Berkunjung Ke Muzium Negara Malaysia

Silih berganti suara instruksi pemberhentian MRT terdengar, sepanjang perjalanan yang cukup random ini. Ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan MRT di Malaysia, rute saya adalah Stasiun MRT Mutiara Damansara menuju Pasar Seni. Sebenarnya, saya hanya ingin cepat sampai kembali ke penginapan dikarenakan sudah lelah berjalan. Apalagi tiba-tiba saya menstruasi dan itu mengubah mood ingin cepat mandi dan berganti pakaian. Sembari mempelajari rute perjalanan, saya cukup antusias melihat perkembangan google maps yang begitu canggih, sangat menyesuaikan rute dan kendaraan yang dipilih.

Saya melihat satu stasiun pemberhentian yang cukup menarik selama perjalanan tersebut. Stasiun "Muzium Negara", begitu yang tertera di google maps. Muzium? ditengah rute ini ada tempat menarik yang bisa dikunjungi? wah, cepat-cepat saya merapikan kembali tas dan memutuskan untuk berhenti di Stasiun Muzium Negara, saya berharap Muzium tersebut tidak jauh dari stasiun dan saya bisa berkunjung kesana.

Berkunjung Ke Muzium Negara Malaysia
Ternyata keputusan saya untuk random berhenti dan berkunjung ke Muzium Negara merupakan keputusan yang tepat. Ternyata muziumnya sendiri berada tepat diatas stasiun, pantas saja stasiunnya dinamakan seperti itu, hahaha.

Alih-alih mengejar waktu, saya malah terkagum dengan suasana Stasiun Muzium Negara, bersih dan minimalis. Dengan menenteng kamera Sony, saya tak lupa memotret apapun yang bisa saya potret sepnnjang perjalanan.
Setibanya di Muzium Negara, saya langsung mencari pusat informasi untuk mengetahui apakah masuk ke muzium ini berbayar atau gratis. oh ternyata ada tiketnya dan berbayar, cukup murah juga kok. Wisatawan dalam negeri 2 RM (dewasa),1 RM anak-anak serta untuk wisatawan mancanegara 5RM (dewasa) dan 2RM (anak-anak)

Menelusuri Muzium Negara Malaysia

Di dalam museum 3  lantai ini terdapat 4 galeri yang bisa dikunjungi, dibagi dalam 4 fase zaman mulai dari zaman pra-sejarah, sejarah, zaman penjajahan serta zaman sekarang. Untuk koleksinya, terdapat barang asli, miniatur, replika yang ditampilkan dalam kotak kaca dan display biasa. Menariknya lagi, beberapa barang ditampilkan dibawah kaki pengunjung, dilapisan dengan kaca tebal. sehingga teman-teman dapat merasakan pengalaman yang unik dalam mempelajari koleksi muzium.

Sejauh ini saya cukup nyaman berkunjung ke muzium ini, akan tetapi pencahayaannya remang-remang, Jadi butuh effort luar biasa untuk set kamera dan mendapatkan foto yang baik hahaha.
Untuk teman-teman yang memiliki minat sejarah, Muzium Negara ini cukup oke untuk dikunjungi. dekat dengan stasiun serta tiket masuknya cukup terjangkau

Hal-hal Menarik dari Muzium Negara Malaysia

Kala berkunjung ke Muzium ini tentu saja ada beberapa hal menarik yang saya temukan di Muzium ini, berikut yang bisa saya informasikan kepada teman-teman:
  1. Terletak diatas stasiun MRT
  2. Lokasinya betul-betul tidak perlu menyebrang jalan apapun apabila teman-teman datang menggunakan MRT, cukup ikuti petunjuk arah menuju keluar stasiun, maka langsung ketemu muziumnya
  3.  Tiket yang cukup terjangkau
  4.  Diorama yang detail dan bercerita
So, begitulah pengalaman saya dalam berkunjung ke Muzium Negara Malaysia yang tidak direncanakan ini.



No comments