#NGOBROLINPEKANBARU EPS. 4 : Ini Dia 5 Komunitas Keren Di Pekanbaru


Sepanjang hidup saya,saya ini adalah orang yang ga suka diam. Dari kecil paling suka keramaian dan bergabung pada suatu perkumpulan. Mulai dari ikut pengajian,klub olahraga,ekstrakulikuler sampai hari ini saya ikut komunitas.


Tapi pada akhirnya,setelah kesana-kemari,pencarian komunitas yang cocok sesuai minat dan kemampuan sudah saya temui. Pada awalnya,saya bingung ingin ikut apa saat menginjakkan kaki kedua kalinya untuk menuntut ilmu Di Pekanbaru. Iya, kedua kalinya. Karena yang pertama itu saat saya masuk MTs,itu juga cuman di sebatas di asrama. Nah yang kedua kalinya saya mau maksimalkan banget untuk ikut ikut komunitas,tapi di luar lingkungan kampus.


Kenapa begitu? Karena semasa SMA,saya sudah sibuk banget ikut ROHIS dan OSIS. Jadi udah mager lagi kalau ikut yang di lingkungan kampus (Btw,di penghujung semester ini ada sedikit penyesalan sih,saya ga terlalu terkenal jadinya,LOL). 


Daripada saya menyesal terus ,baik kita obati sedikit penyesalan ini dengan tulisan #ngobrolinpekanbaru episode 4,mengenai komunitas-komunitas Di Pekanbaru. 




Ternyata sudah 4 tahun saya hidup Di Pekanbaru,tak mungkin saya hidup hanya kupu-kupu(kuliah pulang) saja. Karena saya sih pasti menjadi kupu-kupu terbang kesana-kemari. Hahaha. Yuk saya beritahu ada komunitas apa yang asyik Di Pekanbaru.


1. Kaskus Regional Riau Raya (Kaskus R3)



Sebagai forum online terbesar Se-Indonesia, Kaskus sudah lama juga mulai merambat ke komunitas offline melalui kopdar penggunanya. Kopdar Kaskus yang paling gampang ditemui ialah kopdarnya Sub forum Regional. Karena dari Sabang sampai Merauke bahkan luar negeri,SubFor Regional ini insyaallah berjalan baik dan aktif di regionalnya masing-masing.


Untuk Kaskus R3 sendiri,saya sudah bergabung sejak tahun 2010,di R3lah saya banyak terbantu untuk mengejar ISO 2000 hahaha. Kemudian saya akhirnya aktif banget sejak tahun 2012 dan diangkat jadi aktivis regional di tahun 2013.


Kegiatan R3 ini buanyak banget. Mulai dari donor darah,bakti sosial,olahraga,mendukung kegiatan Kaskus pusat sampai hura-hura pun ada.


Menemukan jodoh saya yang kandas pun di Kaskus juga


2. Blogger Bertuah


Sebagai bloher nan hitz (katanya) Di Pekanbaru. Bergabung di komunitas blogger adalah mutlak adanya. Karena hidup menulis blog ini tak lepas dari bantuan dan inspirasi dari orang lain,maka kepada Blogger Bertuahlah saya ucapkan terimakasih.


Saya memang tak terlalu sering bergabung di kopdar rutin Bertuah ini(basecampnya jauh cyin),tapi kalau ada event yang meminta blogger dari Pekanbaru berpartisipasi via Bertuah,maka insyaallah saya ada terus.


Saya boleh hitz,tapi pengurus-pengurus Bertuah lebih hitz dan dalaaam banget ilmu blognya,saya masih belajar banyak dari mereka. So bagi brand,ahensi yang butuh Blogger dari Pekanbaru,hubungi Bertuah ini. Mereka punya database blogger dari berbagai niche tentunya.


3. Akademi Berbagi Pekanbaru


Saya mengetahui komunitas ini di tahun 2013,saya lupa pertama kali mengikuti Akberpku ini pada kelas yang mana. Di Akber juga saya ketemu Kak Lia dan akhirnya memutskan menjadi relawan Akberpku ini. 


Jadi, Akber adalah suatu komunitas berbagi ilmu. Pada setiap pertemuannya(yang disebut kelas)mengundang seorang guru yang ahli dibidangnya,kemudian dibuatkan kelas oleh para relawannya dan dihadiri oleh peserta dari kalangan mana saja. Kelas ini bersifat free,peserta silahkan datang dengan registrasi diri terlebih dahulu.


Oh ya,Akber sudah tersebar di berbagai kota. Silahkan cari apa di kota kalian sudah ada Akber apa belum. Kalau belum,mungkin kalian bisa tanya Akademi Berbagi Pusat,untuk mengetahiu cara mendirikan Akber di kota kalian.

Info,Ada kelas Akber lho dalam minggu ini,berikut informasinya




4. Gadgetgrapher Riau
Waktu WWIM13 Pekanbaru


Seperti yang sudah sering teman-teman lihat,saya adalah pengguna ponsel tingkat parah. Karena ponsel yang saya miliki digunakan secara total,termasuk pada fitur kameranya.


Saat saya motret makanan,liputan(saat masih kerja dulu),kopdar,iseng dan apapun,saya ya motretnya pakai hp.


Untuk menambah ilmu dan pengalaman saya dalam memotret menggunakan ponsel,saya pun bergabung dengan Gadgetgrapher Riau. Banyak sebenarnya komunitas fotografi dengan ponsel ini,tapi yang hadir di Pekanbaru dan masih stabil hari ini adalah gadgetgrapher Riau.


5. Kongkownulis


Saya sebenarnya ragu apakah ngeblog adalah hobi yang pantas untuk ikut komunitas ini. Saya cuma bisa nulis non fiksi yang kadang ngalor-ngidul ,sepert yang teman-teman lihat di blog ini. Tadinya saya hanya membantu kawan saya ,Melati Octavia untuk mejadi anggota di komunitas yang ia dan partnernya( Bang Hairil Habibi) dirikan. Sejauh ini saya adalah tim horenya kongkownulis,ga ikut dalam kepengurusan. Tapi akhirnya saya cocok kok dengan komunitas ini,banyak belajar juga mengenai menulis dan membaca. 


Oh ya,minggu depan adalah anniversary kedua Kongkow Nulis. Di rayakan dalam suatu kegiatan yang bernama “Panggung Fiksi,Selebrasi Hati” cek flyer di bawah ini yak.




Nah itulah sekelumit komunitas yang saya ikuti dan lumayan aktif disana. Ya manatahu saya menghilang,ga ada kabar,jangan lapor polisi dulu. Bisa dicari di 5 komunitas tersebut. Kali aja saya lagi get lost bareng mereka. Hahaha.

Ada komunitas lain Di Pekanbaru yang patut direkomendasikan? Share disini ya teman-teman.

Comments

  1. (((Jodoh yang kandas))) xD
    Semoga segera ketemu jodoh sejatu ya Mut:*

    Fix kamu ini memang anak muda yang love, peace and gaooool.

    ReplyDelete
  2. Kalo mau gabung gmna cara nya . Akber kayak nya oke bnget

    ReplyDelete

Post a Comment