tempo.

Dari pengertian obligasi di atas sudah jelas bahwa investasi surat utang ini bisa Anda manfaatkan sebagai pos dalam pengelolaan keuangan. Artinya bila memiliki gaji 5 juta perbulan maka Anda bisa menempatkan sejumlah dana untuk diinvestasikan pada obligasi ini. 

Mengatur keuangan dengan gaji 5 juta rupiah perbulan mungkin terdengar sulit bagi sebagian orang. Utamanya jika Anda tinggal di kota besar yang memiliki biaya hidup lebih tinggi. Namun, dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat, gaji 5 juta rupiah perbulan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.  

Bahkan Anda bisa menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatur keuangan dengan gaji 5 juta rupiah perbulan:

Buat anggaran bulanan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Buatlah daftar semua pengeluaran yang perlu Anda bayar setiap bulan. Seperti tagihan listrik, air, internet, sewa rumah, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman. 

Setelah itu, hitung jumlah total pengeluaran dan bandingkan dengan gaji Anda. Pastikan pengeluaran tidak melebihi dari jumlah gaji yang Anda terima.

Kurangi pengeluaran yang tidak penting 

Jika setelah membuat anggaran ternyata pengeluaran melebihi gaji Anda, mulailah memotong pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, jika Anda berlangganan streaming video, pertimbangkan untuk menghentikan langganan tersebut. Cobalah untuk beralih ke layanan yang lebih murah atau bahkan gratis. 

Gunakan kartu kredit dengan bijak 

Kartu kredit memang memudahkan Anda saat bertransaksi. Apabila Anda menggunakannya maka pastikan untuk membayar tagihan penuh setiap bulan agar tidak terjebak dalam bunga yang tinggi. 

Daripada membayar tagihan kartu kredit dengan bunga tinggi akan lebih baik jika Anda mengeluarkan uang untuk investasi obligasi.

Menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi 

Akan lebih baik jika Anda mulai menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan dan investasi. Untuk tabungan, Anda bisa menabung guna keperluan dana darurat, pensiun, atau tujuan jangka panjang lainnya. 

Adapun untuk investasi, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam reksadana, saham, atau investasi obligasi. 

Cari cara untuk meningkatkan penghasilan 

Mungkin Anda merasa gaji yang sekarang masih kurang. Oleh karena itu temukan cara untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya mencari pekerjaan sampingan atau bisnis kecil yang bisa Anda jalankan saat waktu luang. 

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambah keterampilan dan pengalaman. Agar dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi di masa depan dan bisa memulai investasi obligasi untuk jaminan hidup ketika tua.

Hindari utang yang tidak perlu 

Utang yang tidak perlu sebaiknya Anda hindari. Seperti utang konsumtif untuk membeli barang-barang mewah atau melakukan perjalanan yang tidak terlalu penting. Kecuali surat utang yang sesuai dengan pengertian obligasi di atas. Di mana surat utang atau obligasi tersebut bisa menjadi sumber penghasilan tambahan Anda. 

Jika Anda memang membutuhkan pinjaman, pastikan Anda memahami dengan jelas biaya bunga dan jangka waktu pembayaran yang ditetapkan. Pastikan juga bahwa Anda dapat membayar utang tersebut dengan tepat waktu.

Konsisten dengan rencana keuangan anda 

Yang terakhir, harus konsisten dengan rencana keuangan yang telah Anda buat. Perencanaan keuangan tidak akan berhasil jika hanya dilakukan dalam satu bulan saja. Selalu ingat tujuan keuangan jangka panjang Anda dan jalankan rencana keuangan dengan kukuh dan disiplin. 

Selain konsisten, Anda juga harus memprioritas mana yang benar-benar perlu serta mana yang bisa ditunda dulu. Misal, jika merasa investasi merupakan hal yang bisa menguntungkan di masa depan maka lebih baik Anda segera memulainya.

Paling tidak Anda harus mempelajari cara untuk investasi termasuk mengetahui apa sebenarnya pengertian obligasi. Sehingga saat memilih investasi tersebut Anda sudah punya gambaran seperti apa keuntungan yang nantinya akan Anda terima.

Kelola Gaji 5 juta dengan Investasi Obligasi 

Salah satu cara tepat untuk mengelola gaji yang bernilai Rp 5 juta adalah dengan berinvestasi obligasi. Seperti yang tertera di atas mengenai pengertian obligasi, investasi ini cocok untuk Anda pilih jika ingin memiliki pendapatan di hari tua. 

Apalagi melihat dari risikonya yang minim serta keuntungan yang didapat dari bunga yang teratur. Sudah pasti obligasi sangat ideal untuk Anda yang memiliki pendapatan 5 juta perbulan. 

Untuk bisa berinvestasi obligasi dengan mudah, Anda bisa memilih aplikasi terbaik yakni Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan, sebut saja:

  • Produk obligasi adalah surat utang yang bisa dibeli mulai harga Rp1 juta atau $1000
  • Instrumen surat utang tersedia lengkap pada pasar perdana dan sekunder
  • Anda bisa melakukan transaksi melalui satu aplikasi yaitu Aplikasi digibank by DBS

Dari pengertian obligasi dan keunggulannya,  bisa Anda pastikan kalau Aplikasi digibank by DBS bisa Anda andalkan. Pasalnya aplikasi ini telah terbukti bisa dipercaya dan terjamin keamanannya karena memiliki izin dari pemerintah dan juga lembaga keuangan yang memiliki otoritas. 

Jadi tak perlu merasa ragu lagi, segera sisihkan gaji 5 juta Anda pada investasi obligasi ini. Jika membutuhkan informasi lebih detail, silakan cek di sini. 



1 komentar

  1. Wah sekarang semakin mudah saja mewujudkan keinginan, dengan gaji 5 juta sudah bisa investasi obligasi menarik sih. Dengan begitu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan juga kedepannya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus