Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Untuk kamu yang memiliki bruntusan di wajah pasti merasa kepercayaan diri menurun untuk pergi keluar. Bruntusan sendiri merupakan salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, biasanya disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, bahan kimia berlebihan, atau ketika sedang melakukan pengobatan tertentu.

Untuk menghilangkan bruntus ini bisa diatasi dengan selalu mencuci wajah dengan sabun wajah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Mencuci wajah ini supaya kotoran, debu, dan sisa makeup hilang. Ternyata menghilangkan bruntusan bisa juga dengan cara alami, ini cocok untuk kamu yang ingin perawatan dengan bahan alami. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

1. Lemon

 

Buah dengan rasa asam ini bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Sejak dulu buah lemon ini digunakan untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu kulit dan membuat bekas jerawat menjadi samar bahkan hilang. Caranya mudah, pertama peras lemon di wadah yang bersih, lalu pakai kapas dan basahi kapas dengan perasan lemon, tempelkan ke wajah yang terkena jerawat dan bruntusan, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.

2.Madu

Madu yang rasanya manis ini sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit, seperti misalnya kulit kusam dan berjerawat. Madu memiliki manfaat juga untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Caranya, kamu cuci muka terlebih dahulu, lalu oleskan madu secara merata. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun muka. Lakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan madu ini secara rutin setiap mandi sampai hasilnya terlihat.

3. Timun

Buah mentimun memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk menyejukkan tubuh serta mempercantik kulit. Kandungannya yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Buah mentimun dapat memperbarui sel-sel kulit, membuat kulit bercahaya, dan mengurangi pembengkakan. Sehingga cocok untuk menghilangkan jerawat dan bruntusan pada wajah kamu. Caranya yaitu, kamu boleh pilih antara mengkonsumsi mentimun dalam bentuk minuman atau mengaplikasikannya ke wajah dalam bentuk masker.

4.Kunyit

Kunyit memiliki kandungan zat kukurmin yang merupakan senyawa untuk anti inflamasi dan antioksidan tinggi. Fungsi kunyit secara umum dapat membantu mengatasi radikal bebas yang membahayakan kulit wajah. Kunyit meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis dan bersinar. Oleh karena itu orang zaman dahulu sudah menggunakan kunyit untuk perawatan kulit wajah. Kandungan kunyit, antiseptik alaminya dapat membantu mengeringkan bruntusan dengan cepat. Sehingga kulit halus kembali bebas dari bruntusan dan jerawat.

5.Tomat


Selain disebut sebagai buah yang dapat mengatasi mata minus, buah tomat ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat pun terbilang mudah. Caranya kamu hanya perlu menghaluskan tomat bisa menggunakan blender, lalu tomat yang sudah halus tersebut digunakan sebagai masker wajah. Cara lainnya kamu cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat pada muka secara merata lalu diamkan 10-15 menit dan bilas muka dengan air bersih.


10 komentar

  1. Ini cara alaminya yaaa mba. Kemarin itu aku sempet bruntusan di kening, gara2 salah pake produk. Trus aku olesin masker green tea organic tapi aku campur Ama madu mba. Aku lakuin tiap hari sampe 7 hari, dan memang hilang bruntusan nya. Mungkin Krn paduan green tea dan madu tadi :).

    Kalo bahan2 lainnya aku blm prnh coba. Eh lemon pernah sih. Cuma agak kapok Krn periiiiih hahhahaha. Jadi ga kepengin lagi pake lemon :D

    BalasHapus
  2. sering bruntusan di area dahi, biasanya sih aku diemin aja karena gak begitu menggangu btw mba bisa juga gak yah untuk di gunakan pada anak kecil karena ini kan bahan alami yah

    BalasHapus
  3. Belum pernah ngerasain bruntusan sih, tapi referensi ini bisa kusimpan buat nanti kalau aku atau teman-temanku ada yang kena bruntusan. Ternyata banyak juga ya bahan alami yang bisa digunain untuk ngatasin bruntusan.

    Kalau pake madu itu berarti mesti bener-bener madu alami ya kak? Aku ngebayangin kalau pake madu yang ternyata banyak gulanya bukannya bruntusan ilang tapi malah digigit semut terus merah-merah gara-gara semet, hehe

    BalasHapus
  4. Madu sama timun saya pernah coba untuk perawatan kulit wajah, tetapi kalau Lemon belum. Itu kalau ditempelin perasan lemon, jerawat atau bruntusannya ilang dan gak sakit, kan? Takut perih, hikss..

    BalasHapus
  5. Saya biasanya kalau kena dingin atau debu, langsung merah-merah. Sensitif sekali kulitnya memang. Tapi biasanya nggak lama hilang dan nggak berbekas juga.

    Btw yang menggunakan madu, itu bukan madu yang biasa dikonsumsi 'kan? Ada madu khusus?

    BalasHapus
  6. Kalau bruntusan belum pernah ngalamin sih, but ini referensi ok nih buat next time kalau saya atau keluarga ada yang kena bruntusan.

    Saya sih ada riwayat alergi, tapi reaksinya lebih ke hachi hachi sih. Nggak sampe bruntusan.


    Lemon, madu, timun, kunyit...Lemamunyit...lemamunyit...lemamunyit (ngapalin).

    BalasHapus
  7. wah aku pernah nih kak maskeran pakai maduu pas lagi jerawatan gede-gede. muka jadi lembap dan halus. kalo efek ke jerawatnya sih memang butuh waktu dan harus sabar juga yaa. :)

    maskeran timun juga pernah, timunnya dijus dulu sampe lembut baru dipakein ke muka. kalo kunyit kayanya pernah juga tapi muka dan tangan jadi kuning semua hahaha.

    BalasHapus
  8. Di antara 4 bahan yang disebutkan di atas, yang sudah saya rasakan manfaatnya secara langsung adalah kunyit. Dulu banyak jerawat di wajahku dan semua hilang setelah saya pakaikan kunyit

    BalasHapus
  9. Awal tahun ini saya dapat hadiah masalah beruntusan di bagian pipi gara-gara nggak cocok dengan salah satu produk. Karena pusing dan bingung juga dengan masalah kulit yang satu ini akhirnya aku pakai produk exfoliasi, eh ternyata bisa juga ya mbak menggunakan bahan-bahan alami ini. Saya pribadi pernah maskeran sama kunyit untuk mengatasi masalah wajah kusam, saat beruntusan ini malah belum nyoba

    BalasHapus
  10. Beruntusan emang lumayan bikin stres. Apalagi kalau di jidat. So far aku diemin aja sama double cleansing. Tapi ini ada cara alami yang boleh dicoba.

    BalasHapus