Menyimpan Momen Spesial Dengan Cetak Foto Berkualitas Di ID Photobook


“Udahlah lama-lama kuliah, masa foto wisuda ko ga ada dicetak. Sayang kali lhooooo, biar bangga dikit ortu ko kalau ada orang yang nanyak” ujar teman saya saat kami nongkrong. Mengingat foto wisuda, jadi flashback sedikit ke cerita saya yang baru aja wisuda Januari 2020 lalu. Setelah ujian sarjana,berhubung sudah angkatan akhir, saya merasa “Udahlah, yg penting lulus aja. Ga usah ikut wisuda.” Saya merasa ga perlu merayakan apa-apa lagi terkait kelulusan. 

Rupanya banyak orang yang merepet pas saya sampaikan hal tersebut, hahahaha. Karena, menurut mereka hal ini perlu dirayakan dan diapresiasi. Selambat-lambatnya saya kuliah tapi lulus juga dan ga ada yang sia-sia kok. 

Jadilah saya ikutan wisuda resmi dan mengundang beberapa orang terdekat untuk hadir. Selain itu ada Bang Septian Arief yang berkenan untuk membantu memotret foto wisuda saya dengan konsep candid. Nah, dari sejak foto itu sudah selesai di edit saya belum ada kefikiran mencetaknya sampai teman-teman saya merepet seperti di paragraph pertama tulisan ini. 

Akhirnya saya memutuskan untuk mencetak foto dalam dua versi, album dan frame. Untuk yang pertama, saya mencoba mencetaknya ke dalam album karena ya biar kayak keluarga orang lain. Di ruang tamu ada album foto yang dapat dipamerin huahahaha. Nah untuk cetak album foto, saya mencoba menggunakan jasa idphotobook.com 

Apa Itu  ID Photobook


Jadi ID Photobook (idphotobook.com) merupakan e-commerce yang bergerak dibidang cetak photo online. Kalau dulu kita perlu ke studio foto dan membawa filenya untuk dicetak, kini di idphotobook cukup upload filenya aja dan dapat dicetak sesuai tema,selera dan budget. Di idphotobook melayani jasa cetak foto ke dalam bentuk album foto, photowall (foto yang dapat dipajang di dinding) dan kalender. Harganya pun bervariasi. 

Pengalaman mencetak foto di ID Photobook


Jadi, karena saya akan mencetak foto wisuda, maka saya mulai mengecek pilihan produk cetak yang ada di idphotobook.com. Lalu saya memilih Album foto Hardcover Large Portrait 48 Halaman untuk mencetak foto wisuda saya. 

Kemudian saya mulai menyeleksi hasil foto Bang Tian. Bang Tian cukup royal dalam memotret, lebih dari 100 foto dalam waktu sejam yang terik seusai wisuda kemarin hahaha. Tapi saya membatasi hanya 30 foto saja. Lalu sisa slot fotonya mau diisi foto apa? Keidean deh saya untuk memasukkan foto saya sejak awal memulai kuliah. 

Beruntung saya ini orangnya apa-apa serba difoto, jadi mudah untuk saya menemukan foto dari hari pertama kuliah hingga hari terakhir. Selain foto semasa kuliah, saya menyelipkan foto bareng teman-teman di komunitas. Karena selain berkuliah saya juga aktif di komunitas. Lalu foto sahabat saya serta foto bersama teman-teman di kantor yang sangat berkesan (saya sempat bekerja selama 2 tahun lamanya di salah satu media). Ternyata semua foto tersebut cukup memenuhi kuota cetak 100 foto untuk Album foto Hardcover Large Portrait 48 Halaman, hahaha. 

Cara mencetak foto di idphotobook 

Nah, sekarang saatnya saya akan menjelaskan cara mencetak foto di idphotobook.com. disini ada beberapa tahap yang akan dilalui, berikut tahapnya. 

1. Memesan produk 
  • Untuk memesan produk, teman-teman dapat memilih produk yang diinginkan melalui katalog 
  • Pilih produk yang diinginkan 
  • Lanjutkan orderan 
  • Isi alamat serta kurir untuk pengiriman 
  • Transer sesuai nominal pemesanan (akan otomatis diverifikasi) 

