Berkunjung Ke Muzium Negara Malaysia

Silih berganti suara instruksi pemberhentian MRT terdengar, sepanjang perjalanan yang cukup random ini. Ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan MRT di Malaysia, rute saya adalah Stasiun MRT Mutiara Damansara menuju Pasar Seni. Sebenarnya, saya hanya ingin cepat sampai kembali ke penginapan Space Hotel Malaysia dikarenakan sudah lelah berjalan. Apalagi tiba-tiba saya menstruasi dan itu mengubah mood ingin cepat mandi dan berganti pakaian. Sembari mempelajari rute perjalanan, saya cukup antusias melihat perkembangan google maps yang begitu canggih, sangat menyesuaikan rute dan kendaraan yang dipilih.

Saya melihat satu stasiun pemberhentian yang cukup menarik selama perjalanan tersebut. Stasiun "Muzium Negara", begitu yang tertera di google maps. Muzium? ditengah rute ini ada tempat menarik yang bisa dikunjungi? wah, cepat-cepat saya merapikan kembali tas dan memutuskan untuk berhenti di Stasiun Muzium Negara, saya berharap Muzium tersebut tidak jauh dari stasiun dan saya bisa berkunjung kesana.

Berkunjung Ke Muzium Negara Malaysia
Ternyata keputusan saya untuk random berhenti dan berkunjung ke Muzium Negara merupakan keputusan yang tepat. Ternyata muziumnya sendiri berada tepat diatas stasiun, pantas saja stasiunnya dinamakan seperti itu, hahaha.

Alih-alih mengejar waktu, saya malah terkagum dengan suasana Stasiun Muzium Negara, bersih dan minimalis. Dengan menenteng kamera Sony, saya tak lupa memotret apapun yang bisa saya potret sepnnjang perjalanan.
Setibanya di Muzium Negara, saya langsung mencari pusat informasi untuk mengetahui apakah masuk ke muzium ini berbayar atau gratis. oh ternyata ada tiketnya dan berbayar, cukup murah juga kok. Wisatawan dalam negeri 2 RM (dewasa),1 RM anak-anak serta untuk wisatawan mancanegara 5RM (dewasa) dan 2RM (anak-anak)


Menelusuri Muzium Negara Malaysia

Di dalam museum 3  lantai ini terdapat 4 galeri yang bisa dikunjungi, dibagi dalam 4 fase zaman mulai dari zaman pra-sejarah, sejarah, zaman penjajahan serta zaman sekarang. Untuk koleksinya, terdapat barang asli, miniatur, replika yang ditampilkan dalam kotak kaca dan display biasa. Menariknya lagi, beberapa barang ditampilkan dibawah kaki pengunjung, dilapisan dengan kaca tebal. sehingga teman-teman dapat merasakan pengalaman yang unik dalam mempelajari koleksi muzium.

Sejauh ini saya cukup nyaman berkunjung ke muzium ini, akan tetapi pencahayaannya remang-remang, Jadi butuh effort luar biasa untuk set kamera dan mendapatkan foto yang baik hahaha.
Untuk teman-teman yang memiliki minat sejarah, Muzium Negara ini cukup oke untuk dikunjungi. dekat dengan stasiun serta tiket masuknya cukup terjangkau

Hal-hal Menarik dari Muzium Negara Malaysia

Kala berkunjung ke Muzium ini tentu saja ada beberapa hal menarik yang saya temukan di Muzium ini, berikut yang bisa saya informasikan kepada teman-teman:
  1. Terletak diatas stasiun MRT
  2. Lokasinya betul-betul tidak perlu menyebrang jalan apapun apabila teman-teman datang menggunakan MRT, cukup ikuti petunjuk arah menuju keluar stasiun, maka langsung ketemu muziumnya
  3.  Tiket yang cukup terjangkau
  4.  Diorama yang detail dan bercerita
So, begitulah pengalaman saya dalam berkunjung ke Muzium Negara Malaysia yang tidak direncanakan ini.



25 comments

  1. Seru ya kak, jelong2 sendirian. Ambil moment jadi makin berasa hehe
    kapan2 ajak aku ke Muzium Negara Malaysia ya :)

    ReplyDelete
  2. beuuh Mut baca ini jadi kangen jalan- jalan ke kota ini, dan tetangga sebelahnya, dekat tapi sudah berasa jalan- jalan keluar nagari buat refresh pikiran, abis corona jalan- jalan lagi kita kesini ya, klo skrg masuk aja blm tiket bayar 20 juta seorang, paniang wkwkwkkw

    ReplyDelete
  3. Aduh Auto jalan-jalan online nih, Semoga covid cepat out nabung ketempat-tempat penuh historycal gini

    ReplyDelete
  4. Jadi kangen jalan2 ke Malaysia lagi. Pokoknya abis pandemi mau jalan2 lagi

