Kisah dibalik undangan blogger



Kisah undangan perdana sebagai blogger

*Ting*

Suatu hari,di pertengahan 2014 ketika saya sedang scroll-scroll home twitter,tiba-tiba di Direct Message twitter saya memunculkan pemberitahuan. Ada sebuah pesan dari toko kue enak Di Pekanbaru yang meminta saya datang ke toko untuk mencicipi menu baru. Jujur saya kaget.

Memang,beberapa waktu lalu saya pernah posting review mengenai toko kue ini di blog saya. Karena emang suka dan pengen menambah jumlah tulisan di blog makanya saya menuliskan tentang toko kue ini.

Sebenarnya saya bingung saat menerima undangan itu,emangnya kalau dapat undangan seperti ini kita harus ngapain ya? Kira-kira apa yang terjadi ya? daripada banyak bingungnya,saya langsung menerima undangan tersebut dan datang pada waktu yang telah ditentukan. (Mengenai apa yang terjadi ,saya pasrah saja)

Disana saya dipersilahkan duduk sembari ngobrol bareng marketingnya. Tak lama kemudian,sepiring menu yang katanya menu terbaru,yakni macaron  tersaji di depan saya. Kemudian saya langsung disuruh mencicipi semuanya sampai habis.


Sembari mencicipi,saya diminta berkomentar bagaimana rasa menu terbaru itu. Beberapa komentar saya lontarkan. Namanya minta pendapat,jadi saya utarakan saja apa yang saya rasakan. Beberapa rasa saya suka dan ada yang lainnya perlu diperbaiki.

Sempat saya bertanya,kenapa saya diundang mencicipi menu ini,padahal saya bukan wartawan atau orang yang terkenal. Dia bilang gini " iya mba,kami melihat akun sosmed mba rajin update,kemudian juga suka nulis di blognya kan? apalagi pernah nulis mengenai toko kue kami sebelumnya. Jadi sebagai ucapan terimakasih kami mengundang mba untuk mencicipi menu terbaru kami" (kira-kira seperti itu jawabannya)

Setelah sesi mencicipi menu berakhir,sang marketing berpesan pada saya untuk membantu menyebarkan informasi mengenai menu terbaru mereka. "Kalau bisa,di semua akun sosial medianya ya mbak..". Akhirnya saya menyebarkan informasi ini di semua kanal sosial media saya.

Undangan blogger yang berkelanjutan

Selang beberapa waktu kemudian,Alhamdulillah satu persatu ada saja kisah-kisah yang bertambah mengenai undangan ini. Ada yang mengundang untuk mencicipi makanan,memberikan produknya untuk saya coba atau menghadiri acara peluncuran produk.
Undangan ada yang datang sendiri ke saya atau saya harus mengisi data dulu dari Kumpulan Emak Blogger,Blogger Bertuah dan komunitas lainnya.

Contohnya :
Belajar membuat sushi bersama Sushi Tei
VOLKS KOFFIE, COWORKING SPACE PERTAMA DI PEKANBARU
Hore,Starbucks Coffee hadir Di Pekanbaru


Undangan blogger ternyata memberi warna tersendiri bagi si pengundang maupun yang di undang.
Sejauh yang saya alami,ketika di lokasi biasanya ada arahan untuk livetweet mengenai acara hari itu. Lalu  standarnya sepulang dari sana diberikan goodie bag yang berisikan notes,pena,mug,tumblr. Kalau menang doorprize ,rezekinya malah ada yang bawa handphone,voucher belanja bahkan sejumlah uang. Kadang ada juga PR yang diberikan nih,menuliskan report event di blog-masing-masing. hitung-hitung saling kerjasama kan :)

Saat ini  Di Pekanbaru memang undangannya belum seramai di kota-kota besar seperti Medan bahkan Jakarta. Tapi saya percaya beberapa bulan kedepan Pekanbaru akan menjadi salaah satu kota yang bloggernya siap menjadi rekan untuk menghadiri undangan blogger :)


Jangan lupa undang saya dan kawan-kawan yang ada Di Pekanbaru ya?
Kami siap mengguncangkan dunia ,hehehe....
Ini perjalanan pertama saya dengan Blogger,tapi saya sebagai wartawan 😄
Hai,Terimakasih ya :)

