Kenali 5 Kunci Sukses Berbisnis Generasi Muda

 


Berita bisnis hari ini, setiap pengusaha pasti memiliki suatu keinginan untuk sukses dalam menjalankan bisnisnya sendiri. Namun, untuk mencapai hal tersebut, tidak mungkin dapat terjadi dalam semalam. Ini membutuhkan suatu usaha dan semangat yang luar biasa, sehingga ketika Anda menghadapi suatu tantangan atau kegagalan, Anda tidak akan menyerah begitu saja pada bisnis yang Anda jalankan. 

Maya Miranda Ambarsari, President PT Batamec Shipyard, menyampaikan lima kunci sukses bisnis yang dipegangnya saat menjalankan bisnis yang menjadikannya salah satu wanita pengusaha sukses di Indonesia.

Communication skill

Keterampilan berkomunikasi atau communication skill. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk diimplementasikan agar kita bisa berkomunikasi dengan berbagai kalangan untuk mengembangkan bisnis yang kita jalankan. 

“Kalau kita tidak tahu cara berkomunikasi, bagaimana kita bisa memberikan produk atau layanan yang baik? Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka barang atau produk yang kita sediakan atau kita tawarkan akan menjadi barang dengan nilai jual yang tinggi,” ujarnya sebagai salah satu pembicara pada podcast Simac TV dengan tema “Peran Santri dan Pemuda Milenial dalam Ekonomi Kerakyatan”

Networking

Dalam menjalankan bisnis, memiliki jaringan merupakan hal yang harus dibangun dan dipelihara agar dapat memberikan peluang bagi kita. “Selain memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seorang wirausaha juga harus mampu menjalin jaringan kontak yang luas sehingga dapat memperoleh banyak peluang. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas seperti HIPMI atau SIMAC,” jelasnya. 

Menurutnya, saat membangun jaringan, Anda tidak perlu merasa jauh lebih pintar dari orang lain. Faktanya, semakin banyak jaringan semakin baik, semakin banyak pembelajaran, informasi, dan saran

Teamwork

Ketika kita mulai berbisnis, Maya mengatakan bahwa kita tidak mampu untuk bekerja sendiri. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu kerja sama atau team work yang solid. "Memiliki superteam yang hebat akan membuat kita menjadi lebih baik," ujarnya.

Do the Best


Wirausahawan harus selalu melakukan pekerjaannya dengan baik dan menunjukan performa yang baik agar dapat terlihat baik di mata sesama rekan kerja. Selain itu, yang terpenting adalah jangan pernah berhenti belajar. “Bisnis itu bukan ajang coba-coba. Menjalankan bisnis itu perlu fokus dan harus benar-benar maksimal. Baik itu nilainya seribu, sepuluh juta, atau seratus miliar, fokusnya harus sama. Hal itulah yang dinamakan do the best. Ingatlah untuk selalu fokus dan lakukan hal terbaik, semampu Anda” terangnya.

Percaya pada Tuhan

Setelah semua hal terbaik dilakukan, tidak peduli seberapa keras Anda melakukannya, berikan segalanya kepada Tuhan. Maya sangat yakin bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

"Ketika kita berusaha sebaik mungkin dan gagal, saya tidak pernah mengatakan itu kegagalan, tapi itu adalah pengalaman. Kegagalan adalah kekuatan pendorong kita. Tuhan akan memberi kita yang terbaik dan menyerahkan segalanya kepada-Nya," kata Maya.

Pada kesempatan yang sama, Gus Syauqi Ma'ruf Amin, Ketua Direksi Simac, mengatakan dalam menjalankan bisnis apapun harus dibarengi dengan rasa syukur.

"Semuanya adalah proses, karena orang yang gagal juga belajar untuk menjadi lebih kuat dan lebih kuat, karena tidak ada kesuksesan dalam semalam, semuanya butuh proses," katanya.

Selain itu, putra Wakil Presiden Marouf Amin itu mengatakan, dalam bisnis yang dicarinya bukan hanya soal uang, tapi nilai berkah bisnis yang dijalankan. Hal ini dapat membuat seseorang akan lebih mendekatkan diri nya dengan sang pencipta.



1 komentar

  1. Bener banget, perihal bisnis ini ga semata-mata tentang sukses, tetapi prosesnya yang sulit. Tapi, memiliki bisnis sendiri adalah mimpi semua orang.

    BalasHapus