    ReplyDelete
  5. Dekat rumah lama ini muzium..wkwkwk, jadi ingat pas lagi liat exhibition soal jembalang (hantu) disana, keluar2 teman smp nyaris ngompol wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wah udh rindu melanglang buana nih udh turun cerita jalan2. Smg pandemi segera kelar, spy bisa jalan2 lg

    ReplyDelete
  7. sangat menarik sekali ya sob muzium negara malaysia ni kami belum pernah kesini lagi. doakan kami murah rejeki biar bisa berkunjung ke negara tetangga ni ya sob

    ReplyDelete
  8. Asyik ya bisa jalan-jalan ke negeri tetangga. Berasa ikut jalan-jalan secara virtual nih.

    ReplyDelete
  9. Musium itu mengenalkan kita pada masa lalu yang nggak sempat kita lalui. Apalagi ini musiumnya menarik. Barang koleksinya ada yang berada di bawah kaki kita.

    Uh, jadi pingin berkunjung juga.

    ReplyDelete
  10. Seru jalan2 ke musiumnya ya. Cukup unik, ada koleksi barang yg ditempatkan di bawah kaki pengunjung, di lapisan dengan kaca tebal. Sensasinya luar biasa tentunua

    ReplyDelete
  11. Wah asik banget nih Mut, aku pengen banget ke Malaysia pengen tau seperti apa disana. Dan pastinya pengen berfoto di menara Petronas

    ReplyDelete
  12. Paling suka jalan-jalan ke museum sih. Pasti tempatnya bersih dan banyak belajar kalo ke Museum, bisa lama deh, dibacain satu-satu infonya. Seru nih kalo pandemi dah lewat...

    ReplyDelete
  13. Pengen deh ngajak anak saya ke sini, biar tau sejarah tentang malaysia... Dia tuh penggemar upin ipin tapi suka kesel kalau ada budaya indonesianya hehehe... Makanya mending belajar langsung ke museumnya ya...

    ReplyDelete
  14. Lokasinya strategis banget ya, ibarat kata beli dapat 2, semoga ada waktu bisa ke sana juga

    ReplyDelete
  15. Asik banget stasiunnya langsung nempel sama Muzium Negara Malaysia, ditambah harga tiketnya yang murah meriah ya Kak.

    ReplyDelete
  16. Jalan-jalan ketempat muzium pasti lihat benda peninggalan sejarah, asik bangat ya krn sambil jalan-jalan bisa belajar juga. Semoga juga saya dapat berkunjung kesana dan tdk hanya mengetahui muzium di Indonesia saja.

    ReplyDelete
  17. berasa jalan jalan virtual ke muzium negara malaysia ... tinggal dilengkapi dengan video aja nih. sehabis pandemi langsung OTW ke sono hehehe

    ReplyDelete
  18. Sejak pindah domisili, aku belum pernah lagi berkunjung ke museum. Dulu sering banget ajak anak-anak berkeliling menjelajah museum.

    Btw Muzeum di Malaysia tampak menarik ya kak.

    ReplyDelete
  19. Auto kangen jalan-jalan dong. Ngomong-ngomong, kapan itu kami ke Malaysia tak terpikir untuk ke muzium, duh harusnya mampir ya biar tahu sejarah juga. Next deh kalau bisa jalan-jalan lagi

    ReplyDelete
  20. Lokasinya benar-benar strategis ya Mbak. Pas di atasnya MRT jadi nggak perlu jauh-jauh lagi kalau mau mengunjungi muzeum negara ini. Apalagi harga masuknya juga terjangkau. Pastinya seru ya bisa jalan2 ke sana

    ReplyDelete
  21. saya suka ke musium juga, jalan jalan sambil dapat ilmu, semoga bisa ke malay dan berkunjung k musium ini, lokasinya deket dari mana mana ya, asyik

    ReplyDelete
  22. Krn lokasinya d atas stasiun jd pasti feelnya beda ya muzium ini, nggak sepi2 banget dan justru sering disinggahi. Sbg penyuka museum kupengin ke sini iiih suatu saat :)

    ReplyDelete
  23. Unik ya, muziumnya ada di lantai atas stasiun MRT. Mungkin untuk menarik minat penumpak MRT untuk mampir dulu. Ini isinya tentang sejarah orang purba yang ada di Malaysia atau gimana?

    ReplyDelete
  24. Muzium Negara Malaysia memang unik ya. Berbeda dengan musium kebanyakan, di sana ada bagian yang menampilkan barang di bawah kaki pengunjung. Penempatan barang yang unik.

    ReplyDelete
  25. wah tempatnya luas ya mbak...
    penataan barangnya juga unik..
    berkunjung kesini pasti jadi pengalaman yg menarik y

    ReplyDelete