7 Tips Mendapatkan Bengkel Motor Terbaik dan Terpercaya


Sebagai salah satu aset bergerak sekaligus penunjang aktifitas sehari-hari, sepeda motor wajib selalu pengguna perhatikan kondisinya.Salah satu cara paling efektif untuk memastikan kondisi sepeda motor selalu prima adalah dengan melakukan perawatan ke bengkel. 

Tak sekedar perawatan, kebutuhan akan perbaikan juga sebaiknya pemilik motor lakukan di bengkel motor terbaik dan terpercaya. Sayangnya, tak sedikit pengendara yang justru mengeluh dicurangi saat melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel.

Ongkos yang terlalu mahal hingga sparepart yang tak sesuai harga maupun kebutuhan, seringkali menjadi celah bagi oknum pemilik bengkel yang tak jujur. Lantas apa saja yang bisa Kamu lakukan untuk menghindari hal semacam ini terjadi?

Apa Saja Tips Mendapatkan Bengkel Motor Terbaik dan Terpercaya

Tenang, tak semua bengkel motor berbuat curang pada pelanggannya. Dengan beberapa tips berikut, Kamu bisa lebih berpeluang mendapatkan bengkel motor terbaik yang bisa kamu percayai. Dengan sedikit usaha ekstra, Kamu tetap bisa menemukan tempat perawatan dan perbaikan motor yang bisa jadi bengkel langgananmu.  

Berikut ini 7 tips untuk memilih bengkel motor terbaik:

1. Lakukan Riset Harga dan Biaya 

Bagi kamu yang awam tentang motor, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu pada teman atau saudara tentang keluhan yang Kamu alami pada sepeda motor.

Tujuannya agar kamu bisa memiliki gambaran terkait perawatan atau perbaikan macam apa yang bakal kamu lakukan di bengkel. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari informasi seputar harga sparepart dan biaya yang harus kamu siapkan.

Manfaatkan pencarian marketplace atau e-commerce untuk mengetahui estimasi harga suku cadang maupun pilihan kualitasnya. Selain itu, Kamu juga bisa menanyakan biayanya ke teman atau keluarga yang mungkin pernah melakukan perbaikan di bengkel motor sekitar lokasimu.

Jika sudah ada gambaran, Kamu bisa lebih percaya diri saat akan memasukkan motor atau pindah mencari bengkel lainnya. 

2. Mekanik yang Profesional

Selanjutnya, berbekal informasi hasil riset tadi, Kamu juga jadi bisa menguji kejujuran dan profesionalisme mekanik di bengkel tesebut. Saat datang ke bengkel, coba kamu temui mekanik dan tanyakan tentang keluhan motormu tadi.

Pastikan bahwa karyawan bengkel tersebut memberikan jawaban yang relevan dan memuaskanmu. Mekanik profesional akan memberikan jawaban berdasar analisa dan pengalaman, kemudian memberikan opsi rekomendasi hingga estimasi biaya untukmu.

3. Ketersediaan Sparepart

Masih memanfaatkan hasil riset tadi, Kamu juga bisa membuat daftar suku cadang atau sparepart yang bakal kamu perlukan saat perawatan atau perbaikan di bengkel. Kamu pun bisa melanjutkan wawancara dengan karyawan bengkel tadi dengan menanyakan ketersediaan dan harga part-part yang kamu butuhkan.

Sebaiknya pilih bengkel yang memiliki stok sparepart yang lengkap sehingga kamu tak perlu repot mencari suku cadang ke bengkel lain atau ke e-commerce. Selain itu, suku cadang yang lengkap juga membuat mekanik jadi lebih cepat dalam melakukan penanganan pada kendaraanmu.

4. Perhatikan Kondisi Bengkel 

Sambil bertanya-jawab dengan mekanik atau karyawan, tak ada salahnya juga kamu memperhatikan kondisi lokasi bengkel tesebut.

Tak hanya terlihat rapi dan besih, umumnya bengkel yang berisi para profesional akan memiliki peralatan modern untuk membuat pekerjaannya jadi lebih efektif dan efisien.

Untuk poin ini, Kamu bisa lebih mempertimbangkan bengkel yang dilengkapi dengan peralatan modern untuk melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motor pelanggan. 