2. Kirim foto 
  • Setelah menyelesaikan transaksi, pemesan akan mendapatkan no order 
  • Kode Order berisi 6 huruf/angka, digunakan untuk proses kirim foto dan cek status photobook 
  • Untuk proses upload foto, bisa akses Website Kirim Foto dan masukkan kode order & no Whatsapp 
  • Upload jumlah foto sesuai pesanan 
  • Bila ingin menyusun sesuai urutan, di website tersebut teman-teman bisa mengurutkan foto 
  • Pilih tema album 
  • Kirim 
3. Proses produksi 
  • Tahap verifikasi. Setelah fotonya di upload, fotonya akan di download oleh di pihak idphotobook 
  • Mendesain foto sesuai tema yang dipilih 
  • Print foto dengan mesin cetak berkualitas 
  • Setelah dicetak,foto disusun dan dijild 
  • Packing dan pengiriman 

Btw biar sama-sama enak, proses produksi foto ini juga ada timelinenya lho. Jadi kita bisa memperkirakan foto tersebut akan selesai kapan. Informasi ini akan diupdate secara berkala di sistem idphotobook. 


Review hasil cetak album foto di idphotobook.com 


Setelah lebih kurang seminggu, saya pun menerima album foto tersebut. Asli, sungguh diluar ekspektasi banget! Ini sih terlalu mewah untuk saya, kualitasnya seperti buku tahunan yang harus bayar hampir 500 ribu itu lho. Tahu gitu kan saya ambil tema yang mewah aja sekalian (tema yang saya ambil watercolor,jatuhnya lebih cocok ke album foto tema persahabatan gitu). 




Jadi, kertasnya itu laminasi doff jadi tentu saja tidak akan luntur kalau kecipratan air. Kemudian covernya itu tebal banget. Untuk hasil cetakannya bagaimana mut? Nah ini nih yang perlu kita bahas. Berhubung ada bagian foto “awal kuliah” yang mana fotonya berasal dari tahun 2012 dan cuma download dari fb, saya sempat cemas kalau fotonya takkan jernih. Di layar iya mungkin masih bagus, kan ga tahu ya kalau udah dicetak? Eeeeeh ternyata tetap sama kualitasnya dengan digital. Dibilang jernih ya ga juga tapi ga pecah juga. Tapi untuk foto-foto wisuda emang jernih ya karena dipotret pakai kamera professional. 

Oh ya, tapi saya ada masukan juga untuk idphotobook. Mungkin bisa ditambahkan fitur keterangan pada album foto atau pada setiap foto yang diupload, jadi kita bisa request manatahu foto tersebut mau dikasih tulisan tertentu. 

Harga cetak album foto 

Untuk harga cetak album foto di ID Photobook sendiri bervariasi. Nah, kalau album seperti yang saya punya ini harga cetaknya adalahRp399.000. Tapi kalian kudu rajin pantengin IG idphotobook karena mereka kadang ada promo juga, tentunya lebih hemat kalau pesan dengan harga promo.



Kesimpulan



ID Photobook sangat cocok untuk kamu yang suka sekali mengabadikan foto dalam album, terlebih kalau cetak di idphotobook udah ga perlu lagi nyusun-nyusun karena sudah tercetak langsung di album tersebut. So, buruan cetak foto di idphotobook yuk!



25 comments

  1. Wah masih muda bener ini masih fresh baru wisuda. Biasanya ortu ya yg mau lihat kita wisuda. Duh wisuda aku udah lama banget tahun 99 :-D tapi Alhamdulillah fotonya masih ada.
    Pingin cetak lagi bisa di Id Photobook ya nanti deh, enaknya gak usah ke tempat cetak foto ya bisa dari rumah aja

    ReplyDelete
  2. wehhh elegant nya dapett, apalagi setelah tau harganya berapa... Worth it sist! okedeh kalau ada tema foto banyakan gitu, ceki-ceki ig merekalah mana tau dapat diskonan hihi...

    ReplyDelete
  3. Asyik juga nih. Kini
    kita tidak perlu lagi ke studio foto untuk cetak. Di idphotobook cukup upload filenya dan dapat dicetak sesuai tema, selera dan budget

    ReplyDelete
  4. Ini jatuhnya kayak buku tahunan gitu yaa mba.. inget jaman SMU dulu hehe.. untuk mengenang semua lihatnya buku tahunan :)

    ReplyDelete
  5. ini kece sih kak, karena walaupun ada cara penyimpan digital tetep harus ada cetaknya, jadi sewaktu waktu pengen dilihat bisa langsung dlihatin

    ReplyDelete
  6. Sudah lama aku nggak cetak foto nih kak. Sebenarnya menarik bvanget bisa mengabadikan foto kita dengan cetah photo ya.
    Buat ajang cerita ke anak cucu nanti ehehehe.

