Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Untuk kamu yang memiliki bruntusan di wajah pasti merasa kepercayaan diri menurun untuk pergi keluar. Bruntusan sendiri merupakan salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, biasanya disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, bahan kimia berlebihan, atau ketika sedang melakukan pengobatan tertentu.

Untuk menghilangkan bruntus ini bisa diatasi dengan selalu mencuci wajah dengan sabun wajah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Mencuci wajah ini supaya kotoran, debu, dan sisa makeup hilang. Ternyata menghilangkan bruntusan bisa juga dengan cara alami, ini cocok untuk kamu yang ingin perawatan dengan bahan alami. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

1. Lemon

 

Buah dengan rasa asam ini bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Sejak dulu buah lemon ini digunakan untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu kulit dan membuat bekas jerawat menjadi samar bahkan hilang. Caranya mudah, pertama peras lemon di wadah yang bersih, lalu pakai kapas dan basahi kapas dengan perasan lemon, tempelkan ke wajah yang terkena jerawat dan bruntusan, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.

2.Madu

Madu yang rasanya manis ini sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit, seperti misalnya kulit kusam dan berjerawat. Madu memiliki manfaat juga untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Caranya, kamu cuci muka terlebih dahulu, lalu oleskan madu secara merata. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun muka. Lakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan madu ini secara rutin setiap mandi sampai hasilnya terlihat.

3. Timun

Buah mentimun memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk menyejukkan tubuh serta mempercantik kulit. Kandungannya yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Buah mentimun dapat memperbarui sel-sel kulit, membuat kulit bercahaya, dan mengurangi pembengkakan. Sehingga cocok untuk menghilangkan jerawat dan bruntusan pada wajah kamu. Caranya yaitu, kamu boleh pilih antara mengkonsumsi mentimun dalam bentuk minuman atau mengaplikasikannya ke wajah dalam bentuk masker.

4.Kunyit

Kunyit memiliki kandungan zat kukurmin yang merupakan senyawa untuk anti inflamasi dan antioksidan tinggi. Fungsi kunyit secara umum dapat membantu mengatasi radikal bebas yang membahayakan kulit wajah. Kunyit meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis dan bersinar. Oleh karena itu orang zaman dahulu sudah menggunakan kunyit untuk perawatan kulit wajah. Kandungan kunyit, antiseptik alaminya dapat membantu mengeringkan bruntusan dengan cepat. Sehingga kulit halus kembali bebas dari bruntusan dan jerawat.

5.Tomat


Selain disebut sebagai buah yang dapat mengatasi mata minus, buah tomat ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat pun terbilang mudah. Caranya kamu hanya perlu menghaluskan tomat bisa menggunakan blender, lalu tomat yang sudah halus tersebut digunakan sebagai masker wajah. Cara lainnya kamu cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat pada muka secara merata lalu diamkan 10-15 menit dan bilas muka dengan air bersih.


1 comment

  1. Ini cara alaminya yaaa mba. Kemarin itu aku sempet bruntusan di kening, gara2 salah pake produk. Trus aku olesin masker green tea organic tapi aku campur Ama madu mba. Aku lakuin tiap hari sampe 7 hari, dan memang hilang bruntusan nya. Mungkin Krn paduan green tea dan madu tadi :).

    Kalo bahan2 lainnya aku blm prnh coba. Eh lemon pernah sih. Cuma agak kapok Krn periiiiih hahhahaha. Jadi ga kepengin lagi pake lemon :D

    ReplyDelete