5. Jam Operasional Bengkel

Setiap bengkel motor pasti memiliki jam operasionalnya sendiri. Kamu bisa lebih mempertimbangkan bengkel yang memiliki jam buka yang lebih panjang, dari pagi hingga malam, misalnya.

Dengan demikian, kamu tak perlu repot mencari pinjaman motor untuk berangkat kerja, karena kamu bisa pergi ke bengkel di sore harinya. Selain itu, bengkel yang buka lebih lama juga bisa lebih kamu andalkan saat tiba-tiba motormu rewel di jam-jam pulang kantor. 

6. Tanyakan Garansi

Demi memberikan kepuasan kepada pelanggan, bengkel yang jujur dan terpercaya biasanya akan memberikan jaminan atak suku cadang dan layanan mereka. Silakan tanyakan kepada pihak bengkel tentang layanan garansi perbaikan maupun suku cadang yang bisa kamu dapatkan.

Misalnya saat tiba-tiba muncul keluhan lagi setelah belum lama perbaikan, atau sparepart yang rusak padahal belum seminggu ganti dan sebagainya. 

7. Terima Berbagai Metode Pembayaran

Budaya cashless kini juga mulai merambah ke bengkel otomotif, sehingga kamu yang enggan bawa tunai pun bisa langsung pergi ke bengkel kapan saja.

Ya, saat ini sudah semakin banyak bengkel modern yang mendukung opsi metode pembayaran non-tunai (debit dan e-wallet). Dengan begitu, kamu pun tak perlu bergantung pada ada tidaknya mesin ATM atau EDC saat hendak pegi ke bengkel.

Planet Ban, Rekomendasi Bengkel Motor Terbaik untuk Kamu Buktikan Sekarang

Memang kriteria di atas mungkin tak selalu bisa kamu temui pada bengkel-bengkel motor di luar sana. Tapi masih ada satu rekomendasi tempat yang bisa langsung kamu jadikan lokasi praktek tips-tips tersebut. Nah, di Planet Ban ini, kamu juga bisa mendapatkan layanan tambahan yang bisa Kamu manfaatkan sesuai kebutuhan.. 

Keunggulan dari bengkel ini meliputi:

  1. Pelayanan Ahli: Planet Ban mungkin memiliki teknisi yang ahli dalam perawatan ban dan roda motor. Mereka dapat memberikan saran dan layanan yang berkualitas tinggi kepada pelanggan mereka.
  2. Stok Ban yang Beragam: Bengkel ini mungkin menyediakan berbagai macam ban untuk berbagai jenis motor, baik itu ban standar maupun ban khusus untuk keperluan tertentu seperti balap atau off-road.
  3. Harga yang Bersaing: Dengan persaingan yang ketat, Planet Ban mungkin menawarkan harga yang kompetitif untuk layanan perbaikan dan penggantian ban.
  4. Pelayanan Cepat: Dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan, Planet Ban mungkin menawarkan layanan yang cepat dan efisien, seperti perbaikan ban yang cepat atau penggantian ban dengan waktu yang singkat.
  5. Pelayanan Tambahan: Selain layanan utama terkait dengan ban, Planet Ban mungkin juga menyediakan layanan tambahan seperti pengecekan keselamatan motor, pengecekan tekanan udara, atau layanan perawatan lainnya.
  6. Reputasi yang Baik: Planet Ban yang memiliki reputasi baik di antara komunitas pengendara motor lokal dapat menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang mencari layanan yang andal dan berkualitas.

Selain itu, masih ada voucher diskon hingga Rp150.000 yang bisa kamu manfaatkan untuk servis dan semua produk di Planet Ban.  

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan booking sekarang juga!


7 komentar

  1. Udah lama banget ga service motor, makasih ya untuk tipsnya

    BalasHapus
  2. Nunggu Planet Ban buka cabang lebih banyaak

    BalasHapus
  3. Mantap banget tipsnya. Otw ke planet ban

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya sangat bermanfaat dan cukup jelas

    BalasHapus
  5. sudah seharusnya bengkel memiliki pelayanan yang cepat dan produk yang lengkap yaaa

    BalasHapus
  6. Mau pocer nya dong kak. Lagi butuh juga ni mau service motor 😊

    BalasHapus
  7. Wiii bengkelnya cashless..mangtap nih

    BalasHapus