    ReplyDelete
  7. idphotobook ini benerana recommended ya, Mut? Pernah mau nyetak foto tapi trus baca komen2 netizen...aku jadi ragu. Makanya nanya ke yang kenal dan udah make aja nih. Apalagi promo-promonya sering wow banget.

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kelulusannya ya, semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat buat masa depan dan tentunya sukses selalu.

    Udah lama denger idphotobook, tapi belum pernah pakai jasanya. Kayaknya seru juga ya, koleksi foto kita dibikin album. Kalo foto di hape kan privasi, gak semua orang bisa lihat, tapi kalo udah bentuk album foto, maka siapapun bisa lihat.

    IdPhotobook ini sering banget ngadain promo, saya liat di Facebook dan IG.

    ReplyDelete
  9. manis kali ya kalau foto nikahanku dicetak di id photobook
    jadi lebih awet bermakna dan memorable
    coba aku ajuin ah ke WO ku

    ReplyDelete
  10. Wah asik nih. Jadi bisa punya album foto eksklusif ya? Iya kalau buku tahunan kan mahal. Ini masih lebih murah. Ada promo juga ya kalau pas waktunya. Aku mupeng inih

    ReplyDelete
  11. Wah rekomendasi menarik nih, sudah lama saya ingin memiliki album foto keluarga kecil yang masih tersimpan di file laptop. Kawatir terhapus baiknya dicetak saja kan ya :)

    ReplyDelete
  12. Iya ya, sejak semua terdigitalisasi, foto foto nggak ada yang tercetak. Wah boleh nih aku kepoin idphotobook. Mau juga deh cetak foto biar punya album foto di rumah.

    ReplyDelete
  13. Sering liat iklan ini di Instagram, ternyata emang beneran bagus ya mbak. apalagi harganya terjangkau pula. 100 foto bisa dicetak dalam 48 halaman. mana hardcover pula.

    ReplyDelete
  14. Ini kayaknya cocok buat saya. Biasanya selesai jalan-jalan, upload beberapa foto ke media sosial. Nah sebetulnya masih banyak foto lainnya. Selama ini sih ditaruh di folder gitu, dan kebanyakan sudah hilang entah kemana filenya. Nah kalau ada solusi untuk cetak begini jadi bagus banget, terutama untuk momen penting.

    ReplyDelete
  15. Aku terharu ada foto disana hihi, seru ih walaupun anak jaman now jarang banget pake album. Tapi yang dicetak gini lain berkesannya bisa jadi kado juga

    ReplyDelete
  16. Sudah lama sekali rasanya tidak mencetak photo terus disusun di album photo. Bisa kali ya ini nanti hasil photonya dibuat seperti scrapbook biar kelihatan lebih cakep. Terus segala memory biar kelihatan lebih hidup :)

    ReplyDelete
  17. Lewat idphotobook nggak hanya bantu biar memori ponsel kita nggak penuh ya karena file foto bisa langsung cetak, tapi juga kitanya sendiri bisa bikin style kece sehingga makin keren hasil fotonya

    ReplyDelete
  18. Id Photobook emang bagus sih mba. Aku juga punya 2 album. Twrus mau cetakagi 2 atau 1 album pas banget dapat hadiah voucher dari giveaway temenku

    ReplyDelete
  19. Album fotonya jadi lebih spesial gitu ya kak, jadi tertarik aku kak cetak album pakai idphotobook

    ReplyDelete
  20. Wah keren bangettttt hasil cetakan foto di idphotobook ini, recomended sekali ya mbak.

    ReplyDelete
  21. kapanlah terakhir kali print foto, jadi pengen print rapi gini juga deh mut

    ReplyDelete
  22. wah, aku belum jadi aja nih mau cetak foto di photobook, padahal sering ada diskon juga. Masalahnya foto-foto kusimpan di lepi lama dan masih malas mindahin karena lepinya agak eror gitu, hehehe. Emang bagus ya, setelah baca review ini makin yakin mau cetak di photobook aja

    ReplyDelete
  23. Wah menarik banget nih.saya sudah lama gak cetak album foto, masih ada foto nikahan juga yang belum tercetak. Jadi tertarik dengan layanan cetak album online ini. Cara pesannya juga praktis banget ya

    ReplyDelete
  24. Udah lama banget aq nggak nyetak foto mbak, sejak motret pakai kamera hape kayaknya

    ReplyDelete
  25. Wah aku juga pernah cetak fto di sini dlu pas wisuda. Emang mantap, pacjgingnya bagus, gambarnya juga oke. Udah bbrapa tahun tapu ftonya juga ttap bagus.

    ReplyDelete