Post Top Ad

#NGOBROLINPEKANBARU EPS. 6 : ini dia 5 Oleh-Oleh Unik Dari Pekanbaru


Selamat datang kembali di hari Jum’at,di harinya #ngobrolinpekanbaru . Saya ga menyangka #ngobrolinpekanbaru sudah satu bulan terlewati. Teman-teman yang belum membaca episode-episode sebelumnya bisa langsung membaca dulu lho disini,biar nyambung dengan tulisan setiap episodenya.



Kali ini ini kami bakal membahas oleh-oleh Dari Pekanbaru. Sebenarnya cerita mengenai oleh-oleh Dari Pekanbaru ini sudah saya tulis di tulisan Liga Blogger, akan tetapi tidak ada salahnya di #ngobrolinpekanbaru kembali saya tulis dengan oleh-oleh yang berbeda. Pasalnya masih banyak produk-produk yang dijadikan oleh-oleh dari Pekanbaru. Saya aja baru sadar ,setelah beberapa hari mikir apa lagi yang bisa dijadiin oleh-oleh? Ternyata masih banyak, hahahah.


Yuk gass hunting oleh-oleh di #ngobrolinpekanbaru ,tapi sebelumnya lihat jugaKak Lia bawa oleh-oleh apa dari Pekanbaru

Ini tulisan kak lia mengenai oleh-oleh pekanbaru


Sebagai perantau dari Jawa,orang disana mah tahunya orang Riau itu orang kaya-raya (aamiin). Sehingga kalau mudik ga bawa oleh-oleh terasa aneh saja. Untungnya sih setelah lama bermukim disini,saya dan keluarga sudah tahu mau bawa oleh-oleh apa yang kira-kira bermanfaat bagi orang banyak. Selain yang sudah saya tulis disini,inilah dia beberapa oleh-oleh yang mantap dibawa dari Pekanbaru.


1. Ikan salai


Ikan salai adalah ikan yang dikeringkan dengan cara pengasapan. Ikan yang dipergunakan sih banyak macamnya,semakin langka ikannya ya semakin mahal. Tapi,rata-rata yang paling gampang diperoleh sih ikan salai dari ikan patin. Karena ikan patin gede-gede,dagingnya banyak serta harganya murah. Soalnya dua bulan lalu saya menemani mama ke pasar untuk membeli berkilo-kilo ikan salai untuk dibawa mudik.


Murah disini sih ga murah banget,tapi cukuplah untuk dijadikan oleh-oleh,silahkan tanya ke pedagang di pasar mengenai ikan apa saja yang tersedia. Tapi inilah beberapa pilihan ikan slaai yang bisa kalian beli.


Ikan patin 20k/kg

Ikan sepat 35k/kg

Ikan selais 250k/kg


Dari bentuk,ikan salai ini ga menarik. Hitam,kering,keras pula. Ya namanya ikan awetan,nah gimana sih cara mengolahnya? Cara mengolah ikan salai yang saya tahu dan pernah masak adalah di gulai. Ikan Salai gulai pucuk ubi sangatlah saya rekomendasikan,saya bisa nambah-nambah makan dengan menu ini. Campur kedua bahan ini mejadi sepanci gulai,kalau rasa asap ikan sudah larut,pucuk ubi sudah lunak dan ikan sudah empuk,uhhh….. makan berkawan sambal belacan sangatlah isitimewa . hahah


2. Rendang Sapi RM Pak Nurdin
Ampera buanyak bertebaran di muka bumi ini,tapi tetap saja akan ada 1 ampera yang menjadi “ampera yang dirindukan” saya baru tahu dari Riezka,Riezka ini temen saya yang merantau ke Jogja. Dia bilang kalau Rendangnya RM Pak Nurdin itu,sangat dirindukan. Pasalnya pas saya hendak beli bukaan puasa,dia mengecam saya nih. Harus bisa beli nasi ramas RM Pak Nurdin dengan lauk Rendangnya yang termahsyur enaknya. Ndilalah,emang penuh perjuangan saya berdesak-desakkan untuk membeli nasi ramas Di RM Pak Nurdin.
Jadi,gimana cara menjadikan rendang RM Pak Nurdin sebagai oleh-oleh? Ya beli saja rendanngya tok,tanpa nasi dan sayur. Kalau jarak dekat bolehlah pakai sayur. Kalau jarak jauh,cukup rendangnya saja.



