3 Pilihan Resep Menu Sahur Harian


Memasak untuk menu sahur memang menjadi momen yang istimewa saat Ramadhan tiba. Ada banyak pilihan menu yang bisa Anda coba. Meski demikian, terkadang memang terjadi kebingungan apa yang harus dimasak dan bagaimana cara memasaknya. Tenang saja, karena berikut ini adalah 3 resep menu sahur sederhana yang bisa Anda praktikkan.


1. Resep Cah Jamur Tiram

Menu pertama yang bisa Anda coba adalah cah jamur tiram. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah 250 gram jamur tiram, 2 daun bawang yang sudah dipotong-potong, 6 siung bawang putih geprek, 10 buah cabai rawit yang dipotong serong, 1 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh kecap asin, bawang goreng untuk taburan, dan bumbu penyedap secukupnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merendam jamur tiram menggunakan air panas antara 2 sampai 3 menit. Jika sudah, peras airnya dan suwir jamur sesuai selera. Siapkan teflon dan panaskan. Tambahkan sedikit minyak dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan sedikit air dan tunggu hingga mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan jamur dan cabai rawit. Masukkan juga bumbu penyedap seperti gula, garam, kaldu bubuk dan yang lainnya. Lakukan koreksi rasa dan masak hingga matang. Sajikan dengan tambahan potongan daun bawang dan bawang goreng.


2. Resep Tumis Buncis Ati Ampela

Untuk membuat menu Tumis Buncis Ati Ampela ini, ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan. Beberapa bahan tersebut adalah 150 gram buncis yang disiang dan dipotong, 50 gram jagung muda yang sudah dipotong, 2 pasang ati dan ampela yang sudah direbus, seperempat bawang bombay dan 2 siung bawang putih yang sudah dicincang, 5 cabai merah keriting yang diiris serong, 10 cabai rawit hijau, setengah butir tomat, satu sendok makan saus tiram, setengah sendok teh merica bubuk, 100 ml air, bumbu penyedap dan 2 sendok makan minyak goreng.

Langkah pertama adalah panaskan minyak lalu tumis bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga berbau harum lalu masukkan cabai. Masukkan ati dan ampela dan aduk hingga sedikit kering. Jika sudah, masukkan sayuran seperti tomat, buncis dan jagung muda. Tumis hingga sayuran menjadi layu dan berikan air. Tambahkan saus tiram dan bumbu penyedap sesuai rasa. Anda bisa menyajikannya selagi hangat.


3. Resep Oseng Tahu Tempe

Hanya punya tahu dan tempe? Tenang saja, kedua bahan ini bisa diolah menjadi menu sahur sederhana. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yakni 1 papan tempe dan 5 buah tahu yang dipotong dadu, 3 buah hati ampela ayam yang sudah digoreng, 5 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih yang sudah diiris tipis, 3 buah cabai hijau dan 8 buah cabai rawit yang sudah diiris, 1 sendok makan saus tiram, tiga sendok makan minyak goreng, dan bumbu penyedap secukupnya.

Pertama, Anda harus menggoreng tempe, tahu dan ati ampela. Jika sudah, potong kecil sesuai selera. Selanjutnya, tumis bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai hijau hingga wangi. Lalu masukkan ati ampela, bumbu penyedap dan aduk rata. Masukkan tempe tahu bersamaan dengan saus tiram. Aduk hingga merata dan matang.

3 resep sahur sederhana diatas bisa Anda coba selagi masih bulan Ramadhan. Proses memasaknya tidaklah lama, tetapi hasilnya sangat istimewa. Tertarik untuk mencoba membuatnya?

8 komentar

  1. Oseng tahu tempe jadi andalan saya juga. Selain itu yang cepet2 aja biasanya kayak sop, ayam goreng atau dikasi variasi bikin saus mentega. Wkwk. Masaknya selalu dadakan sih, jadi pengen yang simpel tapi enak ya kalau untuk sahur itu..

    BalasHapus
  2. Tumis buncis itu menu favoritku banget mbak. Sekali makan bisa berapa porsi gitu. Soalnya buncis tinggi serat, jadi bantu melancarkan bab juga. Oseng tahu tempe juga, menu yang serba praktis.

    BalasHapus
  3. Resep-resepnya murmer tapi nggak kalah sedap. Pas nih karena suamiku juga doyan ati dan tempe

    BalasHapus
  4. Andalanku oseng tahu tempe buat masak sehari-hari juga wkwkwk soalnya simpel dan cepet selesai. Apalagi bocah 2 orang gini kan ga bisa lama-lama di dapur.

    BalasHapus
  5. Masakan oseng, tumis dan cah emang paling simpel yak. Tapi soal rasa gak kalah lezat sama masakan lain yang bumbunya seabreg-abreg. Aku juga paling seneng masak yang praktis begini, tinggal potong-potong bahan masakan dan sayuran, siapin bumbu, sreng deh..gak pake lama.. :)

    BalasHapus
  6. Kalo di rumah sih anak-anak lebih suka oseng tempe masak sendiri. Dan Tahu dioseng bareng kacang panjang, gitu. Memang bahannya dan proses masak gampang ya kalo tumis itu

    BalasHapus
  7. Selalu salut dengan emak-emak yang rajin masak sahur. Aku masak cuma sehari sekali dan itu hanya pas sebelum berbuka. Biasanya pas sahur ya menunya yang dimakan pas berbuka, hehe. Tapi menu-menu di atas juga jadi andalan sih, soalnya aku malas lama-lama di dapur. Jadi selalu cari menu yang bisa dimasak cepet, hehe.

    BalasHapus
  8. Mumut pinter masak, ih. Kalau aku sahur mengandalkan stok freezer ditambah lalap aja. simple karena pas sahur mata suka masih merem jalan kedapur kemudian nyetekin kompor. LOL. Maapin lahir batin yaaa muttttt

    BalasHapus