Sebelum Renovasi Kamar Mandi, Perhatikan 4 Tips Ini Dulu, Yuk!


Banyak sekali orang berniat untuk melakukan renovasi kamar mandi. Bagaimana tidak, tempat yang satu ini jadi salah satu tempat yang penting saat di rumah, entah itu sebagai tempat membersihkan badan atau sebagai tempat relaksasi diri. Nyatanya, kamu bisa melakukan renovasi tanpa perlu mengeluarkan budget yang banyak supaya terlihat mewah dan anggun.

Penasaran bagaimana caranya? Simak tips-tips di bawah ini terlebih dahulu, yuk!

1. Perhatikan ukurannya terlebih dahulu

Sebaiknya, kamu harus memperhatikan ukurannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu makin maksimal dalam merenovasinya. Sebab, apabila kita tidak mengukurnya, kita tidak akan tahu furnitur apa yang sedang dibutuhkan. Bisa-bisa kamu membeli terlalu banyak furnitur yang justru membuat kamar mandi terlihat tampak sempit.

Hitung panjang dan lebarnya serta pikirkan barang-barang apa saja yang sekiranya mau dimasukkan.

2. Buat sketsa atau denah

Selanjutnya, kamu harus membuat denah atau sketsa dari kamar mandi sebelum melakukan renovasi. Dengan begitu, kamu bisa tahu kira-kira shower cocoknya ditempatkan di mana, tempat alat-alat mandi di mana, wastafel di mana, dan lain-lain.

3. Sebisa mungkin beli furnitur yang hanya dibutuhkan saja

Untuk menghemat pengeluaranmu juga, sebisa mungkin beli furniture yang hanya dibutuhkan saja. Ingat, pastikan kamu beli barang yang berkualitas dan terlihat mewah. Beberapa furnitur yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu adalah shower, wastafel, ataupun bathtub jika dibutuhkan. Selain itu, mungkin kamu butuh pintu kaca sebagai tempat untuk shower.

Jika ingin membeli furnitur yang berkualitas, kamu bisa kunjungi Kohler Indonesia di situs atau marketplace. Kohler menyajikan beragam produk shower, keran wastafel, cermin kamar mandi, dan aksesoris mandinya secara lengkap.

4. Tambah ventilasi


Jika ingin kamar mandi terlihat tidak terlalu pengap dan banyak cahaya masuk, kamu bisa tambahkan ventilasi. Penempatan ventilasi yang bagus akan membantu kamar mandi tidak mudah berjamur serta cermin tidak mudah berembun.

Itu dia 4 tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi kamar mandi. Sebagai gambaran, biaya renovasi kamar mandi yang lumayan hemat bisa habis sampai dengan Rp10 juta. Kendati demikian, kamu juga bisa lebih irit dengan mengeluarkan budget kisaran Rp7-8 jutaan. Tentu saja, dengan membeli beberapa furniture yang disediakan oleh Kohler. Lewat Kohler, kamu bisa mengubah kamar mandimu terlihat mewah. Jadi, jangan ragu beli produk shower, wastafel, dan lain-lain dari Kohler, ya!

1 komentar

  1. nah betul! ventilasi sering kali dilupakan padahal hal itu juga bagian yang penting

    BalasHapus