3. Pisang goreng kipas Kuantan
Jangan sepele dengan sebuah pisang goreng,ini pisang bukan sembarang pisang goreng. Mesti pre-order atau datang ke konternya cepat-cepat. Selalu soldout di waktu yang tidak pernah bisa diterka. Saya belum pernah menjadikan ini oleh-oleh,tapi pernah nyicip saja teman yang beli. Pisanngya enak,minyaknya sedikit



4. Ikan Asam Pedas Pondok Patin HM Yunus

Kembali lagi ke ikan,kali ini dalam olahan asam padeh dari pondok patin HM Yunus. Asam padeh ini ,ikannya langsung dicemplungin ke kuah asam padehnya,jadi buat kalian suka banget rasa unik,silahkan coba cicipin ini. Karena rasa ikannya terasa dan duet dengan asam padeh yang bikin kejut-kejut di lidah. Ikan asma padeh ini bisa dijadikan oleh-oleh ,caranya pihak pondok patin HM Yunus sudah menyediakan berbagai paket oleh-oleh asmap adeh yang dikemas sedemikian rupa sehingga tahan selama 8 jam perjalanan. Saya sih ga pernah menjadikan ini oleh-oleh karena jarak kampung saya yang pakai transit,jadi saya makan ini di tempat saja.



5. CD musisi lokal
Untuk point nomor 5 ini tak pernah terfikir oleh saya,ini hasil obrolan saya semalam saat meetup dengan Bang Ebi. Menurut dia yang sering ikut acara pertukaran pemuda,konferensi antar negara,ia tak lupa membawa cd karya musisi local untuk beberapa orang penting yang ia temui saat ia menghadiri acara penting tersebut. Bang Ebi menyisihkan sedikit uang untuk membeli cd tersebut dan memberikan ke teman-teman barunya.

Sumpah saya sendiri ga terfikir dengan hal ini,tapi bang ebi dengan bangga inisiatif sendiri memamerkan karya warga lokal ke teman-teman di luar Riau sana. Untuk hal ini,ia membeli cd Riau Ryhtm Chmabers Indonesia,grup music melayu yang lagu-lagunya menyatat hati,pilu dan merasuk dalam jiwa. Grup musik ini bukan main sadisnya,saat tulisan ini di tayangkan,mereka sedang tampil di Australia. Gile ndro…
Nah, begitulah beberap oleh-oleh yang keren dibawa dari Pekanbaru,pilihannya banyak banget. Kami jamin teman-teman takkan kehabisan ide untuk membaw aoleh-oleh apa dari Pekanbaru. Kalau kalian ke Pekanbaru jangan sungkan untuk hubungi kami ya !




6 comments:

  1. jadi pengen makan ikan asam pedasnyaa :G ngileer.
    Banyak bngt lg kn kk sbnarny oleh oleh khas Riau :D

    ReplyDelete
  2. Tertarik banget nyobain Ikan Asam Pedas Pondok Patin HM Yunus nya... Nanti kalo main ke Pekanbaru kudu mampir kesini :)

    Salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Wah banyak juga oleh2nya ya :)
    aku penasaran dengan Pisang goreng kipas Kuantan :)
    Btw,salam kenal ya mba, izin follow blognya. jgn lupa follback :)

    ReplyDelete
  4. plis.alamat RM rendang pak nurdin dong mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. JL Harapan Raya
      dan Panam JL HR Soebrantas dekat baterai R mbak.. deket pasar pagi

      Delete

Post Top Ad

My Instagram