Post Top Ad

Pergi Berlibur ke Batam, Jangan Lewatkan Wisata Kuliner yang Ini !

Batam, kota terbesar di Provinsi Kepulaun Riau ini sedang gencar menawarkan industri pariwisatanya loh. Ya, meskipun tidak banyak pilihan transportasi untuk menuju ke sana, namun sekarang sudah banyak loh maskapai yang menawarkan penerbangan menuju ke Batam, Jadi tidak perlu transit ke kota lain dulu, ambil contoh saja tiket pesawat Jakarta – Batam.
Nah, bagi kalian yang kebetulan ingin berlibur ke Batam, terutama buat warga jakarta, beli aja tiket pesawat Jakarta – Batam. Bisa beli langsung ke maskapai, atau biar ga ribet dan bisa dapat tiket promo, belinya di Traveloka ya!

Selain destinasi wisatanya yang tak kalah dengan di luar negeri, siapa sangka Batam juga menyimpan beraneka macam kuliner yang patut kalian coba. Tak ada ruginya deh untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner khas Batam, berikut ulasannya.
Mie Tarempa
Mie Tarempa ini sekilas memang mirip dengan kwetiau, namun jika kwetiau berwarna sedikit pucat, Mie Tarempa ini berwarna kuning dan bentuknya tidak selebar dengan kwetiau. Meskipun Mie Tarempa ini tidak asli Batam, melainkan berasal dari daerah Tarempa, Kabupaten Anambas, namun Mie Tarempa yang bisa kalian santap di Batam tidak jauh beda kok dari tempat asalnya. Mie yang diolah dari tepung dan telur ini dapat disajikan dengan kuah, lembab, maupun kering. Penyajian Mie Tarempa biasanya dicampur dengan udang atau ayam dan mempunyai cita rasa pedas.
Gonggong


Terkenal akan destinasi wisata lautnya, kurang lengkap jika kalian tidak mencoba masakan dari olahan laut. Jika berminat, Gonggong adalah salah satu makanan khas Batam yang wajib kalian coba. Gonggong adalah siput laut bercangkang keras yang memiliki bentuk panjang dan berwarna putih dengan motif garis cokelat dan abu.
Hidangan ini bercita rasa unik, bertekstur lembut dan kenyal. Untuk menambah kenikmatan saat bersantap, Gonggong biasanya disajikan bersama sambal. Yang lebih uniknya lagi, Gonggong disajikan lenkap bersama cangkangnya. Ya, sedikit usaha lebih memang untuk menikmati. Tapi gak bakalan rugi deh.
Mie Lendir
Selain Mie Tarempa, Batam juga punya makanan khas lainnya yang berkaitan dengan mie, yakni Mie Lendir. Nah, jika Mie Tarempa berasal dari Kabupaten Anambas, mie yang satu ini asli dari Batam loh. Penyajian Mie Lendir ini yakni mie yang direbus bersama tauge, dan ditambah dengan sebutir telur yang sudah dibelah menjadi dua, lalu disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kental itulah yang menjadikan makanan ini bernama Mie Lendir. Untuk menikmati Mie yang satu ini, kalian tak usah bingung,  banyak kedai atau warung di Batam yang menyajikan menu khas ini.
Sop Ikan Yong Kee
sumber:indonesiakaya.com
Satu lagi makanan khas Batam dari olahan hasil laut, yakni Sop Ikan. Seperti halnya Mie Lendir, tak sulit bagi kalian untuk menemukan warung yang menyajikan Sop Ikan. Namun ada satu tempat yang terkenal akan kelezatan olahan sop ikannya. Rumah Makan Yong Kee namanya.
Kelezatan Sop Ikan Yong Kee ini terletak pada kesegaran kaldu ikannya. Sop ikan di tempat ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Lalu ada udang, mie, sawi, cumi, daun selada, tomat, dan juga bawang goreng sebagai pelengkapnya. Keistimewaannya juga terletak pada porisnya yang lumayan banyak, jadi satu porsi sop ikan bisa kalian santap berdua. menarik kan.


Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Tak usah berpikir panjang lagi deh, segera cari tiket pesawat Jakarta – Batam untuk menikmati surga kuliner hidangan laut. Wisata ke batam banyak bonusnya loh, bisa belanja barang-barang import dengan harga lebih murah. Selamat berlibur dan memanjakan perut.

9 comments:

  1. Gonggong kayak siput ya. Banyak lendirnya jg gak?

    ReplyDelete
  2. Mupeng, selain pengen aku penasaran seperti apa rasanya. Semoga bisa ke Batam dan mencoba kulinernya..

    ReplyDelete
  3. Mie Lendir, pertama kali baca, terbayang Mie Ongklok khas Dieng yang nampak kuahnya macam lendir. Eh ternyata dari kuah kacang ya. Aku nggak jadi bergidiknya, malah jadi pengen tau rasanya bagaimana.

    Aku malah penasaran juga, di Batam ada wisata kota apa aja.

    ReplyDelete
  4. Namanya kok mie lendir? Harganya berapa za satu porsi? Jadi penasaran

    ReplyDelete
  5. Kalu saya pengen coba sop ikan yong kee nya. enak banget kayaknya

    ReplyDelete
  6. belum pernah ke Batam, kok bikin pengen ya makanannya terlihat enak enak semua..

    ReplyDelete
  7. I definitely will go there and eat everything you wrote here! Hahaha. Dari dulu pengin ke Batam belum kesampean.

    BTW, I just followed your blog :)

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram