Pasang Behel Di Dokter Gigi Pekanbaru

Tidak terasa sudah 2 bulan menggunakan Behel. Satu langkah besar dalam hidupku karena sebenarnya aku menghindari pasang behel. Kalau bukan karena kecelakaan tersebut, mungkin aku takkan pasang behel hingga hari ini.

Setelah banyak mencari opsi untuk gigi ompong ini, dipilihlah behel. Kebetulan dokter gigi di Pekanbaru langgananku, dr Ira Mairani baru saja buka klinik gigi sendiri yaitu IM Dental Care. Sebelum pasang behel, aku minta gigiku di scalling terlebih dahulu, pasalnya sudah 3 tahun tidak scalling woi. Pastinya karang gigi sudah menebal apalagi di bagian dalam gigi.

Memang enak ya habis bersihkan karang gigi itu, mulut terasa ringan, kosong dan segar. Jadi, anjuran untuk periksa gigi setiap 6 bulan sekali itu memang banyak manfaatnya. Jangan sampai datang ke dokter gigi pas kondisi gigi sudah parah ya.

Pengalaman Pasang behel di IM Dental Care Pekanbaru

Akhirnya hari yang ditunggu tiba juga, aku memutuskan untuk pasang behel di pagi hari. Karena aku merasa sebagai pasien pertama, peralatan pertama dipakai hari itu, tenaga dokter serta perawatnya masih segar kwkwkw. Durasi pemasangan behel adalah 2 jam, cukup pegal ya nganga selama itu. Berikut tahap pemasangan behel.

  1. Gigi dibersihkan dari sisa-sisa makanan, kemudian disikat lebih detail menggunakan sikat gigi khusus
  2. Cetak gigi, cetak gigi ini berfungsi sebagai acuan dokter dalam melihat progress perubahan gigi. Proses ini agak sedikit kurang nyaman karena bahan cetakannya agak pahit
  3. Setelah cetakan kering dan diambil dari mulut pasien, mulailah pengerjaan pemasangan behel
  4. Gigi diberi cairan yang sedikit asam, kemudian dikeringkan dan gigi dipasang behelnya satu persatu
  5. Pemasangan kawat hingga keseluruh gigi
  6. Pemasangan karet behel sesuai warna yang diinginkan. Untuk pertama aku pilih warna navy.

Ini langkah singkat saja ya, tentu untuk langkah yang detail dokter yang tahu gimana caranya kan hehehe. 

Review setelah pemasangan behel

Jujur saja, mau ga mau hal yang selalu aku hindari akhirnya aku rasakan juga. Setelah pasang behel,dilarang makan yang bertekstur padat. Bubur dan sup adalah pilihan terbaik. Selama seminggu aku makan bubur ayam, bubur bayi. Untuk pemenuhan gizi lainnya aku minum jus dan blender kasar dada ayam rebus hahaha.

Pas sudah seminggu aku coba gas makan sushi dan berakhir dengan copotnya 1 bracket pengunci atas dan disusul pengunci bracket bawah. Sungguh penuh usaha untuk menjaga makan agar tidak gragas ya. Selain itu aku jadinya lebih sering memperhatikan kebersihan gigi, apalagi kadang-kadang ada makanan yang nyelip diantara kawat. Untuk itu, pasien behel juga memiliki sikat gigi tersendiri serta sepaket peralatan lainnya yang membantu untu membersihkan gigi. 2 peralatan yang sering aku bawa yaitu sikat gigi dan sikat interdental. 

Behel bisa membuat orang lebih menikmati makan dan tidak buru-buru. Kalau mau belajar mindfull saat makan, pasang behel adalah hal yang tepat kwkwkw. Selain itu aku juga jadi turun berat badan, karena ga ada ngemil-ngemil. Aalagi cemilan kesukaanku seperti gorengan, kripik atau yang kenyal seperti seblak untuk sementara aku kurangi. Karena makanan-makanan seperti itu bikin repot sendiri nantinya.

Harga pasang behel

Nah pasti ini bagian yang ditunggu oleh teman-teman, yaitu harga pemasangan behel. Berikut aku jabarkan, tiap dokter pasti berbeda-beda harganya dan ini harga perawatan gigi dan pemasangan behel di IM Dental Care Pekanbaru

  • Scalling Rp200.000-350.000, aku scalling Rp330.000
  • Pemasangan Behel bahan metal Rp3.000.000
  • Kontrol berkala Rp180.000
  • Pasang bracket yang hilang Rp25.000/pcs

Perawatan gigi sebenarnya murah kalau kita juga rajin merawat gigi secara berkala, namun jadi “agak mahal” kalau ada kejadian seperti ini. Jadi bagi yang ingin pasang behel ataupun gigi palsu, siapkan dananya ya. Kemudian siapkan juga dana untuk periksa gigi minimal 6 bulan sekali.

