5 Aneka Resep Makanan Pembuka Ala Indonesia

Menentukan menu untuk makanan pembuka terkadang menyulitkan bagi sebagian orang. Namun sebenarnya ada cukup banyak resep yang mudah untuk diikuti. Sehingga tidak perlu bingung saat harus menyiapkan berbagai jenis makanan pembuka terutama di pagi hari. Untuk yang cinta masakan ala Indonesia, berikut ini beberapa resep makanan pembuka tradisional yang bisa dinikmati dan dicoba untuk dilaksanakan.

Asinan Sayur

Makanan khas betawi ini cocok sekali menjadi makanan pembuka di siang hari yang terik. Bahan-bahannya juga sederhana dan mudah didapatkan. Cukup sediakan irisan wortel, irisan mentimun, tauge dan kol secukupnya, nanas dan tahu potong kotak-kotak. Sementara untuk sausnya siapkan cabe, garam, gula, cuka, air dan gula merah secukupnya.

Untuk menyiapkan masakan ini mulai dengan menyiapkan saus. Blender semua bahan saus, kemudian rebus hingga mendidih. Sesudahnya letakkan seluruh bahan sayuran di atas piring saji. Kemudian siramkan saus yang sudah dimasak di atasnya. Untuk tambahan bisa juga menaburkan kacang tanah secukupnya dan kerupuk sesuai selera. Asinan sayur siap disantap.

Bakso Kuah

Jenis makanan lain yang tidak kalah populer yaitu bakso. Baik anak-anak hingga orang dewasa tentu saja menyukai jenis makanan yang satu ini. Membuatnya juga tidak sulit, bisa memanfaatkan bumbu bakso dan bakso yang sudah setengah matang di pasaran. Apabila ingin menghindangkan makanan yang satu ini, maka cukup siapkan lebih dulu kuah bakso. Caranya yaitu mendidihkan air lalu masukkan bumbu bakso dan rebus hingga mendidih. Tambahkan daun bawang serta bawang putih geprek untuk menambah aroma. Kemudian masukkan bakso ke dalam kuah hingga mengembang. Sesudahnya matikan kompor, lalu sajikan di dalam mangkuk. Nikmati saat masih panas bersama keluarga.

Pecel

Pecinta sayuran tentu tidak ingin melewatkan resep yang satu ini. Sayur pecel merupakan salah satu alternatif makanan pembuka yang memiliki banyak peminat, terutama di Pulau Jawa. Menyiapkan makanan ini juga tidak sulit, cukup siapkan bahan-bahan sayuran seperti kangkung, taoge, daun turi, dan kubis. Untuk bumbunya bisa menggunakan bumbu pecel instan yang tersedia di pasaran.

Menyiapkan sayur pecel juga singkat dan mudah. Cukup kukus sayuran hingga setengah matang. Lalu cairkan bumbu pecel instan menggunakan air panas. Letakkan sayuran yang sudah matang di piring saji, tambahkan siraman bumbu di atasnya. Supaya lebih lengkap jangan lupa menambahkan peyek teri atau peyek kacang.

Bubur Ayam

Banyak juga yang tentunya menyukai makanan pembuka yang satu ini. Termasuk juga anak-anak. Caranya juga mudah, cukup siapkan nasi secukupnya, air, garam, lada, daung bawang, dan dada ayam suwir yang sudah dimasak sebelumnya.

Untuk menyiapkan makanan pembuka tersebut, cukup rebus nasi dan air, tambahkan garam dan lada secukupnya. Aduk terus hingga mengental dan hancur menjadi bubur. Setelah nasi masak menjadi bubur maka tuangkan di atas mangkok kecil. Taburkan ayam suwir, lalu tambahkan daung bawang. Jika suka bisa juga menambahkan kacang tanah yang sudah digoreng atau telur rebus. Percantik dengan kerupuk dan taburkan daun bawang sebagai penutup. Bubur ayam siap untuk disajikan selagi hangat.

Itulah aneka resep makanan pembuka ala Indonesia yang tidak hanya lezat, tapi juga mudah untuk menyiapkannya. Maka dari itu jangan ragu untuk mencoba setiap resep yang telah ditulis di atas. Variasi makanan menjadi lebih banyak dan tentu saja keluarga menjadi lebih senang.

7 komentar

  1. hemm saat pandemi gini emang asyiknya melepas rasa bosan dengan masak dan makan langsung bersama keluarga pasti menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Bubur ayam sudah paling nikmat. Gampang juga bikinnya. Tapi kalau bubur dijadikan sarapan, kadang beberapa jam sudah lapar lagi sih. Kalau dijadikan makanan pembuka jarang sih. Biasanya menu-menu diatas jadi makanan yang dimakan sendiri saja. Nggak dilanjut dengan makanan lainnya.

    BalasHapus
  3. Wah ternyata makanan pembuka ga hanya sup-supan tapi ada bubur juga ya, yummy banget. BTW kalau asinan betawi ama asinan bogor beda apa sama? Belum coba dua-duanya niih. Di Jatim jarang yang jualan asinan.

    BalasHapus
  4. So Indonesia yaa. Pecel, bubur ayam, bakso, asinan, duh, enak-enak banget. Tapi kayaknya menu-menu itu bisa dijadikan makanan utama juga, sih. Kayak bubur ayam atau pecel biasa dibuat sarapan. Bakso, kalo lengkap sama mie, bihun dan sayur-sayuran auto kenyang sih. Hehe..

    BalasHapus
  5. Bubur ayam mungkin bagiku bisalah sebagai makanan pembuka. Meski kadang setelah makan bubur, aku yo nggak akan sanggup makan makanan lainnya. Hehehe...

    Tapi kalau yang namanya pecel. Aku mah sukanya jadi makanan utama gitu. Pake nasi. Terus saos kacangnya agak banyakan. Duh rasanya pasti maknyus banget. Hehehehe....

    BalasHapus
  6. Ditempatku bubur ayam yang sering disediakan diawal-awal, karena memang tidak terlalu padat dan bisa dimakan dengan mudah. Istilahnya biar saat makan makanan selanjutnya gak seret-seret amat karena udah dilalui bubur yang dimakan sebelumnya hehehe

    BalasHapus
  7. Jadi ngidam makan pecel. Di Palembang dulu, pecel itu kayak gado2. Tapi waktu ke jakarta, ternyata ada namanya pecel lele. Pindah ke palembang lagi, pecel lele sudah menjamur. Suka bengat dengan sajian ini.

    BalasHapus