Terakhir,saya mengucapkan terimakasih buat berbagai pihak yang pernah mengajak saya bekerjasama . Tanpa kerjasama kalian,blog saya ini hanya sekedar curcolan anak alay saja.
Oh ya,saya sangat senang bisa membantu kalian melalui tulisan saya(yang masih terus harus diperbaiki ini),semoga kedepannya kita tetap menjalin hubungan yang baik ya.
--------
Saat tulisan ini tayang, saya sedang bersiap-siap untuk mengikuti Trip Wegi (Wisata Eco Green Industry) V bersama Semen Padang Di Sumbar.  Ini undangan pertama saya sebagai blogger untuk acara bukan di Pekanbaru.  Trip ini berlangsung dari tanggal 18-20 Maret 2016. Ikuti rangkaian seru trip ini yang akan kami tweet dengan hashtag #wegreenindustry :)

36 komentar

  1. ya suka ada live tweet
    asyik ya undangan berkelanjutan
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Aku belom pernah dapat undangan mak 😵 sedih ya

    BalasHapus
  3. undangan terjauh sebagai blogger yang pernah aku dapat itu ke Berastagi. masih Sumatera Utara sih. semoga ke depan dapat undangan wisata gratis ke luar kota, apalagi ke luar negeri *ngarep* hehehee..

    @Penovediah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah tu ke brastagi..pemandian air panas hehehe

      iyaa semoga aja..ngarep yang mari di aminkan

      Hapus
  4. Keren... gara gara lo eview jd dapat undangan... ;)

    @witri_nduz

    BalasHapus
  5. Wiih, salut bisa sampai dapat undangan khusus, keren. Yang warna-warni itu menggoda sekali ya hehe... :) semangat
    @ge1212y

    BalasHapus
  6. wahh keren banget mbaknya ^_^
    saya nanti mau coba ah caranya hihiii

    BalasHapus
  7. Senangnya undangan mencicipi makanan
    Kalau saya seringnya kopi ^_^

    BalasHapus
  8. Asyik ya mut bisa ngabisin macaron gratis hehe.

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulliaah..jadi tau giana macroon yang lumayan kecil tapi mahalihihih

      Hapus
  9. waahh..mba beruntung banget. pingiiin deh bisa di endorse gitu
    hehehehe

    @siethi_nurjanah

    BalasHapus
  10. Asik ya, habis review suatu produk dan dapat tanggapan positif dari marketingnya.. itu sesuatu. ��

    BalasHapus
  11. Wah, asyik ya. Dapat macam-macam wawasan gitu. :D

    @epatyci16

    BalasHapus
  12. Senengnya dapat undangan ke Padang, jadi mupeng juga hiks hiks
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
  13. Wah, semakin ingin segera diundang. Seru banget kayaknya ya

    BalasHapus
  14. Kalau saya belum pernah dapat undangan secara DM,
    Via komunitas atau grup. So far, bnyk serunya menghadiri undangan event dan ada slot utk blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah.. klo liat blogger di jawa mupeng.. sehari bisa 3 heheh

      Hapus
  15. Mendapat undangan
    Mencicipi rasa makanan
    Ibarat keluar Dari hayalan
    Menemukan kenyataan kenikmatandari Tuhan...

    Salam Puisi Cinta!

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga mbaaa

      apalagi klo makanannya aneh-aneh dan unik woow

      Hapus
  16. bisa nambah wawasan, nambah temen, nambah keuangan, dan tentunya makan gratis.. hehe

    salam kenal

    BalasHapus
  17. Pernah sih dapet undangan gathering blogger, waktu diadakan di Garut Jawa Barat. Jauh2 hari sy persiapan utk acara pertemuan sesama blogger pertama kali buat saya. Senang sekali rasanya wktu itu. Tapi, tidak terwujud karena di saat bersamaan hari H, ada pekerjaan yg tdk bisa ditunda. Yang tadinya senang, seketika menjadi kecewa. Apalah daya, manusia hanya mampu berencana. Tetap ada Sang Maha Rencana dibalik semuanya. Salam kenal dari http://www.Anwariz.Com Sukses selalu blognya mbak..

    BalasHapus