Kesimpulan

Pasang behel ini prosesnya tidak sebentar, jadi memang dibutuhkan kesabaran dan komitmen supaya gigi rapi dan tidak berantakkan setelah lepas behel. Semoga teman-teman yang ingin memperbaiki gigi dimudahkan rezekinya, aamiin. Doakan aku juga sabar ya gaes hahahaha.


17 komentar

  1. Pemasangan behel menjadi tren yang banyak diminati sekarang, selai untuk merapikan gigi, juga berfungsi menunjang penampilan. Pengin aslinya biar pas senyum keliatan lebih manis dan beda gitu, ya, tapi memang perlu pertimbangan banget untuk ini. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Baru tahu aku tahapan pasang behel ternyata seperti ini. Asyik dong yang di Pekanbaru ada rekomendasi tempat pasang behel yang bagus, ya

    BalasHapus
  3. Lumayan juga ternyata perawatan gigi dan pemasangan behel ini ya sampai 2 jam. Tapi semoga hasilnya memuaskan.

    BalasHapus
  4. Lumayan lama ya kak. Tapi lumayan juga harganya gak terlalu mahal. Ada beberapa dokter gigi yang pasang tarif di atas 10 juta sih kak. Aku auto mundur hehehe. Etapi memang aku sih gak kepengen pake behel pengennya pasang gigi palsu buat 2 gigi aja itupun sudah maju mundur belum jadi jadi. Hahaha

    BalasHapus
  5. Wah lumayan murah ya ini biayanya mba, sayangnya jauh sekali di Pekanbaru, ada cabangnya kah di Jakarta mba, pengen kontrol gigi juga scalling sama mau rapiin gigi

    BalasHapus
  6. Harganya terjangkau ya, dulu saya pasang behel tahun 2007, udah 5 juta, entah sekarang berapa, huhuhu...

    BalasHapus
  7. Walau jadinya puasa dulu makan gorengan, yang penting Semoga lancar selalu ya kak, dan gak seriawan. Kata temenku yang pernah pakai behel dia sempet seriawan.

    BalasHapus
  8. aku juga harusnya pasang behel nih mba tapi masih agak trauma sih.. soalnya terakhir itu lumayan mahal sampe kena 13.5 juta itupun bukan di spesialis ortho lho

    BalasHapus
  9. Temanku ada yang pasang behel, Kak. Aku merasa kasihan kalau pas lagi ngumpul bareng.
    Namanya juga sesi ngumpul bareng, pasti ada acara makan-makannya. Nah, dia ini kadang suka nggak bisa ikutan makan. Soalnya susah sama behel nya. Dia ogah ribet harus ngurusin sesuatu kayak pengait yang ilang atau apalah katanya.
    Dan beneran. BBnya jadi turun lho. Padahal dia udah kurus. Hehehe

    BalasHapus
  10. Jadi auto diet ya mba, pasang behel tuh, hihihi
    Temenku akhirnya lepas behel setelah 3 tahunan dan rasanya tuh legaaaa
    Semoga mba ga lama-lama pasang behelnya

    BalasHapus
  11. Baru tahu nih ternyata konsekuensi pasang behel itu kita harus pilih2 makanan, jadi auto diet.

    BalasHapus
  12. Wah, iya
    Pasang behel itu harus sabar ya mbak
    Apalagi perawatannya
    Juga harus ekstra
    Tapi semua demi kesehatan dan kerapian gigi ya mbak

    BalasHapus
  13. Wah langsung kepikiran keinginan pasang behel sejak dulu. Ingin bgt rapikan gigi tapi blm juga ada dananya yg longgar. Doakan juga mbak, semoga saya juga bisa.

    BalasHapus
  14. Pasang behel demi gigi rapi, bonusnya turun berat badan ya... hahaha. Dulu aku pengen banget pasang behel juga karena gigiku kan berantakan banget. Sayang giginya rapuh jadi agak berbahaya kata dokter kalau pasang behel. Jadi ya sudahlah, terima nasib.

    BalasHapus
  15. Aku kemarin juga konsul buat pasang behel, Mut..
    Dan harganya bikin meng-kaget. Karena dokter giginya tetangga sendiri, jadi dapet diskonnya banyak banget, alhamdulillah..
    Setekah itu merasakan hidup di dunia yang harus disiplin dengan segala kebersihan gigi agar setelah dibehel, gigi rapi dan tetap bagus, bukan malah bermasalah lainnya lagi, huhu..
    Bagian disiplin ini yan g rada berat.

    BalasHapus
  16. Aku pun punya keinginan pengen pasang behel nih kak, cuma emang biayanya cukup waw juga yah

    BalasHapus
  17. Lama juga ya proses pasang behelnya, sampai 2 jam gitu. Nah, baru tahu juga nih ternyata harga pasang behel lumayan menguras tabungan juga ya hehe tapi yah sebandinglah dengan kualitas yang nantinya didapat setelah pasang behel

    BalasHapus